[belajar-excel] Menampilkan Pop-up kalender pada Form

[belajar-excel] Menampilkan Pop-up kalender pada Form

lapendosol opik
Dear master be-Excel
Saya membuat form di vba, saya ingin menambahkan combobox kalender pada form tersebut seperti terlampir
Bagaimana cara menambahkan kalendernya ke form?
Jika informasi cpunya berpengaruh, saya pakai:
Microsoft Office Professional Plus 2010
Windows 7 Professional
Intel(R) Core(TM) i3-2310M 2.10GHz
2 GB ram
32-bit

Sebelumnya saya ucapkan terimakasih
Wassalam,

Untitled.png (4K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Menampilkan Pop-up kalender pada Form

Silakan ke :
dan ikuti semua link yang ada disana bila diperlukan.

2013/4/11 lapendosol opik <[hidden email]>

> [...]
> 32-bit
>
> Sebelumnya saya ucapkan terimakasih

Re: [belajar-excel] Menampilkan Pop-up kalender pada Form

Makasih mas Kid,
Gimana caranya download file2 terlampir ditopik yang bersangkutan? Supaya bisa mengikuti topiknya, kayanya kasusnya hampir sama tentang pembukuan

re-Pengiriman BUKU.xlsx dll
Saya cari kok ga nemu2 Mas
Trimakasih

> [...]

>Sebelumnya saya ucapkan terimakasih
>Wassalam,

Re: [belajar-excel] Menampilkan Pop-up kalender pada Form

Udah bisa mas,
Saya udah register mscomct2.ocx dengan aplikasi tambahan register ocx.exe
Sudah saya pasang DTpickernya di vba, pas di run sih belum ada masalah (di PC saya),
Tapi tiap run awal (pertama kali file excelnya dibuka), selalu tampil peringatan:

This application is about to initialize ActiveX controls that might be
unsafe. If you trust the source of this file, select OK and the controls will
be initialized using your current workspace settings.

Gimana caranya biar ga nongol itu terus ya?
Trimakasih

> [...]

>Sebelumnya saya ucapkan terimakasih
>Wassalam,

Re: [belajar-excel] Menampilkan Pop-up kalender pada Form

Pada Excel Options -> page Trust center -> klik tombol Trust Center
Settings -> page ActiveX Controls -> pilih Enable -> OK sampai worksheet

2013/4/12 lapendosol opik <[hidden email]>

> [...]
> will
> be initialized using your current workspace settings.
>
> Gimana caranya biar ga nongol itu terus ya?

Udah di enable mas, tapi tetep nongol informasinya

> [...]

>be initialized using your current workspace settings.
>
>Gimana caranya biar ga nongol itu terus ya?

Tumben mscomct2.cab dari microsoft dinyatakan unsafe. Jangan-jangan
mscomct2.ocx nya bukan dari microsoft... hehehe...
tapi memang mungkin terjadi kok..
coba disini :
http://support.microsoft.com/kb/827742
tapi nanti kalau UFIControls diset nilainya 1 gak bisa, coba diset 5 atau 3.

Nah... sebelum melanjutkannya,
kalau yang buat aplikasi saja, mau pakai dtpicker atau calendar atau apa
saja yang anggapannya simple dan cakep itu sudah sulit,
bagaimana dengan user yang gak mudeng ?
siapa yang akan meng-install-kan dan siapa yang akan mengubah registry-nya ?
kalau gak boleh jadi admin komputer, lalu gimana aplikasinya nanti kalau
ndak punya dtpicker atau calendar control karena masalah install dan
register activex nya ?

tapi ini hanya sekedar pertanyaan yang ndak ada maksudnya apa-apa....   :)

2013/4/12 lapendosol opik <[hidden email]>

> **
>

> Udah di enable mas, tapi tetep nongol informasinya

Saya dapet file mscomct2.cab dari link2 yang ada di topik
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/message/23263 ini mas
UFIControls nya udah coba di set 1 - 5, tapi anehnya kok selalu kembali lagi menjadi 2.
Sebenernya ga terlalu ngrepotin sih nongol infonya, toh cuma sekali klik OK berikutnya udah ga nongol lagi.
Hehehe
Oiya, format tampilannya kan cuma ada 3;
0 - jwdpShortDate (4/12/2013)
4 - jwdpLongDate (Friday , April 12 , 2013)
9 - jwdpTime (8:22:37 PM)
Gimana cara menambahkan format tampilan jadi 12 April 2013 saja?
Trimakasih sebelumnya

> [...]

