[belajar-excel] Memecah kalimat panjang hasil copy paste dari pdf ke kolom tertentu di beberapa baris di worksheet [1 Attachment]

[belajar-excel] Memecah kalimat panjang hasil copy paste dari pdf ke kolom tertentu di beberapa baris di worksheet [1 Attachment]

Tio Adi Bayu Adjie
Dear Bexceller,
Saya ada pertanyaan.
Ada user yang copy paste teks dari pdf, sehingga kalimatnya panjang.
Teks yang panjang ini ditempatkan di userform.
Yang diinginkan adalah ada sebuat tombol yang bisa memecah kalimat panjang itu jadi beberapa baris dan ditempatkan di cell tertentu. Contohnya di kolom A di beberapa baris.
Bagaimana mengetahui berapa baris yang dibutuhkan dari satu kalimat yang panjang dan memecahnya ? Dan bagaimana cara meletakkannya di beberapa baris di kolom tertentu ?

Contoh soal terlampir.
.

Contoh Soal VBA Excel.xlsm (25K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Memecah kalimat panjang hasil copy paste dari pdf ke kolom tertentu di beberapa baris di worksheet

Agus-2
Dear Tio,

Bisa dicoba Cekript ini:
Private Sub CommandButton1_Click()
Dim n As Single
Dim i As Single
Dim y As Single
Dim yy As Single
Dim ii As Single
yy = 1
n = Int(Len(TextBox1.Text) / 41)
For i = 1 To n
For ii = 41 + y To 41 + y + 12
If Mid(TextBox1.Text, ii, 1) = " " Then
y = ii
Exit For
End If
Next ii
If i = n Then
Range("A" & 2 + i) = Mid(TextBox1.Text, yy, 40)
Else
Range("A" & 2 + i) = Mid(TextBox1.Text, yy, y - yy)
End If
yy = 1 + y
Next i
End Sub
salam KenangAgus

On 1/23/2019 10:42, Tio Adi Bayu Adjie [hidden email]
[belajar-excel] wrote:

> [...]

Re: [belajar-excel] Memecah kalimat panjang hasil copy paste dari pdf ke kolom tertentu di beberapa baris di worksheet

Kenapa dipecah dalam beberapa baris di worksheet ?
Kenapa tidak disimpan dalam 1 cells saja di sheet data
Ditampilkan dalam sheet report sebagai merge cells misalnya atau dalam
sebuah cells yang di wrap text
Direport-kan dalam userform juga bisa tanpa perlu repot-repot memecah jadi
beberapa baris.

Sekadar wacana saja...

On Thu, Jan 24, 2019 at 9:54 AM Tio Adi Bayu Adjie [hidden email]
[belajar-excel] <[hidden email]> wrote:

> [...]
> panjang dan memecahnya ? Dan bagaimana cara meletakkannya di beberapa baris

Tio

[belajar-excel] Memakai variabel dalam konteks penggunaan memory

Tio
 Salam BeExcellerMisal saya pakai variabelDim s as byteVariabel s itu dipakai untuk cek baris terakhir di kolom 5. Sy juga butuh variabel untuk cek baris akhir di kolom 10..Pertanyaannya, Untuk cek baris akbir di kolom 10, apakah saya harus pakai variabel yg beda dari s, misal variabel m. Atau bisa pakai variabel yg sama yaitu s juga ? Yg saya khawatirkan pakai 2  atau lebih variabel akan butuh memory dibanding pakai sedikit variabel. Sementara variabel itu penggunaannya sama yakni hitung baris akhir saja.
Terima kasih atas jawabannya.Tio

Re: [belajar-excel] Memakai variabel dalam konteks penggunaan memory

Pakai saja berulang-ulang. Kalau suatu proses menghitung y = ax + b ,
berarti butuh 4 variabel. Kalau ada variabel yang nganggur, pakai saja
untuk proses hitung y tersebut. Kalau kurang, buat variabel baru.

On Wed, Jan 30, 2019 at 7:37 AM Tio Ali [hidden email]
> [...]

RE: [belajar-excel] Memecah kalimat panjang hasil copy paste dari pdf ke kolom tertentu di beberapa baris di worksheet

Terima kasih mas KenangAgus. Alhamdulillah. Berhasil. Semoga ilmunya terus bertambah. Amiin....Maaf telat reply, soalnya email kantor bermasalah....

Tio