Quantcast

[belajar-excel] Membuat tombol Pencarian di Kolom cell excel

12

[belajar-excel] Membuat tombol Pencarian di Kolom cell excel

Angga Pratomo
Dear Para master

Mohon bantuan dan pencerahannya untuk membuat tombol searching data pada kolom data yang jumlahnya ribuan, jadi tanpa perlu navigasi dari keyboard atau mouse pointer.
Misalkan ada ratusan data dengan huruf alphabet A-Z
jika saya mengetikkan huruf L, seketika saya langsung tertuju pada kolom data L

Thanks untuk jawabannya....

Re: [belajar-excel] Membuat tombol Pencarian di Kolom cell excel

siti Vi
Administrator
setidaknya berikan contoh struktur datanya seperti apa; berupa sheet
dlm workbook; kirimkan sebagai lampiran/attachment.

kalau* tanpa contoh; * Be-Excellers yg mau bantu rada 'ogah' karena ......
( sudah sering dibahas...)

ditunggu ya...

tks,

~siti

Re: [belajar-excel] Membuat tombol Pencarian di Kolom cell excel

Angga Pratomo
================================
  mod note:
  katakan sesuatu

New Microsoft Excel Worksheet.xlsx (29K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Membuat tombol Pencarian di Kolom cell excel

Angga Pratomo
disitu khan ada data nama2....jadi yang saya inginkan, tanpa saya menggunakan scrol mouse untuk mendapatkan nama secara langsung misal langsung saya ketikkan huruf M, langsung mensortir nama2 yg berhuruf awalan M...
Begitu master,,,,thanks 4 attention

________________________________
> [...]

>Misalkan ada ratusan data dengan huruf alphabet A-Z
>jika saya mengetikkan huruf L, seketika saya langsung tertuju pada kolom data L

[belajar-excel] Re: Membuat tombol Pencarian di Kolom cell excel

Angga Pratomo
Jadi sistemnya seperti search engine gitu bos...

Re: [belajar-excel] Membuat tombol Pencarian di Kolom cell excel

siti Vi
anda mengetikkan "M" itu di mana ??
anda ini sudah teriak & marah (font-size dibesarkan) tapi gak jelas juga...

Baiklah..  kita anggap diketikkannya di *cell D1*
Kalau menuruti perintah anda di email petama kan kita harus "*menuju ke data
KOLOM L*
padahal KOLOM L itu kosong, maka kita abaikan saja permintaan anda itu
(mungkin salah istilah : "KOLOM" maksudnya "CELL")

lihat langsung di contoh

di sini kita pakai:
data yg punya huruf-huruf depannya seperti yg diketikkan di cell D1
akan dimunculkan !   sedang yang lain tidak ditampakkan
jika di cell D1 diKosongkan maka semua data ditampakkan.

mungkin maksud anda tidak seperti itu, tetapi kalau tidak dijelaskan dengan
baik,
siapa yg tahu ??

2011/5/20 Angga Pratomo <[hidden email]>

> [...]
> menggunakan scrol mouse untuk mendapatkan nama secara langsung misal
> langsung saya ketikkan huruf M, langsung mensortir nama2 yg berhuruf awalan

ctv_Data Searching.xlsm (38K) Download Attachment
~siti

Re: [belajar-excel] Re: Membuat tombol Pencarian di Kolom cell excel

Angga Gurmilang Sedar
Mas Angga (namanya sama nih spt saya)
Mbak Siti sudah menjawab, apa sudah sesuai dengan yang diinginkan Mas Angga?
Kalau belum, bisa dijabarkan detail maksudnya seperti apa?

Apakah ngetiknya di sembarang cell atau di tertentu cell?

Best Regards,
Angga Gurmilang Sedar
Sent from Blackberry® Pinjeman™

Bls: [belajar-excel] Membuat tombol Pencarian di Kolom cell excel

Christian-2
Dear Ibu Devi dan teman2 excellers

Saya tertarik dgn thread ini, membantu mencari dengan singkat data yang
dibutuhkan.
boleh tau rumus untuk tombol pencarian kolom cell excel ini?
misal data-data yang dibutuhkan ada disheet 1. A nama, B alamat, C pekerjaan.
tombol pencariannya di sheet 2 apakah bisa menampilkan data ABC kah?
maaf jika penjelasannya kurang jelas

 Best Regards,
Yogi Chandra

________________________________

baik,
siapa yg tahu ??