2013/4/12 lapendosol opik <[hidden email]>

>Udah di enable mas, tapi tetep nongol informasinya

Oh ndak ada opsi Custom ya (nomor berapa yang bunyinya sesuatuCustom)
hehehe...malah baru tahu kalau beda isinya dtPicker tersebut dengan yang
biasanya.

> [...]

> 4 - jwdpLongDate (Friday , April 12 , 2013)
> 9 - jwdpTime (8:22:37 PM)
> Gimana cara menambahkan format tampilan jadi 12 April 2013 saja?

Ga tau mas, opsinya cuma 3 doang itu
Hehehehe

> [...]

>4 - jwdpLongDate (Friday , April 12 , 2013)
>9 - jwdpTime (8:22:37 PM)
>Gimana cara menambahkan format tampilan jadi 12 April 2013 saja?

dtPick.jpg (76K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Menampilkan Pop-up kalender pada Form

Kayanya utk membuat dtpicker menampilkan custom format di komputer sampeyan
ndak bisa. Kalau hasil dtpicker yg akan diletakkan ke object lain bisa
dengan mengubah tipe data hasil dtpicker menjadi datetime, lalu diformat
sesuai kebutuhan.
Jika diletakkan di range tertentu, hasil konversi tipe data menjadi
datetime lalu format cell number.

 On Apr 13, 2013 11:00 AM, "lapendosol opik" <[hidden email]> wrote:

> **
>

> Ga tau mas, opsinya cuma 3 doang itu
> Hehehehe

Trimakasih mas Kid atas tanggapannya.

Ada FormatString, defaultnya kosong
Pas saya isi (dini hari tadi) dd mmm yyyy, hasilnya ditampilan aneh, hasilnya 14 31 2013
Sekarang dicoba lagi isi dd mmm yyyy hasilnya 14 03 2013. Mungkin besok kalo saya coba masukkan

dd mmm yyyy hasilnya berubah lagi. Sementara ini saya pake format yang ada aja, tampilannya:
Sunday , April 14, 2013
dtpicker sangat perlu buat file yang saya gunakan, salah satunya untuk membuat/menambah sheet dengan nama sesuai bulan dan tahun dalam dtpicker. Sekian lama dicoba2 dengan banyak kegagalan, akhirnya ketemu cara menambah sheet dengan nama bulan tahun. Berikut hasilnya, mohon dikoreksi kalo ada yang bisa diringkas:

Private Sub cmbAddSheet_Click()
Dim sFull As String, sBell As String
sFull = "Jual "
sBell = "Beli "

    Sheets.Add After:=Sheets(Sheets.Count)
    Sheets("Jual").Range("A:ZZ").Copy
    Sheets("Sheet1").Select
    Cells.Select
    ActiveSheet.Paste
    Application.CutCopyMode = False
    Sheets("Database").Range("A:D,F:F").Copy
    Sheets("Sheet1").Select
    ActiveSheet.Paste
    Application.CutCopyMode = False
    Range("A1").Select

Sheets("database").Range("i1").Value = dtpAdd.SelDate
lblSementara.Caption = Sheets("Database").Range("I1").Text
Sheets("Sheet1").Select
Sheets("Sheet1").Name = (sFull & lblSementara.Caption)

    Sheets.Add After:=Sheets(Sheets.Count)
    Sheets("Beli").Range("A:ZZ").Copy
    Sheets("Sheet2").Select
    Cells.Select
    ActiveSheet.Paste
    Application.CutCopyMode = False
    Sheets("Database").Range("A:E").Copy
    Sheets("Sheet2").Select
    ActiveSheet.Paste
    Application.CutCopyMode = False
    Range("a1").Select
Sheets("Sheet2").Select
Sheets("Sheet2").Name = (sBell & lblSementara.Caption)

