Quantcast

[belajar-excel] Memberi Keterangan suatu cell jika di click

[belajar-excel] Memberi Keterangan suatu cell jika di click

Herry Sutjipto
Dear All,

Saya nih memang pelupa sangat, saya pernah membuatnya tapi kok sekarang lupa.
Barang kali ada yang tahu cara membuat: "jika suatu cell di click" akan muncul suatu keterangan seperti contoh terlampir.
Tolong ya ....

Regards
Herry Sutjipto

Contoh.png (8K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Memberi Keterangan suatu cell jika di click

raya hidayat
Dear mas herry

itu memakai comment.

cukup pilih cell yang diinginkan lalu klik kanan dan pilih insert comment.
lalu tulislah sesuka hati mas.

jangan lupa ada pilihan untuk comment selalu tampil atau bila dipilih oleh
mouse baru terlihat

Raya

Re: [belajar-excel] Memberi Keterangan suatu cell jika di click

Herry Sutjipto
Dear mas Raya Hidayat,

Sepertinya bukan, kalau pakai Comment contohnya seperti terlampir

Regards
Herry Sutjipto

> [...]

>Barang kali ada yang tahu cara membuat: "jika suatu cell di click" akan muncul suatu keterangan seperti contoh terlampir.

Raya

Contoh - comment.png (11K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Memberi Keterangan suatu cell jika di click

siti Vi
dear pak herry..

atau...
kita  bisa juga memanfaatkan  DATA > VALIDATION
di situ kan ada  tab Input Message yg bisa kita isi PESAN jika cell di
pilih/select

[image: data validation input message.GIF]

mungkin sekarang sudah inga' lagi...

data validation input message.GIF (20K) Download Attachment
~siti

Re: [belajar-excel] Memberi Keterangan suatu cell jika di click

Herry Sutjipto
Dear mBak STDEV(i),

Usia memang tidak pernah bohong ....... padahal baru 61 th pikunnya dah nggak ketulungan.
Saya pernah mengirim Sheet untuk "Memberi warna sheet name" dan dibuka oleh <[hidden email]> dan mendapat pertanyaan pribadi soal itu (katanya dia malu kalau bertanya secara terbuka di millis ini) ....... wah buka rahasia deh ...... (maaf ya mas Agung).
Saya mau jawab tapi nggak ngerti cara buatnya (karena lupa).
Mudah - mudahan ybs ikut baca ini.
Terima kasih bu guru (Guru dalam hbahasa Inggris arti Indonesianya apa ya????).

Regards
Herry Sutjipto

> [...]

>Regards
>Herry Sutjipto

Re: [belajar-excel] Memberi Keterangan suatu cell jika di click

Administrator
"guru" itu kalau diterjemahkan dengan* bahasa yg terbaik* artinya = "mbak"
(wis..di uawurr ae lah..!); maka siti paling senang kalau dipanggil "mbak"
dengan panggil mbak; maka si pemanggil itu sudah seperti teman sekampung
sebab di sana, semua orang :
dari bayi sampai kakek nenek-nya,
dari hansip sampai pak lurahnya
dari santri sampai para premannya
smuuuua  panggil "mbak siti" gitu loch....  qi qi qi....
opps maaf oot...

> [...]

> Herry Sutjipto
>
>   *From:* STDEV(i) <[hidden email]>
>
>  [image: data validation input message.GIF]

~siti

RE: [belajar-excel] Memberi Keterangan suatu cell jika di click

agung_widodo
Pak Herry,
Indikasi pembantu seperti yang diajarkan oleh mBak Siti memang penting bagi orang yang suka "lalen" seperti kita yang sudah tua ini.

Sedikit tips bagi para rekan exceller tentang Comment,
Adakalanya kita sering perlu mengingat suatu hal terkait bila kita klik suatu sel.
Pembantu untuk mengingatnya adalah Comment

Nah seringnya saat Input comment dengan ceklik kanan tikus lalu ketik.
Ini nggak praktis lantaran tangan pindah dari mouse pindah ke keyboard pindah lagi ke mouse.
Jadinya Comment nggak ditulis kalau tidak penting banget.

Nah cara cepatnya,

Saat tangan di Keyboard
Tekan Shift+F2
Langsung ketik isi komentar
Escape 2x

Semoga tips ini bermanfaat.
(Saya lebih sangat suka bila para rekan be exceller suka berbagi tips semacam ini di milis ini)

Salam
Agung Widodo

2011/4/29 Herry Sutjipto <[hidden email]<mailto:[hidden email]>>
Dear mBak STDEV(i),

Usia memang tidak pernah bohong ....... padahal baru 61 th pikunnya dah nggak ketulungan.
Saya pernah mengirim Sheet untuk "Memberi warna sheet name" dan dibuka oleh <[hidden email]<mailto:[hidden email]>> dan mendapat pertanyaan pribadi soal itu (katanya dia malu kalau bertanya secara terbuka di millis ini) ....... wah buka rahasia deh ...... (maaf ya mas Agung).

From: STDEV(i) <[hidden email]<mailto:[hidden email]>>

[?ui=2&ik=cd14fc1bda&view=att&th=12fa01abf5929a1a&attid=0.1.1&disp=emb&zw]

Re: [belajar-excel] Memberi Keterangan suatu cell jika di click

Hilman
wah..wah.. keliatannya pak Agung ini sangat concern dengan faktor ergonomis. Betul2 Japan Minded...he..he..