Quantcast

[belajar-excel] Membuat Kontrol Stock

odhyz83_assasaky
Dear Para Master,
Mohon masukan kira-kira bagaimana bentuk Kontrol Stock gudang menggunakan exel dengan kriteria sebagai berikut ;
1.       Penerimaan Barang (terdiri dari  item code, Nama material dan  Jumlah) misal material : 10 jenis (material kadang-kadang berubah)
2.       Pengambilan Barang
a.       Pengambilan Salesman masing salesman, salesman: 16 org ( pengambilan Pagi dan Pengambilan Siang (senin,selasa,rabu,kamis jumat))
b.      Pengambilan Marketing
3.       Pengembalian (sisa penjualan) tiap harinya. dan
4.       Total/ Saldo barang tiap harinya.
Sehingga bisa memudahkan mengontrol stock gudang perhari, perbulan atopun pertahun.
Atas masukan para master saya ucapkan banyak terima kasih.
Salam,
Odhy

Re: [belajar-excel] Membuat Kontrol Stock

Pak Odhy,

Coba disiapkan hal berikut :
1. tabel referensi nama seluruh material, seluruh salesman

2. menyusun tabel data stok (header saja dulu), yang kira-kira akan ada
kolom :
marketing jika terima dari return, gudang jika diambil sales atau marketing
baris tersebut

3. buat sheet input penerimaan barang dan sheet input pengambilan barang.
Dua sheet ini juga memungkinkan untuk digabung. Biasanya, dengan
memisahkannya (input terima sendiri dan input ambil sendiri) akan
memudahkan pengembangannya dikemudian hari. Bentuk akhir dari semua input,
sebaiknya tersusun seperti tabel data (nomor 2), sehingga VBA untuk copy
inputan (hasil entry user) ke sheet data akan lebih sederhana.
*Bukan berarti hal ini maka bentuk form input seperti susunan sheet data
loh ya*
Seindah apapun bentuk form inputan, sebaiknya didapatkan baris-baris hasil
inputan yang sederhana seperti susunan sheet data.

4. buat summary saldo menggunakan pivot table pada sebuah sheet
5. buat summary penerimaan barang menggunakan pivot nomor 4 di sheet lainnya
6. buat summary apa saja berdasar pivot nomor 4
7. buat sheet-sheet output yang dibutuhkan dan *bisa jadi *akan lebih mudah
memanfaatkan pivot yang sudah ada.

2012/11/23 rodhy hakim <[hidden email]>

> [...]
> Salam,
> Odhy

Re: [belajar-excel] Membuat Kontrol Stock

Dear exeller,

Saya sudah membuat tabel-tabel yang dibutuhkan untuk membuat kontrol stock, tinggal formula-formula / macro yang dipakai untuk kontrol stock ini.
mohon pencerahan para master, karena saya selalu kesulitan dalam mengontrol stock saya.
atas bantuan dan pencerahannya saya ucapkan banyak terima kasih.

contoh file terlampir
salam odhy

________________________________
> [...]

>Sehingga bisa memudahkan mengontrol stock gudang perhari, perbulan atopun pertahun.
>Atas masukan para master saya ucapkan banyak terima kasih.

Kontrol Stock.xlsx (42K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Membuat Kontrol Stock

Silakan yang input lainnya dibuat seperti input penerimaan.
Sesuaikan bagian :
1. susunan kolom seperti di sheet stock pada setiap sheet input.
2. formula dalam sheet input. Pengeluaran diberi nilai negatif.
3. rujukan range yang di copy paste values dalam VBA
4. rujukan range yang di clear

2012/11/27 rodhy hakim <[hidden email]>

> [...]
> mengontrol stock saya.
> atas bantuan dan pencerahannya saya ucapkan banyak terima kasih.

re-Kontrol Stock.xlsm (45K) Download Attachment