[belajar-excel] Menampilkan gambar di folder berdasarkan kode yang dipilih

12

[belajar-excel] Menampilkan gambar di folder berdasarkan kode yang dipilih

Contract Mining Assistant, Asam-Asam
Dear teman teman belajar excel,

Gimana ya menampilkan gambar yang ada yang mana sesuai dengan kode buku
yang dipilih,
Asumsinya gambar sudah tersedia di folder seperti pada cell "H2:H11"
yangmana nama gambar disesuaikan dengan kodebuku.

jadi begitu kode buku dipilih maka nama gambar yang sesuai dengan kode
buku akan tampil
dan jika tidak ada gambar dengan kode buku yang dipilih maka akan ada
pemberitahuan baik itu message box atau yang lain.

Terima kasih banyak sebelumnya

Salam, Rasyid

@File terlampir
Disclaimer   -   This  message  including any attachments and information contained
herein  ("Message" ) may contain  privileged information  or otherwise is protected
from  disclosure. Any  unauthorized use of this  Message  by any person may lead to
legal consequences.  If  you  receive this   Message  in error, or if the recipient
of this  Message  is not the intended recipient or the employee or agent authorized
for delivering this  Message to the intended recipient you are hereby notified that
any  disclosure,  dissemination, distribution  or copying of this Message or let or
cause this Message to be disclosed,disseminated, distributed, or copied is strictly
prohibited, and please notify the sender by  return message  and immediately delete
this  Message  from your system.   Incoming and outgoing  communications using this
electronic mail may be monitored by PT Arutmin Indonesia,as permitted by applicable
law and regulations. Unless it is made by the authorized person,any views expressed
in this Message  are those of the individual sender and may not necessarily reflect
the views of PT Arutmin Indonesia.
You should check attachments for viruses and defects before opening or using them.
We are not liable to recover any injuries caused by virused or defected attachments.

Perpustakaan Digital.xls (22K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Menampilkan gambar di folder berdasarkan kode yang dipilih

Franciscus SOG
Dear Rasyid,

Diambil dari sumber yang sudah tidak ingat namanya, hanya simpan
filenya saja. Semoga membantu.

Berikut macronya :

Function ShowPicD(PicFile As String) As Boolean
'Same as ShowPic except deletes previous picture when picfile changes
  Dim AC As Range
  Static P As Shape
  On Error GoTo Done
  Set AC = Application.Caller
  If PicExists(P) Then
     P.Delete
  Else
  'look for a picture already over cell
     For Each P In ActiveSheet.Shapes
        If P.Type = msoLinkedPicture Then
           If P.Left >= AC.Left And P.Left < AC.Left + AC.Width Then
              If P.Top >= AC.Top And P.Top < AC.Top + AC.Height Then
                 P.Delete
                 Exit For
     Next P
  End If
  Set P = ActiveSheet.Shapes.AddPicture(PicFile, True, True, AC.Left,
AC.Top, 200, 200)
  ShowPicD = True
  Exit Function
Done:
  ShowPicD = False
End Function

Function PicExists(P As Shape) As Boolean
'Return true if P references an existing shape
  Dim ShapeName As String
  On Error GoTo NoPic
  If P Is Nothing Then GoTo NoPic
  ShapeName = P.Name
  PicExists = True
NoPic:
  PicExists = False
  MsgBox "Picture not found.", vbInformation, "Attention.."
End Function

Blessings,

Fran'z

On 5/26/11, Contract Mining Assistant, Asam-Asam
<[hidden email]> wrote:

> [...]
> dan jika tidak ada gambar dengan kode buku yang dipilih maka akan ada
> pemberitahuan baik itu message box atau yang lain.

fran'z_Perpustakaan Digital 20110526.xls (67K) Download Attachment

[belajar-excel] Merubah angka menjadi tanggal

Mohammed Asseggaf
Halo semua,...

Ada pertanyaan yang simple nih,...

Saya dapet data dari salah satu sumber, di dalam kolom tanggalnya itu berbentuk angka seperti

25052011 yang seharusnya (25 may 2011)

Bagaimana caranya untuk merubah ke format date ? Saya sudah mencoba mengganti format datenya tetap tidak bisa, keluarnya #################.

Makasih sebelumnya,...

