Quantcast

[belajar-excel] Menambah ROW dengan Automatic

[belajar-excel] Menambah ROW dengan Automatic

Sugeng Subagio
Selamat malam,
Saya ingin menambahkan ROW secara auto tanpa manual. Kalau saya drug maka
secara automatic ROW baru akan muncul diatasnya. Yang saya inginkan adalah
dengan menambahkan ROW baru diantara A3,A4 dan seterusnya. Untuk itu saya
tambahkan attachment sebagai bahan referensi. Atas bantuannya saya ucapkan
terima kasih.

Wass,
Sugeng

Coba1.xlsx (105K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Menambah ROW dengan Automatic

iHaps
Drag And Drop<http://www.dummies.com/how-to/content/using-drag-and-drop-in-excel-2007.html>
Mohon maaf saya belum mengetahui benar,maksud pertanyaan.

Terima kasih, Pak Sugeng dengan bagus telah menggambarkan Range yg akan di
SERET (GESER)
/ di - D R A G, yaitu baris 3 sampai baris 6 (entireRow)
Tetapi di-seret-nya ke arah mana?, kemudian setelah di DROP di
range-tujuan; gambaran hasil yg
diinginkan seperti apa ??

( Catatan, kalau ndak salah: dengan Selected Range berupa ENTIRE ROW
seperti itu, maka
Selected-Range itu hanya bisa di-DRAG ke arah ATAS atau BAWAH (tidak bisa
ke arah Kanan atau Kiri),
karena *lebar *SelectedRange sudah sama dgn Jumlah Kolom yg ada pada sheet
yg sedang diobok-obok..)

Dalam penjelasannya, pak Sugeng menginginkan ketika se-Area range (dlm
ukuran Entire Row) *di DRAG*
*tanpa di DROP, (jadi ada proses yg belum selesai)*  maka antara cell A3
dan A4 disisipkan BARIS BARU
secara otomatis.
Permintaan ini (khusus bagi saya) belum dapat tertangkap maksudnya

Atau..
Mungkin yg dimaksud *bukan menggeser Range yg telah diblok*, melainkan
menggeser (drag)
*Fill-Handle* yg ada pada Selected Range tsb ??
Mohan tambahan penjelasan pak Sugeng;

atau pak Sugeng punya arti tersendiri untuk istilah *"DRUG"* itu ?
Jangan-jangan Istilah yg bapak gunakan (DRUG) ternyata lain sama sekali
dengan DRAG & DROP <http://en.wikipedia.org/wiki/Drag-and-drop> yg
saya duga / "tebak" di atas.

Walaupun begitu, ini dicoba membuat mainan:

*Otomatis menyisipkan baris baru *
*JIKA :*
- terjadi SELECTION *(bukan terjadi DRAG / DRUG(?)*
  di mana selected range berukuran MINIMAL 2 BARIS, dan
  JUMLAH KOLOM nya  = sebaris PENUH  (sebanyak kolom yg ada di sheet) /
 (EntireRow)

Mohon dicoba, misalnya dengan *MenSelect / mengeBlok :* Header Baris 2
sampai 7
Mainan spt ini menurut pendapatku harus dibantu makro, yg  kira-kira spt
ini coding-nya

' coded by indri hapsari
' smg, dec 19, 2011, after-subuhan-prayer-time
'---------------------------------------------
If Target.Columns.Count = Columns.Count Then
If Target.Rows.Count > 1 Then
Target(2, 1).EntireRow.Insert

-iHaps-

catatan:
Tidak semua excel bisa diajak ber Drag & Drop, karena setiap pemakai
excel bebas
menentukan
preferensinya sendiri, misalnya : "tak-ingin ada operasi draft & drop
menghasilkan
pemndahan &
pengcopyan data di excel nya"
Lihat "Excel Options" >> Tab Advance > checkbox "Enable *Fill Handale*
and*'Drag-and-Drop
*'
[image: fill handel & cell drag and drop.PNG]

fill handel & cell drag and drop.PNG (42K) Download Attachment
Lho Kok Nama filenya sama (Coba1) lagi padahal kasusnya lain mbok yg lain misalnya DRUG (bukan DRAG ya).xlsm (116K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Menambah ROW dengan Automatic