End Sub

Asumsinya, tiap file dibuka pertama kali, ketika sheet ditambah, default name sheetnya selalu Sheet1 dan seterusnya. Sheet baru tersebut terdiri dari 2, Jual dan Beli (tiap bulan hanya dilakukan sekali). Dimana isi dari sheet yang ditambahkan, isinya mengacu pada sheet Database (copy nama2 barang) dan sheet Jual/Beli (untuk meng-copy tanggal 1-31, karena belum tau cara tambah tanggal sesuai bulan secara otomatis). Kemudian tanggal dari dtPicker tadi saya pindahkan sementara ke Range I1, dengan custom format mmm yyyy (karena yang diambil cuma bulan dan tahun). Saya sudah coba beberapa kali untuk mengambil text di I1 untuk menamai sheet baru tapi hasilnya gak memuaskan, yang muncul malah 41378.082974537. Maka text dari I1 saya pindah sementara ke lblSementara untuk kemudian dijadikan nama sheet baru. Alhasil seperti script diatas. Mohon sedianya untuk mengkoreksi apabila ada yang bisa diringkas.

Terimakasih sebelumnya dan sebanyak-banyaknya

> [...]

On Apr 13, 2013 11:00 AM, "lapendosol opik" <[hidden email]> wrote:

Kid.

Buku Bengkel Tes.xlsm (60K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Menampilkan Pop-up kalender pada Form

Sebelum membahas script-nya, gimana kalau ngobrolin tentang datanya lebih
dulu.

imo,
sheet DATABASE kolom A:C adalah data referensi produk.
sheet Jual adalah data transaksi Penjualan
sheet Beli adalah data transaksi Pembelian

sejarah (histori) perubahan harga beli adalah summary dari transaksi
pembelian yang setara dengan output
kondisi stok adalah summary transaksi beli dan transaksi jual yang setara
dengan output berupa summary data terakhir setiap produk.

dari keadaan di atas, ada benang merahnya, yaitu data-data transaksi
menuntut adanya dimensi waktu. Selain itu, suatu saat nanti bisa jadi akan
dibutuhkan dimensi Customer (saat ini ndak ada juga ndak masalah).
Kegiatan real manusia dalam melakukan penjualan maupun pembelian tidak
pasti seluruh produk setiap hari. Maka, pencatatan ketika terjadi penjualan
saja dan pencatatan ketika terjadi pembelian saja akan lebih memberi banyak
informasi.

Jadi, untuk tabel jual dan beli, setidaknya dibutuhkan kolom tanggal
kegiatan (1 kolom saja), kode produk (1 kolom saja), jumlah penjualan atau
pembelian (1 kolom saja), harga jual atau beli (1 kolom saja), bila perlu
ada posisi stok produk tersebut setelah kegiatan [saldo akhir] (1 kolom
saja). Hal ini akan membuat tabel data menjadi ramping dan tinggi (panjang
kebawah) dengan jumlah kolom total hanya 4 kolom sampai 5 kolom. Kelak,
ketika sudah ada data customer, maka akan bertambah 1 kolom lagi. Jika ada
variabel discount, maka bertambah 1 kolom lagi dst.

Setiap data akan tinggal disebuah sheet tersendiri. Referensi produk di
sebuah sheet (misal Produk), transaksi Jual di sheet Jual, transaksi beli
di sheet Beli, setiap output di sebuah sheet per jenis output. Sheet input
bisa disebuah sheet tersendiri atau di sebuah userform.

Input (form input dengan userform atau dengan worksheet) bisa diatur
disuatu tempat tersendiri yang terpisah dengan sheet-sheet data tadi.
Proses simpan hanyalah menyimpan yang perlu saja.
Dengan begitu, maka tidak akan dibutuhkan banyak sheet.
Dengan tabel data yang memiliki dimensi waktu (sebagai sebuah kolom), akan
memudahkan proses pengolahan data untuk membentuk banyak output.

btw,
jika memang akan tetap seperti yang ada sekarang, maka script yang ada
(untuk 1 sheet saja) bisa seperti :

