[belajar-excel] Menampilkan gambar di folder berdasarkan kode yang dipilih

[belajar-excel] Menampilkan gambar di folder berdasarkan kode yang dipilih

Contract Mining Assistant, Asam-Asam
Dear teman teman belajar excel,

Gimana ya menampilkan gambar yang ada yang mana sesuai dengan kode buku
yang dipilih,
Asumsinya gambar sudah tersedia di folder seperti pada cell "H2:H11"
yangmana nama gambar disesuaikan dengan kodebuku.

jadi begitu kode buku dipilih maka nama gambar yang sesuai dengan kode
buku akan tampil
dan jika tidak ada gambar dengan kode buku yang dipilih maka akan ada
pemberitahuan baik itu message box atau yang lain.

Terima kasih banyak sebelumnya

Salam, Rasyid

@File terlampir
Disclaimer   -   This  message  including any attachments and information contained
herein  ("Message" ) may contain  privileged information  or otherwise is protected
from  disclosure. Any  unauthorized use of this  Message  by any person may lead to
legal consequences.  If  you  receive this   Message  in error, or if the recipient
of this  Message  is not the intended recipient or the employee or agent authorized
for delivering this  Message to the intended recipient you are hereby notified that
any  disclosure,  dissemination, distribution  or copying of this Message or let or
cause this Message to be disclosed,disseminated, distributed, or copied is strictly
prohibited, and please notify the sender by  return message  and immediately delete
this  Message  from your system.   Incoming and outgoing  communications using this
electronic mail may be monitored by PT Arutmin Indonesia,as permitted by applicable
law and regulations. Unless it is made by the authorized person,any views expressed
in this Message  are those of the individual sender and may not necessarily reflect
the views of PT Arutmin Indonesia.
You should check attachments for viruses and defects before opening or using them.
We are not liable to recover any injuries caused by virused or defected attachments.

Perpustakaan Digital.xls (22K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Menampilkan gambar di folder berdasarkan kode yang dipilih

siti Vi
Administrator
halo pak Contraact ..

tabelnya kok di situ ?  apa ndak terbatas ?
nanti kalau tabel dipindah makronya harus di ubah lho !!

coba pakai ini sebentar saja  (di test lah); setelah itu boleh dihapus....

mako akan OTOMATIS jalan (=menginsert gambar) jika cell E15 berubah datanya
makro ini tauknya:  path file ygditulis di tabel pasti  BENAR dan ADA
filenya

   ' siti Vi / 26 may 2011
   Dim TbBuku As Range, KdColl As Range, PicCol As Range
   Dim FileNm As String, oShp As Shape, r As Integer

   Set TbBuku = Cells(1).CurrentRegion.Offset(1, 0)
   Set KdColl = TbBuku.Offset(0, 1).Resize(, 1)
   Set PicCol = KdColl.Offset(0, 6)

   If Target.Address = "$C$15" Then
      ' hapus picture lama di "plat"-nya
      For Each oShp In Me.Shapes
         If LCase(Left(oShp.Name, 4)) = "pict" Then
            If oShp.TopLeftCell = Range("E15") Then oShp.Delete
         End If
      Next oShp
      ' mencari nama file di tabel
      r = WorksheetFunction.Match(Target, KdColl, 0)
      FileNm = PicCol(r, 1).Text
      ' di cek apakah ada di storages
      If Not Dir(FileNm) = "" Then
         ' diinsert ke cell tertentu
         Range("E15").Select
         Me.Pictures.Insert(FileNm).Select
         ' di paskan di ukuran merged-cellnya
         *ResizePicture* Selection   '  ini = sebuah sub prosedur bantu

kalau menyenangkan hati penanggapnya jangan diam saja
katakan hasilnya (jalan/ gak jalan )..

-siti-

ctv_Perpustakaan (yg gambar bukunya ditampilkan secara) Digital (tapi bukunya apakah Digital).xls (44K) Download Attachment
~siti

RE: [belajar-excel] Menampilkan gambar di folder berdasarkan kode yang dipilih

Contract Mining Assistant, Asam-Asam
Terima kasih teman teman atas respon dan tanggapannya.

Salam,
Rasyid

________________________________

We are not liable to recover any injuries caused by virused or defected attachments.

Re: [belajar-excel] Menampilkan gambar di folder berdasarkan kode yang dipilih

HerrSoe
Mbak siti ytc...

FIle & makro yg dikirim itu kan masih merujuk lokasi gambar yg hanya ada di
pc
pak CONTRACT saja.
Di PC members lain seperti saya, harus membuat dulu folder seperti itu,
tidak bisa
jalan juga karena tidak ada isi gambarnya. Padahal ingin sekeli segera
testing-testing...

