Quantcast

[belajar-excel] Menggabungkan sheet

dioni aditama
Pagi semua.
Saya mendapatkan kesulitan untuk menggabungkan sheet. Mohon bantuannya ya.

If Left(W.Name, 4) <> "comb" Then
         Set MoveTbl = W.Cells(6).CurrentRegion.Offset(6, 0)
         Set MoveTbl = MoveTbl.Resize(MoveTbl.Rows.Count - 1, MoveTbl.Columns.Count)
         tRows = MoveTbl.Rows.Count
         Urutan = Urutan & W.Name & vbTab & vbTab & tRows & vbCrLf
         MoveTbl.Copy Destination:=DestRange
         Set DestRange = DestRange.Offset(tRows, 0)

Arti dari Set MoveTbl = MoveTbl.Resize(MoveTbl.Rows.Count - 1
apa ya?tabel yang akan saya copy mulai dari A7, jadi Set MoveTbl = W.Cells(6).CurrentRegion.Offset(6, 0)
Dengan code diatas yang tercopy cuma 1 baris A7 aja dari 12 sheet

Melihat contoh :
Sub GabungTabelSheet()

   Dim W As Worksheet, Urutan As String
   Dim MoveTbl As Range, DestRange As Range
   Dim N As Long, tRows As Long
   Const msg As String = "Penggabungan Selesai." & vbCrLf & vbCrLf & _
                         "SheetName: | RowsCount:" & vbCrLf
   Set DestRange = Sheets("combine").Range("A2")
   N = 0
   For Each W In Worksheets
      If Left(W.Name, 4) <> "comb" Then
         Set MoveTbl = W.Cells(1).CurrentRegion.Offset(1, 0)
[...]
         N = N + CLng(tRows)
       End If
   Next W
   Application.CutCopyMode = False
   MsgBox msg & Urutan & "Total Rows digabung:  " & N, vbInformation, "LAPORAN...:"
End Sub

contoh ini pas di run macronya smua tercopy dan jika saya tambah 1 baris dan saya run ulang baris itu jg ikut tercopy.

Mohon bantuannya ya?

Terima Kasih

Dioni

Re: [belajar-excel] Menggabungkan sheet

OntoSeno
Dear Dioni,

Tanpa melihat bentuk, letak, dimensi dan isi tabelnya di Sheet; dan hanya diperlihatkan POTONGAN makronya saja, tidak mudah bagi seseorang untuk memahaminya, apalagi memperbaiki bugs atau pun ketidak cocokan makro dengan tabelnya.

Jika mas Dioni berkenan melampirkan workbooknya, atau  (jika seandainya makro tsb bukan karya sendiri, menunjuk suatu link dimana workbook tsb diambil, mungkin ada members yg dapat memberi saran-saran..

Best regards,
o'Seno

Dioni wrote
[...]

Dioni

Re: [belajar-excel] Menggabungkan sheet

Selamat Pagi Dioni,

Andai ada sekelumit contoh datanya, maka akan lebih mudah bagi BeExceler
untuk membantu menyusun solusi.

Contoh yang anda gunakan, memiliki tabel dengan header 1 baris di baris 1
mulai cell A1 dan tidak ada kolom kosong tanpa header. Data (record pertama)
mulai dari baris 2 dan tidak pernah ada baris kosong antar record. Oleh
sebab itu penggunaan currentregion menjadi lebih efektif.

Tabel yang akan anda olah mulai dari A7. Mari diasumsikan pada tabel yang
akan disalin,
1. baris *A7 adalah header dan hanya berisi 1 baris* tanpa ada kolom kosong
tak ber-header.
2. *record pertama mulai dari A8* dan tidak ada baris kosong antar record.
3. data yang disalin adalah seluruh data dengan struktur yang sama pada
seluruh sheet yang namanya diawali dengan kata comb
Hal ini berarti, tabel data berupa sebuah area bersambung yang dibatasi
baris kosong setelah record terakhir dan kolom kosong setelah header
terkanan.