Muhammad Asseggaf

RE: [belajar-excel] Merubah angka menjadi tanggal

agung_widodo
Kolomnya kekecilan pak.
Ukuran Kolom dilebarin atau font size dikecilin.

________________________________

Re: [belajar-excel] Merubah angka menjadi tanggal

Mohammed Asseggaf
Udah di coba,.... masih aja kok,....

kayanya perlu formula atau format tertentu deh

  Ukuran Kolom dilebarin atau font size dikecilin.

Re: [belajar-excel] Merubah angka menjadi tanggal

siti Vi
Administrator
mbok disebutkan...
*pc languange & regional settingnya apa*
jelasnya  date formatnya menganut DD/MM/YYYY atau MM/DD/YYYY
biyar member lain yg mau bantu dimudahkan...

~siti

RE: [belajar-excel] Merubah angka menjadi tanggal

agung_widodo
Coba kalau bapak bisa sel tersebut di klik, pilih format sel, Number lalu copy screen kirim ke milis,
atau cara gampangnya kirim file sampel

________________________________
kayanya perlu formula atau format tertentu deh

Ukuran Kolom dilebarin atau font size dikecilin.

________________________________

Re: [belajar-excel] Merubah angka menjadi tanggal

Mohammed Asseggaf
masalahnya itu juga udah saya rubah,... dari dd/mm/yyy ke mm/dd/yyy atau sebaliknya

tetep aja

      Ukuran Kolom dilebarin atau font size dikecilin.

Re: [belajar-excel] Merubah angka menjadi tanggal

raya hidayat
coba :
misal data di C6 dengan tulisan 25052011
=DATE(RIGHT(C6,4),MONTH(MID(C6,3,2)),DAY(LEFT(C6,2)))

2011/5/26 <[hidden email]>

> Coba kalau bapak bisa sel tersebut di klik, pilih format sel, Number lalu
> copy screen kirim ke milis,
> atau cara gampangnya kirim file sampel
>
>  ------------------------------

Raya

Re: [belajar-excel] Merubah angka menjadi tanggal

Herry Sutjipto
Misalkan letak "25052011" ada di B6 maka rumusnya adalah:
=DATEVALUE(LEFT(B6;2)&"-"&MID(B6;3;2)&"-"&RIGHT(B6))
selanjutnya di cell yang berisi rumus di atas tinggal diformat date sesuai kemauan.
Oke ...?????

Muhammad Asseggaf

Re: [belajar-excel] Merubah angka menjadi tanggal

Herry Sutjipto
coba dulu rumus saya pak!

> [...]

tetep aja

>jelasnya  date formatnya menganut DD/MM/YYYY atau MM/DD/YYYY
>biyar member lain yg mau bantu dimudahkan...

ok nanti saya coba kalau dah sampai kantor :)

saya kirimin deh filenya sekalian,..

makasih,..

Re: [belajar-excel] Merubah angka menjadi tanggal

siti Vi
bukannya rumus itu masih salah ??
RIGHT(B6) menghasilkan "1"

~siti

Re: [belajar-excel] Merubah angka menjadi tanggal

Herry Sutjipto
check dulu aslinya dalam format angka atau text!
kalau text rumusnya kayak gitu tadi
kalau angka ya diubah dulu menjadi text gitu aja kok refot ......

> [...]

>=DATEVALUE(LEFT(B6;2)&"-"&MID(B6;3;2)&"-"&RIGHT(B6))
>selanjutnya di cell yang berisi rumus di atas tinggal diformat date sesuai kemauan.

sofyanefendi
Dear Mas Asseggaf, please send filenya, sepertinya itu karena cell nya sudah diconvert kedalam format text, maka tidak bisa diubah formatnya. Alternatifnya, menggunakan rumus LEFT, MID dan RIGHT. Atau cara tercepat, block seluruh cell/range yang berisi angka aneh tersebut, lalu klik ribbon Data -> Text to Column. Kemudian pilih Delimited, lalu Next. Hilangkan seluruh tana centang, kemudian Next. Kemudian pada pilihan Column data format, pilih option "Date". Klik Finish. Maka sekarang sudah berubah semuanya kedalam format date.

Wassalaamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,
Sofyan Efendi.
http://opi.110mb.com/

Re: [belajar-excel] Merubah angka menjadi tanggal

Herry Sutjipto
sudah diuji coba ..... tapi sumber nya text

2011/5/26 Herry Sutjipto <[hidden email]>

>coba dulu rumus saya pak!

he he he ... dikandani kok ngeyel ..... iya mestinya rumusnya spt di bawah ini:

=DATEVALUE(LEFT(B6;2)&"-"&MID(B6;3;2)&"-"&RIGHT(B6;2))

Ngapunten nggih ......

Re: [belajar-excel] Merubah angka menjadi tanggal

Mis. angka 25052011 ada di sel A1 dan kita ingin mengetik tanggalnya di sel B1,
maka pada sel B1 diketik :

=DATE(RIGHT(A1,4),MID(A1,3,2),LEFT(A1,2)) kemudian di format date.

Jika formatnya english US maka munculnya seperti ini
25-May-11

Regards,
Hendrik Karnadi

________________________________

Muhammad Asseggaf

Bls: [belajar-excel] Merubah angka menjadi tanggal

ghozi alkatiri
Assalamu alaikum

misalkan angka yang ente maksud ada di A1

maka buat formula di sebarang cell

=DATEVALUE(LEFT(A1;2)&"/"&MID(A1;3;2)&"/"&RIGHT(A1;4))

akan menghasilkan angka  40688 selanjutnya rubah custom date sesuai kemauan ente .insya Allah hasilnya akan seperti yang ente harapkan

wassalam

Ghozi Alkatiri

Dari: Muhammad Assegaf <[hidden email]>
Judul: [belajar-excel] Merubah angka menjadi tanggal
Kepada: [hidden email]
Tanggal: Kamis, 26 Mei, 2011, 3:09 PM

#################.

Makasih sebelumnya,...

Muhammad Asseggaf

Re: [belajar-excel] Merubah angka menjadi tanggal

siti Vi
gini lho ya

sepertinya HAMPIR semua orang memberi rumus hanya berdasarkan setting
seperti di pc nya sendiri (melupakan kemungkinan bah setting pc pak assegaf
bisa lain dengan pc kita)

makanya saya tadi tanya dulu *setting lang & regional *nya spt apa?
tapi malah jawabnya: " soalnya sudah saya ganti ganti.." / ini bukan
jawaban.

jadi kata terakhir nih:
pakailah rumus yg aman, yg tidak mengingat setting penampakan Tgl.
yaitu rumus berbasis fungsi DATE *seperti yg diusulkan pak RAYA dan pak
HENDRIK* itu

=*DATE*(4AngkaTahun, 2AngkaBulan, 2AngkaTgl )

tiap komponen dapat di ambil dengan  fungsi text
AngkaTH  = RIGHT(A1,4)
AngkaBL  = MID(A1,3,2)
AngkaTG  = LEFT(A1,2)

Fungsi DATE juga baik hati; karena ketiga argumennya bila kita tidak sempat
mengkonversi
menjadi BILANGAN (masih berupa TextAngka) dia tahu sendiri  harus berbuat
apa.

(hasil LEFT, MID dan RIGHT itu walau pun = angka,  tetapi bukan bilangan)
tapi fungsi DATE mau menerimanya sebagai Bilangan

Rumus itu tidak mempedulikan apakah data sumbernya  = bilangan atau text
kalau perlu di TRIM DULU  :  A1 diganti dengan  TRIM(A1)
agar lebih aman, yaitu mengantisipasi data sumbernya mengandung spasi
dikanan kirinya.

Kalau kita mengandalkan fungsi *DATEVALUE*, isi (argument) nya harus *berupa
text *
*penampakan Tanggal yg dikenal oleh excel berdasarkan setting **yg berlaku *
*di PC **yg digunakan, *
*
*
Makanya jika tidak jelas benar (infonya hanya sepotong sepotong spt nfo pak
assegaf ini)
penggunaan DATEVALUE mengandung risiko gagal. (karena terbolak baliknya
letak kompnen
Bulan vs Tanggal. (karena kita menyangka setting pc pak assegaf PASTI SAMA
dengan
setting pada PC yg sedang kita pakai)

Mudah mudahan seperti itu suasananya....
CMIIW

~siti
12