RE: [belajar-excel] Membuat tombol Pencarian di Kolom cell excel

Angga Gurmilang Sedar
Buat Mas Angga,

Nih alternatif jawaban dari saya disamping jawaban dari Mbak Siti, jangan lupa MACRO ENABLE kan duluk ya.

Kalo masik belum cocok, silahkeun dijabarkeun dengan detil seperti apa kamsudnya, supaya rekan-rekan yang lain bisa bantu jugak…

Tengkayuu

-Gilang Sedar-

www.gilangsedar.com

2011/5/20 anggapeeratomo20 <[hidden email] <mailto:pee_mou%40yahoo.com> >

> [...]
>Misalkan ada ratusan data dengan huruf alphabet A-Z
>jika saya mengetikkan huruf L, seketika saya langsung tertuju pada kolom data L

image001.jpg (456 bytes) Download Attachment
image002.jpg (494 bytes) Download Attachment
gie_jwb_DATA SEARCHING.xlsm (71K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Membuat tombol Pencarian di Kolom cell excel

siti Vi
maksudnya:  pencarian data di tabel dengan 3 kriteria
tentu saja bisa, tetapi harus di atur dulu di makronya ataupun di formula
nya

Dengan formula pun di milis ini sudah sering diptaktekkan
menampilkan data terfilter berdasarkan 3 kriteria

kalau pak Chris ada contoh datanya, bisa di kirim kesini untuk dipraktekkan.
Jangan lupa penjelasannya

~siti

Re: [belajar-excel] Membuat tombol Pencarian di Kolom cell excel

siti Vi
kalau ndak salah, di awal sudah dijelaskan oleh pak angga bahwa ybs tidak
ingin
menggunakan mouse dsb untuk memilih sesuatu (misal autu filter kan ada
tombol filternya)

Yg dikehendaki: langsung mengetikkan data, dan hasil pencarian langsung di
tayangkan
(hanya tidak didetilkan ketiknya di mana, tampilnya dimana/bgmana)

Tanpa makro, jika MAU dengan custom / advanced filter keinginan itu sudah
terpenuhi.

Variasi lain dari solusi yg siti ajukan:
data bukannya di filter dengan method  hide / unhide rows; tetapi hasil
filtering (dng
makro maupun dengan formula)  ditampilkan
** di kolom lain.   atau   ** di listbox

mungkin ada variasi lain  (tetap dengan awalan pengetikan data/kriteria,
tanpa
menyentuh mouse, mengklik sesuatu)

-siti-

2011/5/20 Angga Gurmilang Sedar <[hidden email]>

> [...]
>
> Kalo masik belum cocok, silahkeun dijabarkeun dengan detil seperti apa
> kamsudnya, supaya rekan-rekan yang lain bisa bantu jugak…

~siti

Re: [belajar-excel] Membuat tombol Pencarian di Kolom cell excel

sofyanefendi
Dear Mas Angga, itu size font gede amat? :)
Sebenarnya di Excel ada fasilitas auto filter, apalagi yg versi 2007/2010, bisa menggunakan filter "Contain"
Mengapa tidak menggunakan auto filter saja? Fasilitas filter ini sangat lengkap, bahkan bisa menyesuaikan dengan data typenya.

Wassalaamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,
Sofyan Efendi.
http://opi.110mb.com/
> [...]

  >Thanks untuk jawabannya....

Re: [belajar-excel] Membuat tombol Pencarian di Kolom cell excel

Nah karena dari Mas Angga nya tidak segera memberikan kejelasan, boleh lah kita sedikit ber-improvisasi dengan case yang ada. Harapannya sih supaya Mas Angga ini "mau" makek tetikus.

Saya sendiri juga buingung, mau di ketik dimana? Apa langsung buka woksit trs ketik dimanapun berada trs keluar hasil? Ya sementara kita bikinkeun ini dulu, dan siapa tahu (masih siapa tahu lho ya...) Mas Angga nya berkenan..

Hehehehe

> [...]