Dim sFull As String, sBell As String
dim sht as worksheet
sFull = "Jual "
sBell = "Beli "

    set sht=Sheets.Add (After:=Sheets(Sheets.Count))
    Sheets("Jual").Range("A1:ZZ1").Copy sht.range("a1")
    'Sheets("Sheet1").Select
    'Cells.Select
    'ActiveSheet.Paste
    'Application.CutCopyMode = False
    Sheets("Database").Range("A:D,F:F").Copy sht.range("a1")
[...]

sht.name=sfull & format$(dtpadd.seldate , "YYYYMMDD")  'jika dtpadd.seldate
bertipe string, ganti dengan cDate(dtpadd.seldate)

2013/4/14 lapendosol opik <[hidden email]>

> [...]
> apabila ada yang bisa diringkas.
>
> Terimakasih sebelumnya dan sebanyak-banyaknya

Terimakasih lagi mas Kid tanggapannya,
Sebelum saya lanjutkan file yang saya buat, tidak ada salahnya saya jabarkan dulu file ini nantinya seperti apa, kalau cara saya kurang efektif mohon diberi pengarahan yang lebih efektif.
Saya punya bengkel kecil-kecilan milik keluarga, tiap bulannya selalu dihitung (totalan) dari penjualan.
Berawal dari buku besar (ditulis tangan manual), dimana isi buku meliputi catatan pembelian barang, penjualan barang dan service jasa customer. Tiap satu lembar buku, mencatat secara detail barang yang terjual/terbeli pertanggal berapa, jumlah selama sebulan berapa pcs/barang, total modal (pengeluaran) belanja untuk jumlah barang yang terjual tiap barang, total pendapatan (pemasukan) dari jumlah barang yang terjual tiap barang, sehingga bisa tau selisih keuntungan atas satu barang itu (total jual - total beli), dan total keuntungan selama sebulan. Misal bulan februari 2013 barang Ban Luar IRC modal 100.000 jual 130.000, terjual 3 pcs, keuntungannya (3x130.000 - 3x100.000). Ini alasan saya kenapa membuat sheet jual dan sheet beli secara terpisah tiap bulannya, supaya bisa melihat (cek) history penjualan/pembelian perbulan dan keuntungannya (naik atau menurun). Barang-barang apa yang perlu ditambah dan dikurangi stok persediaannya (bisa dilihat dari
 history jual/beli yang kosong/isi kolomnya pertanggal perbulannya).

Dengan tujuan saya diatas, kayanya lebih susah dalam peng-input-an datanya kedalam sheet. Maka dari itu, mohon bantuannya rekan-rekan be-Excel yang lain dalam pembuatan buku tersebut.
Nantinya dalam input Jual dan Beli akan dibuat dengan form tersendiri.

Scriptnya saya buat dari record macro, jadi bahasanya sesuai proses yang saya lakukan. Ternyata bisa diringkas lagi scriptnya, trimakasih mas Kid.
Sheet Jual dan sheet Beli yang dicopy disini hanya sheet bantuan untuk meng-copy Widthnya biar sesuai.
Tiap2 sheet Jual Bulan Tahun, terdapat tanggal2, yang diharapkan nantinya pada form input jual/beli secara otomatis mengisi angka ke sheet Jual Bulan Tahun pada tanggal yang sesuai pada dtPickernya

Pada baris     Sheets("Jual").Range("A1:ZZ1").Copy sht.range("a1") saya tetap pakai     Sheets("Jual").Range("A:ZZ").Copy sht.range("a1") supaya Width Cells dari tanggal 1 sampe kenanan bisa ikut sesuai.
sht.name=sfull & format$(dtpadd.seldate , "YYYYMMDD") saya pakai format MMM YYYY
Terimakasih sekali lagi mas Kid

> [...]

>Terimakasih sebelumnya dan sebanyak-banyaknya

Kid.

Erick KN
Saya sudah ikuti langkah"nya, tetapi tidak muncul pilihan microsoft date and time picker control 6.0 dalam excel saya.
Apakah tidak bisa digunakan untuk 64 bit?
Apakah ada untuk versi 64 bit?
Terima kasih.
mohon pencerahannya master.