[belajar-excel] Membuat referensi nota dari transaksi barang [1 Attachment]

[belajar-excel] Membuat referensi nota dari transaksi barang [1 Attachment]

Milis Belajar Excel mailing list
Assalamualaikum master excel sekalian..mohon bantuannya
Bagaimana caranya agar referensi nota bisa terisi sendiri berdasarkan
transaksi yg terjadi tiap bulannya.untuk lebih jelasnya file terlampir.
Atas bantuan para master sekalian saya sampaikan beribu-ribu terimakasih

referensi nota.xlsx (18K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Membuat referensi nota dari transaksi barang

Milis Belajar Excel mailing list
wa'alaikumussalam wr wb

Hai Farud,

Dengan sumber data yang disusun seperti isi file Anda, maka akan susah
diolah. Artinya, bisa diolah, tetapi sulit dipelajari hingga paham. Jadi
susunan tabel data Anda tidak cocok untuk pengolahan data lebih lanjut.
Kalaupun nanti ada yang urun solusi (pakai VBA sekalipun), Anda akan
kesulitan ketika membutuhkan pengembangan lebih lanjut.

Coba ubah tabel data Anda menjadi seperti di bawah ini, maka akan ada
banyak fitur Excel terasuk formula yang lebih sederhana dan mudah
dipelajari hingga dipahami, dan akan sederhana sekali jika diotomasi dengan
VBA.

Perhatikan !!!
- Kolom [Nilai] bisa dengan formula.
- Kolom [Kode] bisa diberi data validation dan kolom [grup] dengan formula
vLookUp
- Andai Anda mengembangkannya lagi hingga mampu menyusun data referensi
untuk data validation list 2 tingkat, maka kolom [uraian] bisa diberi data
validation tergantung isian kolom [Kode]
- Kolom [Harga_Satuan] bisa dengan formula vLookUp jika Anda punya tabel
khusus daftar harga terbaru di sheet lain dari masing-masing item.
- Kolom [periode] bertipe datetime, jadi entry dengan format pengetikan
YYYY-MM-DD
     > Jika tanggal transaksi tidak diperlukan, maka pastika [periode]
selalu diisi dengan tanggal 1 di bulan transaksi
     > Bulan Dec tahun sebelumnya (contoh 01-Dec-2016) [area record
berwarna kuning] adalah daftar item [uraian] yang akan dipakai di tahun
2017 (lihat, QTY diisi 0)
     > Data transaksi yang dimasukkan cukup yang terjadi saja. Contoh area
yang biru adalah transaksi yang terjadi di Feb-2017, hanya ada 4 record
transaksi
- Andai Anda memiliki tabel data transaksi harian sepanjang masa, maka
kolom [periode] diganti menjadi kolom [tanggal_transaksi], lalu di paling
kanan dibuat kolom baru bernama [periode] yang berisi formula =A2-day(A2)+1

Jadi, menngolah data itu mudah ASAL mau belajar cara menyusun tabel data
yang baik.
Kalau menyusun tabel data secara ASAL, maka JANGAN ASAL petugas pengolah
data yang dipekerjakan.

Wassalamu'alaikum wr wb

tabel_data.gif (90K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Membuat referensi nota dari transaksi barang

Milis Belajar Excel mailing list
Terimakasih aras pencerahannya mr.kid insya Allah akn sya pelajari..skali
lg terimakasih

Pada tanggal 6 Jul 2017 4.30 PM, "'Mr. Kid' [hidden email]