Quantcast

[belajar-excel] Mengambil Data Terakhir tepat diatas cell

[belajar-excel] Mengambil Data Terakhir tepat diatas cell

Maya Pada
Assalamu'alaikum wrwb

Semangat pagi pakar exel dan pemula kayak saya :)
Nambah lagi ah..kali aja bermanfaat buat yang lain..kemarin sdh diberi solusi untuk mengambil data teakhir input.
Sekarang saya mau tanya kalo yang mau diambil data terakhir diatas cell tertentu gimana ya..

Salam > Maya

Mengambil Data Terakhir tepat diatas cell.xlsx (13K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Mengambil Data Terakhir tepat diatas cell

Miss Jan Raisin
Wa'alaikumsalam wr. wb.,

sebelum ikut coba-coba urun solusi.. Jan mau nanya dulu sama antie Maya,

1. apakah jumlah di data pertama harus selalu 1?
2. lalu di baris 22 kenapa nilainya 8 ya? apakah ada aturan lain yang belum
disebutkan?

Wassalam,

-Miss Jan Raisin-

Pada 5 Februari 2013 07.33, Maya Pada <[hidden email]> menulis:

> [...]
> tertentu gimana ya..
>
> Salam > Maya

Re: [belajar-excel] Mengambil Data Terakhir tepat diatas cell

Karena pertanyaan Jan belum dijawab oleh antie Maya, jadi ini adalah solusi
Jan berdasarkan syarat yang ditulis di sample file:

*Kolom Jumlah akan menjumlahkan nilai disampingnya dengan data terahir
diatas cel penjumlahannya*

jadi seharusnya nilai di baris ke-2 adalah 5 bukannya 1
dan nilai di baris ke-22 adalah 37 bukannya 8

solusi dengan VBA:

tulis script di bawah ini ke dalam sebuah module VBE

Option Explicit

Sub SubTotal()
    Dim lRow As Long
    Dim iTotal As Integer
    Dim rgNumber As Range, rgNbr As Range

    Application.ScreenUpdating = False
        lRow = Cells(Rows.Count, 1).End(xlUp).Row
        Set rgNumber = Range(Cells(2, 1), Cells(lRow, 1))
        For Each rgNbr In rgNumber
            If Len(rgNbr) > 0 Then
                iTotal = iTotal + rgNbr.Value
                rgNbr.Offset(, 1).Value = iTotal
            End If
        Next rgNbr
    Application.ScreenUpdating = True
End Sub

Insert sebuah shape lalu assign macro di atas ke dalam shape tersebut

Wassalam,

-Miss Jan Raisin-

Pada 5 Februari 2013 09.42, Jan Raisin <[hidden email]> menulis:

> [...]
>
> **

Re: [belajar-excel] Mengambil Data Terakhir tepat diatas cell

Wa'alaikumussalam Wr. Wb.

Asumsi pola :
nilai kolom A ditambah dengan nilai terakhir kolom B sebelum baris yang
diproses

Formula di B2 :
=IF(LEN(A2),IFERROR(LOOKUP(9^9,B$1:B1),0)+A2,"")

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.,
Kid.

2013/2/5 Maya Pada <[hidden email]>

> [...]
> tertentu gimana ya..
>
> Salam > Maya

RE: [belajar-excel] Mengambil Data Terakhir tepat diatas cell

M. Ferdiansyah
Wa'alaikum salam,

Berhubung data bersifat akumulasi / penjumlahan dari data" sebelumnya, coba
dengan rumus :

=If(A5="","",A5+max($B$2:B4))

Salam,

Ferdy

[...]

image001.jpg (494 bytes) Download Attachment