Quantcast

[belajar-excel] Membuka & menutup 3 file sekaligus dengan 1x klik

[belajar-excel] Membuka & menutup 3 file sekaligus dengan 1x klik

Harry
Dear BeExceller,

Saya membuat Workbook yang hasil inputan UserForm-nya ke file database dengan proses buka tutup file.
Jika saya menggunakan 1 file database, berarti proses penginputannya harus bergantian. Karenanya saya menggunakan 3 file database sekaligus dng nama DATABASE_1, DATABASE_2 & DATABASE_3.

Untuk meng-akses (membuka) database dari Workbook aktif biasanya saya menggunakan rumus sbb:

Private Sub Cmdopenfile_Click()
   Dim wbkA As Workbook, wbkDATABASE As Workbook
   On Error Resume Next
Set wbkA = ThisWorkbook
If Workbooks("DATABASE.xls") Is Nothing Then
     Set wbkA = Workbooks.Open(wbkPROGRAM.Path & "\DATABASE.xls")
Else
    Set wbkDATABASE = Workbooks("DATABASE.xls")
End If
wbkDATABASE.Activate
      With Sheets("HOME")
      .Visible = -1: .Activate
      End With
    Unload Me
End Sub

Tapi setelah menggunakan 3 Database, saya kesulitan untuk meng-akses (membuka dan menutup) 3 file Database tersebut dengan mengacu pada rumus tersebut diatas.

Mohon bantuan teman-teman BeExceller untuk dapat memberikan solusi dengan 1 x klik, kita dapat membuka dan/atau menutup 3 file sekaligus.

Terima kasih atas berkanan solusinya.

Harry

Re: [belajar-excel] Membuka & menutup 3 file sekaligus dengan 1x klik

hendrik karnadi
Dear Harry,
Mudah2an file terlampir sesuai keinginan anda.

SK,
1. Nama file anak mengacu pada file Induk (mis Induk bernama Coba, Anak bernama Coba1, Coba2, Coba3
2. Induk sebagai penggerak (buka tutup tersendiri) sedangkan anak dapat dibuka tutup melalui induk).

Salam,
Hendrik Karnadi

________________________________

Buka_Simpan sekaligus.zip (47K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Membuka & menutup 3 file sekaligus dengan 1x klik

Variabel workbooknya baru 1 bijik, yaitu wbkDATABASE. Buatlah sebanyak yang
diinginkan.

Lalu script pembuka workbook juga baru untuk buka sebuah workbook bernama
DATABASE.xls yang disimpan dalam variabel workbook wbkDATABASE, yaitu
dibagian blok :
[...]

Jika akan membuka 3 file atau berapapun yang diinginkan, buat 3 blok
seperti itu tapi nama variabel penyimpannya diganti dengan variabel yang
akan digunakan untuk file database1 atau 2. Sesuaikan juga nama filenya
jadi database1 atau 2 atau sekian.

Kalau sudah lancar buat script, baru belajar loop.

2012/11/10 Harry <[hidden email]>

> [...]
>
> Mohon bantuan teman-teman BeExceller untuk dapat memberikan solusi dengan
> 1 x klik, kita dapat membuka dan/atau menutup 3 file sekaligus.

Bls: [belajar-excel] Membuka & menutup 3 file sekaligus dengan 1x klik

Harry
Dear BeExceller,
Mr. Kid.

Terima kasih atas solusinya. It's work.

Wassalam,

Harry

________________________________
 Dari: Mr. Kid <[hidden email]>
Kepada: [hidden email]
Dikirim: Sabtu, 10 November 2012 16:56
Judul: Re: [belajar-excel] Membuka & menutup 3 file sekaligus dengan 1x klik

> [...]

>     Set wbkA = Workbooks.Open(wbkPROGRAM.Path & "\DATABASE.xls")
>Else
>    Set wbkDATABASE = Workbooks("DATABASE.xls")
 Sheets("HOME")

> [...]
>

>Terima kasih atas berkanan solusinya.
>

>Harry

Bls: [belajar-excel] Membuka & menutup 3 file sekaligus dengan 1x klik

Hendrik Kamadi,

Terima kasih atas file lampirannya. It's work.
Lebih lanjut mendalami mengenai file Induk dan file Anak ini, bagaimana cara dan/atau rumusnya jika kita menginput ke file Anak dengan cara buka-tutup file anak, dan apabila kita membuka file induk, otomatis bisa menginport semua data yang ada pada file-file Anak tersebut ke file Induk...???

Pada lampiran bersama ini saya misalkan 2 contoh yaitu di Sheet1 (baris ke 6) & Sheet2 (baris ke 12, 13 & 14).

Terima kasih atas informasinya.

Harry

________________________________

[...]

Coba.xls (52K) Download Attachment
Coba1.xls (24K) Download Attachment
Coba2.xls (24K) Download Attachment
Coba3.xls (24K) Download Attachment

Re: Bls: [belajar-excel] Membuka & menutup 3 file sekaligus dengan 1x klik

hendrik karnadi
Dear Harry,
Yang seperti ini kelihatannya lebih cocok dengan cara merekam macro secara manual terlebih dahulu baru kemudian mengeditnya.

Salam,

Hendrik Karnadi