Quantcast

[belajar-excel] Masukan tenang pembukuan

[belajar-excel] Masukan tenang pembukuan

bagusejogja
Salam para master excel,

saya mohon bantuan untuk masukan, pencerahan dan sejenisnya untuk file yang saya lampirkan. Saya lampirkan sebagian data saja karena data di sheet-sheet tersebut bisa mencapai ribuan dan ukuran file sampai 2.000 KB.

Saya coba memberikan garis besar workbook yang saya lampirkan sbb. :
1. Sheet code yang berisi kata kunci untuk mendistribusikan data yang diisikan di sheet input ke  masing-masing sheet
2. sheet saldo awal berisi saldo awal dan akhir berjalan
3. sheet inpt berisi sheet utama yang berisi database untuk didistribusikan ke shet-shetnya berdasar sheet code
4. sheet umum sampai sheet lain-lain merupakan sheet yang hanya menerima data dari sheet input.

Saya sekali lagi mohon masukan kepada master2 agar program simpel saya ini loading cepat walaupun database ribuan (sheet input +- 3.000 baris), saya menerima masukkan berupa VBA, makro maupun menggunakan fungsi-fungsi, yang intinya walaupun database sampai ribuan tanpa loading lama karena calculating :)

terimakasih atas perhatiannya semoga ada banyak pencerahan

wassalam

Master Pembukuan.xlsx (214K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Masukan tenang pembukuan

hendrik karnadi
dhen.baguse,
Banyak hal tidak sebagus yang kitainginkan, namun pepeatah mengatakan "Tidak ada akar batangpun jadi" (terbalik ga ya...)

Program terlampir sejatinya untuk laporan keuangan namun saya coba modifikasi (walaupun tidak pas dengan keinginan anda) sehingga sheet (GL) bisa mewakili semua Account, sedangkan saldo awal dan akhirnya bisa fleksibel (pakai Pivot).

Silakan dipelajari.

Salam,
Hendrik Karnadi

Cat: Jurnal termsauk Saldo Awal

[...]