> -Gilang Sedar-
>
> www.gilangsedar.com

Bls: [belajar-excel] Membuat tombol Pencarian di Kolom cell excel

Dear Ibu Stevi

TS nya kabur nih ga ada kabar hahaha..
ibu stevi ini saya lampirkan, kalau boleh di bantu dengan uraian rumus nya juga
yah, biar saya bisa berimprovisasi. thx

 Best Regards,
Yogi Chandra

________________________________

From:  "STDEV(i)" <[hidden email]>
Sender:  [hidden email]
Date: Fri, 20 May 2011 16:12:32 +0700
To: <[hidden email]>
ReplyTo:  [hidden email]

Book1.xlsx (13K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Membuat tombol Pencarian di Kolom cell excel

siti Vi
ooo gitu to kamsodnya.....

tapi misalnya  dari awal *dibolehkan* *ceklak-ceklik mencet mouse* siti
tidak akan report2 membuat makro
karena AutoFilter > Text FIlter > Copntain:  sudah memenuhi syarat dan jauh
lebih sempurna
daripada makro kita ( terutama kecepatannya pasti kalah....)

[image: filter contain.GIF]

filter contain.GIF (65K) Download Attachment
~siti

Re: [belajar-excel] Membuat tombol Pencarian di Kolom cell excel

siti Vi
*memfilter tabel dengan FORMULA*
***
*
topik ini sudah sangat sering dibahas di milis
salah satu formulanya adalah BATCH Array Aormula seperti ini bentuknya

*
=SMALL(IF(LOWER(LEFT(data!D2:D206,LEN(F8)))=LOWER(F8),ROW(1:205)),ROW(1:205))
*

lihat langsung ke lampiran

ctv_Filtering_dengan_FORMULA.xlsx (54K) Download Attachment
~siti

Re: [belajar-excel] Membuat tombol Pencarian di Kolom cell excel

siti Vi
Administrator
disusulkan FILE LAMPIRAN BARU (ada perbaikan)

file yg dilampirkan sebelum ini,  formula di kolom Q nya terlalu panjang
dan juga: minim penjelasan penggunaan aplikasinya..

2011/5/20 STDEV(i) <[hidden email]>

> [...]
>
> *
> =SMALL(IF(LOWER(LEFT(data!D2:D206,LEN(F8)))=LOWER(F8),ROW(1:205)),ROW(1:205))

ctv_Filtering_dgn_FORMULA(corrected).xlsx (54K) Download Attachment
~siti

Re: [belajar-excel] Membuat tombol Pencarian di Kolom cell excel

hehehehe... kayanya seru nih...
sampe ada yang emosi dengan penuh kelembutan....

huahahaha

huss malah ketawa. tapi ketawanya penuh arti loh..

moga-moga file terlampir rada2 sesuai dengan harapan.

Kid.

> [...]

> menggunakan scrol mouse untuk mendapatkan nama secara langsung misal
> langsung saya ketikkan huruf M, langsung mensortir nama2 yg berhuruf awalan

re-New Microsoft Excel Worksheet.xlsm (62K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Membuat tombol Pencarian di Kolom cell excel

uharyanto
Salam B-E,,,,

Sebagai penikmat hasil jerih payah sang master - master, saya
kebetulan dapat file dari Mr cuma sayang saya gtw cara close secara
normal file contohnya, jadi terpaksa tak tutup paksa dari menu Task
Manager.

Kalau boleh tau cara supaya bisa di close normal gimana yak ?
(atau mungkin hapus aja codenya biar bisa normal)

Pada tanggal 20/05/11, Mr. Kid <[hidden email]> menulis:

> [...]
>
> huahahaha
>
> huss malah ketawa. tapi ketawanya penuh arti loh..
>
> moga-moga file terlampir rada2 sesuai dengan harapan.

-uhr-

Re: [belajar-excel] Membuat tombol Pencarian di Kolom cell excel

Halo Pak uhr,

Coba ke VBE, lalu ke object sheet1
disana ada event
Private Sub txtCari_LostFocus()
    If ActiveSheet.Name = Sheet1.Name Then
        MsgBox "o.. tidak bisa... gak boleh selain ketik di sheet ini"
        txtCari.Activate

Hapus saja event ini.
Bi;a perlu, semua event yang ada disana dihapus saja, supaya gak ada VBA-nya
lagi.
Gak ada efeknya kok VBA-nya
Asal muasalnya gak pake VBA, karena empunya kasus gak boleh pake mouse dan
segala fitur excel, maka user dibatasi.

Kid.

2011/5/20 -uhr- <[hidden email]>

> [...]
>
> Kalau boleh tau cara supaya bisa di close normal gimana yak ?
> (atau mungkin hapus aja codenya biar bisa normal)

12