Quantcast

[belajar-excel] Membuat Nomor Urut Otomatis_Tanpa Jeda Spasi ( Excel 2003 )

[belajar-excel] Membuat Nomor Urut Otomatis_Tanpa Jeda Spasi ( Excel 2003 )

Eko Budhi
Met sore pakar2 excel yang budiman,
Mohon bantuan pakar2 sekalian, gimana caranya utk membuat nomer urut secara otomatis? Mohon maaf kalau dulu sdh pernah ditanyakan ya,dulu saya sempat dapet tapi penomoran tsb ada jeda spasinya n yg saya inginkan adalah tanpa jeda spasi seperti dalam attachment ( detailnya sy lampirkan )..Matursembahnuwun atas bantuan rekan2 semuanya

Salam,
eko

Membuat Nomor Urut Otomatis_Tanpa Jeda Spasi ( Excel 2003 ).xls (26K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Membuat Nomor Urut Otomatis_Tanpa Jeda Spasi ( Excel 2003 )

siti Vi
Administrator
gak ada penjelasan / aturannya ya ??

menuruf pendapatku sheet yg pak eko lampirakan itu
belum dapat disebut DETAIL nya
CMIIW...

 *No*

*Kode*

*7*

*24*

* *

* *

1

1.2.B.E

1.2.B.E

1.2.B.E

2

1.2.C.A

1.2.C.A

1.2.C.A

1.2.C.A

1.2.C.A

1.2.C.A

3

1.2.C.E

1.2.C.E

4

1.3.F.A

5

1.3.I.B

6

2.7.F

2.7.F

2.7.F

2.7.F

2.7.F

2.7.F

2.7.F

7

4.2.D

4.2.D

4.2.D

4.2.D

~siti

Re: [belajar-excel] Membuat Nomor Urut Otomatis_Tanpa Jeda Spasi ( Excel 2003 )

Eko Budhi
Tak ado bu guru siti, saya hanya ingin membuat nomer urut saja dari atas ke bawah sesuai kode tsb secara urut kebawah n tdk perlu membuat nomer urut manual ( rawan kalau nomernya jadi terulang ), n code deskripsi itu saya buat hanya utk mempermudah sortir saja nantinya, karena deskripsinya cukup panjang ( tapi saya lampirkan lagi dengan deskripsi simpel saja ya bu ). terimakasih banyak sebelumnya.

Salam,
eko

Dari: STDEV(i) <[hidden email]>
Judul: Re: [belajar-excel] Membuat Nomor Urut Otomatis_Tanpa Jeda Spasi ( Excel 2003 )
Kepada: [hidden email]
Tanggal: Jumat, 3 Juni, 2011, 5:03 AM

[...]

Membuat Nomor Urut Otomatis_Tanpa Jeda Spasi ( Excel 2003 ).xls (28K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Membuat Nomor Urut Otomatis_Tanpa Jeda Spasi ( Excel 2003 )

Mungkin dengan formula : (mulai di A7)
=IF(C7=C6,"",MAX(A$6:A6)+1)

Regard,
Kid.

re-Membuat Nomor Urut Otomatis_Tanpa Jeda Spasi ( Excel 2003 ).xls (30K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Membuat Nomor Urut Otomatis_Tanpa Jeda Spasi ( Excel 2003 )

Eko Budhi
Maaf bu siti saya revisi aturannya :), sekalian saya minta tolong utk pembuatan nomer urut dgn 2 kriteria yang saya comment dijudul kolom ya..1. Kalau Ada kode yang double, nomer urut tetap berjalan sesuai urutan.
2. Kalau Ada kode yang double, nomer urut akan memberikan warning / pesan bahwa kode tsb sdh pernah terpakai sebelumnya ( dan tidak akan bisa keinput sebelum kodenya direvisi berbeda ).terimakasih banyak atas sharing ilmunya ya, semoga mendapat pahala yang banyak :)..Nggarep ON
Salam,
eko

Judul: Re: [belajar-excel] Membuat Nomor Urut Otomatis_Tanpa Jeda Spasi ( Excel 2003 )
Kepada: [hidden email]
Cc: "Devi Setiyowati" <[hidden email]>
Tanggal: Jumat, 3 Juni, 2011, 5:18 AM

Membuat Nomor Urut Otomatis_Tanpa Jeda Spasi ( Excel 2003 ).xls (31K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Membuat Nomor Urut Otomatis_Tanpa Jeda Spasi ( Excel 2003 )

siti Vi
ooo begitu...
misalnya benar begitu ;  tetap saja namanya *ada aturannya*
yaitu

(1)
pak eko memasukkan data di kolom kedua; Kolom 1 menjadi OUTPUTnya seperti
(2)
setiap kolom 2 (dlm perjalanannya ke bawah) berganti data
nomor di Kolom 1  membesar 1 angka

dari tadi saya fikir kolom 1 itu inputnya, lalu kolom 2 Outputnya
apalagi dibilang " tidak adaaturannya"

masalah boleh rumit boleh gampang, tapi penjelasan harus memadai.