Bolehkan saya minta fle yg FOLDER nya berlaku di pc mana saja tidak harus
fixed seperti contoh file dari pak Contact.
(Kalau gak salah dulu sudah dijelaskan tapi kok lupa lagi ya... he he dasar
jeblok)

Maksud ku:
Seperti dulu pernah terjadi, mbak siti kirim file ZIP dan seterima kita di
PC masing2
zip dibuka menjadi FOLDER_XXX (bisa diubah namanya)  berisi flie makro dan
files contoh gambar.

FOLDER_XXX itu bisa ditaruh di bawah FOLDER mana saja, tetapi jika makro
dijalankan  dia tahu folder tempat gambar berada..

Tolongin ya mbak ..
Meskipun penanyanya sendiri, pak Contract, tidak berkenan menggunakannya
(terbukti tidak ada konfirmasi: file itu jalan/tidak spt yg diminta si
embak)
tapi aku "berkenan" kok mbak.. h eh ehe...

Teman teman se grup juga pada pingin punya filenya yg OK, tapi saya yg
disuruh
maju: bilang ke mbak siti...

tks
& wassalam
HerrSoe Cakil

2011/5/26 STDEV(i) <[hidden email]>

> [...]
> pemberitahuan baik itu message box atau yang lain.

Re: [belajar-excel] Menampilkan gambar di folder berdasarkan kode yang dipilih

sofyanefendi
Administrator
Dear Mas HerrSoe, kalau lokasinya bisa dimana saja, sulit juga bagi Excel mengetahui folder nya yg mana. Barangkali yg dimaksud, folder image nya berada satu path dengan file excel nya yah? Maka bisa menggunakan kode:

ActiveWorkbook.Path & "\NamaFolder_Image\"

ActiveWorkbook.Path akan menghasilkan nilai string, lokasi path tempat file Excel yang sedang aktif digunakan. Dengan demikian, cukup nama imagenya saja yang diisi di sheet / cell tempat lokasi image, tidak perlu dengan pathnya, misal : nama_gambar.jpg , tidak ditulis lagi c:\nama_folder\nama_gambar.jpg. Sedikit modif di VBA nya Mbak Siti :

     ' mencari nama file di tabel
      r = WorksheetFunction.Match(Target, KdColl, 0)
      FileNm = ActiveWorkbook.Path & "\NamaFolder_Image\" & PicCol(r, 1).Text

Wassalaamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,
Sofyan Efendi.
http://opi.110mb.com/

> [...]

    -siti-

Re: [belajar-excel] Menampilkan gambar di folder berdasarkan kode yang dipilih

lhooo ketinggalan kamu herr... herr.
kemana aja - 2 minggu gak cium tangan mbakyu-nya...
keluyuran sama Adek Mbelink ya ??

ituhh file sudah dibuat tanpa kamu minta...
hanya saja karena ada file image-nya sekitar 25 files walalupun 20 KB-an
total file sizenya (sudah di zipped) tetap = *780 KB*

daripada melanggar aturan milis kalau saya lebih baik gak jadi posting
flienya di upload ke o/l_shared_folder siti di box.nyet

nama file : ctv_Insert_Pincture_into_SheetCell(macro).rar<http://www.box.net/shared/dui8ktrdd9>
modifikasi dari file yg dikirim ke milis.. kemaren...
url : http://www.box.net/shared/dui8ktrdd9
buruan di donlot sebelum tak cabut lagi...

wassalamu alaikum wr wb...
STDEV(i)

~siti

Re: [belajar-excel] Menampilkan gambar di folder berdasarkan kode yang dipilih

HerrSoe
Ooo ada to.. "konfirmasi penerimaan solusi" dari pak Contract...
Kemarin belum kelihatan...

Tetapi di surat  tsb tidak ada berita bahwa rumus / makro:  applicable
atau tidak yaa,,,
( katanya..  hal ini cara standar bertanya jawab ?? )
mungkin solusinya tidak terpakai oleh pak Contract..

kalau di kompie ku makro pertama maupun makro ke2 dari mbak siti iitu
bisa jalan dengan baik..
makasih kedua makronya ya "bu" siti  (tuwir banget yak kayaknya.)

terima kasih juga kepada pak Franz SOG untuk makro alternatifnya

kepada ysh bapak Sofyan,
terima kasih pak; tambahan dari bapak semakin melengkapi pelajaran buat kami...

HerrSoe