Sugeng Subagio
Mas or Mbak I Haps,
Terima kasih atas masukannya. Mengenai nama Coba1, maaf saya salah menamai
karena ini sama dengan file sebelumnya. Sebenarnya saya inginkan untuk
menambah Row baru di file yang saya drag. Biasanya kan kalau di drug
kemudian click kanan terus kita insert, maka akan muncul ROW baru sesuai
dengan row yang kita drug. Terus kalau kita click satu ROW, misalkan A2,
maka akan muncul ROW baru di bawah A2. Nach, saya ingin menyisipkan Row
kosong A2,A3,A4 dan seterusnya tanpa harus menglick satu persatu. Inikan
nantinya akan memakan waktu. Mohon maaf sekiranya pertanyaan dari saya agak
membingungkan, maklum pemula :)

regard's
Sugeng

2011/12/19 i Haps <[hidden email]>

> [...]

fill handel & cell drag and drop.PNG (42K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Menambah ROW dengan Automatic

hendrik karnadi
Barangkali bisa anda gunakan Macro ini :
Sub InsertRow_Otomatis()
    Selection.EntireRow.Insert
End Sub

Selection adalah sel atau range yang  anda pilih (blok).

Salam,
Hendrik Karnadi

________________________________
[...]

Drag And Drop

fill (42K) Download Attachment
InsertRow otomatis.xls (39K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Menambah ROW dengan Automatic

iHaps
Pak sugeng,
Mari kita lupakan istilah di DRUG  itu = di apakan? (jangan dijawab)
Karena sampai saat ini saya belum menangkap maksud pak Sugeng.
Paling dekat mungkin = *MemBLOK* atau* men SELECT* Range

Ketika sebuah Range di-SELECT (diBLOK / di highlited), sepertinya pak
Sugeng
ingin menyisipkan  baris baru diantara baris yg ada;  misal :
Range yg diselect = 5 baris (A2:A6) menjadi A2:A11
dimana baris 3, 5, 7, 9, 11 adalah baris baru yg kosong.

Jika demikian yg dikehendaki, kita mengusulkan 2 cara

*(1). tanpa makro*
a.  sisipkan (insert secara biasa)  jadi *baris baru akan berada di baris
7, 8, 9, 10,11*
b.  insertkan *kolom baru di kirinya*  >> seakarang kolom A = kolom kosong
c.  pada A2 sampai A6 berikan nomor urut 1,2,3,4,5
d.  pada A7 sampai A11  berikan nomor urut juga 1,2,3,4,5
e.  Blok (select-lah Baris A2 sampai A11
f.   Range yg diblok ini di SORT  (data > Sort) dengan kolom kunci = kolom
A,
     dengan order : Asecending (menaik)
g. Selesai

*(2) dengan Makro*
Sub Selang_Sisip()
Dim n As Long
For n = Selection.Rows.Count + 1 To 2 Step -1
Selection(n, 1).EntireRow.Insert
Next n
End Sub

*Cara menjalankan*
BLOK dulu suaru Range Misal A2:A8
boleh baris 2 sampai baris 8
Jalankan makronya dengan menekan [* Ctrl + Shift + O* ]
atau
tekan Alt + F8, pilih nama  mako (sisip selang) tekan tombol RUN

Jika diskusi masih akan berlanjut, dan* istilah DRUG* masih akan bapak
gunakan, mohon
di jelaskan dulu *di DRUG itu di apakan* ??

iHaps

2011/12/20 Sugeng Subagio <[hidden email]>

> [...]
> nantinya akan memakan waktu. Mohon maaf sekiranya pertanyaan dari saya agak

Sisip_Berselang (iHaps).xls (54K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Menambah ROW dengan Automatic

rJuniard
makasih macro-nya guru...
sangat membantu
salam kenal