~siti

Re: [belajar-excel] Membuat Nomor Urut Otomatis_Tanpa Jeda Spasi ( Excel 2003 )

Eko Budhi
Wah sip banget mr.kid sdh ok utk yang kriteria 1nya, terimakasih banyak ya, n pertanyaan lanjutnya kalau utk kriteria 2 nya supaya bisa memberikan warning code tsb sdh ada sebelumnya gimana ya? jadi nomer tidak akan mau diisi kalau ada data double di codenya ( sesuai revisi email saya ke bu guru siti sebelumnya ). Terimakasih mr.kid

Salam,

Dari: Mr. Kid <[hidden email]>
Judul: Re: [belajar-excel] Membuat Nomor Urut Otomatis_Tanpa Jeda Spasi ( Excel 2003 )
Kepada: [hidden email]
Tanggal: Jumat, 3 Juni, 2011, 5:31 AM

[...]

Untuk bagian :
supaya bisa memberikan warning code tsb sdh ada sebelumnya gimana ya?

Excel menyediakan fitur Data Validation. Macam-macam metode data validation
yang disediakan, dan untuk hal seperti ini, jenis Allow Custom dan
pemasangan formula cek dapat dimanfaatkan.

Formula ceknya (mulai dari baris 7) :
=(C6=C7)+(C6<>C7)*(COUNTIF(C$6:C6,C7)=0)

File terlampir adalah contohnya.

Regard,
Kid.

P.S. Mohon pengiriman email ke milis tidak disertai cc ke account pribadi
siapa saja ya. Jika akan kirim via japri dan milis, lakukan dengan 2 kali
pengiriman. Kalau via japri kan sudah umum kalau ada cc-nya. Kalau to milis,
kayanya kurang sreg dirasa. Maaf kalo beda rasanya.

re-Membuat Nomor Urut Otomatis_Tanpa Jeda Spasi ( Excel 2003 ).xls (45K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Membuat Nomor Urut Otomatis_Tanpa Jeda Spasi ( Excel 2003 )

siti Vi
Administrator
QUOTE
UNQUOTE

Lebih tegasnya..
CROSS POSTING :
** di banyak milis dianggap pelanggaran cukup berat (me"ngecilkan" milis)
** di banyak naskah NETIKET juga termasuk hal yg disarankan untuk dihindari
    dan dianggap tidak NETIS
** di milis belajar-excel:  sudah jelas diatur dlm "Peraturan Milis", termasuak
pada
     Bab: = "*Sangat Tidak Diharapkan*", lihat Pasal (3)
     Cross-posting (mengirim 1 mail sekaligus kepada lebih dari satu milis
/address tujuan).

~siti

Re: [belajar-excel] Membuat Nomor Urut Otomatis_Tanpa Jeda Spasi ( Excel 2003 )

Eko Budhi
Waduh kena semprit nih ...mohon maaf sebesar2nya ya bu guru siti n mr kid, saking semangatnya mereply email n sy copy juga pengirimnya, sampe lupa rule milisnya,insyallah next tdk akan terjadi lagi..terimakasih sebanyak2nya atas sharing ilmunya ya insyallah sangat bermanfaat utk saya.
Salam,
eko

Dari: STDEV(i) <[hidden email]>
Judul: Re: [belajar-excel] Membuat Nomor Urut Otomatis_Tanpa Jeda Spasi ( Excel 2003 )
Kepada: [hidden email]
Tanggal: Sabtu, 4 Juni, 2011, 4:30 AM

      QUOTE>> Kalau via japri kan sudah umum kalau ada cc-nya. >> Kalau to milis, kayanya kurang sreg dirasa. Maaf kalo beda rasanya.

[...]

Untuk bagian :supaya bisa memberikan warning code tsb sdh ada sebelumnya gimana ya?