Nama sheet destinasi sebaiknya tidak diawali dengan comb agar lebih simple.
Jika tabel destinasi adalah combine, maka 4 karakter pertamanya sama dengan
kriteria nama sheet yang datanya akan disalin. Mari diasumsikan nama sheet
destinasi adalah TCombine
Tabel destinasi ada disheet TCombine, header 1 baris di baris 1 mulai A1.
Data mulai di A2.

'------- kode mulai disini -----------

'deklarasi variabel
dim lRowDB as long, lRecNew as long, lRows as long
dim rngDestinasi as range, rngNewData as range
dim sht as worksheet
dim sMsg as string

'init range patokan destinasi
set rngdestinasi=sheets("TCombine").range("a1")
lrowdb=rngdestinasi.rows.count
set rngdestinasi=rngdestinasi.offset( lrowdb )

'init variabel pesan
smsg  = "Penggabungan Selesai." & vbCrLf & vbCrLf & "SheetName: |
RowsCount:" & vbCrLf
lrecnew=0

'loop tiap sheet
for each sht in thisworkbook.worksheets
     if instr( lcase$(sht.name) , "comb" ) = 1 then
           set rngnewdata=sht.range("a7").currentregion.offset(1)
           lrows=rngnewdata.rows.count-1
           if lrows>0 then      'siapa tahu ada sheet yang isinya hanya
header tanpa ada record data
                 'copas
                 rngnewdata.resize(lrows).copy rngdestinasi.offset(lrecnew)

                 'set nilai keterangan
                 smsg=smsg & sht.name & vbTab & vbTab & lrows & vbCrLf
                 lrecnew=lrecnew+lrows
           endif
     endif
next sht

'susun pesan
if lrecnew>0 then
    smsg=smsg & vbcrlf & "Total record baru : " & lrecnew & vbcrlf & _
               "Jumlah record database berubah dari " & lrowdb-1 & " menjadi
" & lrowdb-1+lrecnew & " record(s)"
   msgbox smsg, vbinformation, "LAPORAN......."
else
    msgbox "Tidak ada data yang disalin." & vbcrlf & _
                 "Jumlah record database tetap sejumlah " & lrowdb-1 & "
record(s)", vbexclamation , "LAPORAN......."
endif

'--------- kode selesai disini ------------

** set variabel object range bernama MoveTbl dengan suatu range dalam *
movetbl* yang diubah luasan areanya pada sisi baris menjadi sebanyak jumlah
baris range *movetbl* dikurangi 1.

W.Cells(6).CurrentRegion.Offset(6, 0)

Dengan code diatas yang tercopy cuma 1 baris A7
** Sepertinya letak kebingunannya pada pemahaman object Cells.
cell pertama selalu pada baris ke 1 dan kolom ke 1
Pada object cells yang menjadi properti dari woorksheet, patokannya adalah
A1
Pada object cells yang menjadi properti dari suatu range, patokannya adalah
range terpojok kiri atas dari object range tertentu tersebut.

Contoh pada penggunaan* cells sebagai properti worksheet* :
Syntax : Cells( [rowindex] , columnindex )    --> tanda kurung siku artinya
optional dan ada nilai defaultnya
Cells( 3 , 4 ) artinya cell di baris ke-3 dan kolom ke-4, yaitu D3
Cells( 1 , 5 ) artinya cell di baris ke-1 dan kolom ke-5, yaitu E1
Cells( , 5 ) sama dengan cells( 1 , 5 ) karena nilai default rowindex adalah
1
Cells( 2 , 1 ) artinya cell di baris ke-2 kolom ke 1, yaitu A2

syntax : Cells( [items] )
Cells( 1 ) artinya cell pertama, di Excel, cell pertama adalah A1
Cells( 6 ) artinya cell keenam, di Excel, cell keenam adalah F1 (bergerak
arah horisontal sepanjang kolom, kemudian pindah baris)
Cells( ) artinya semua cells yang ada di worksheet

Jadi, pada W.Cells(6).CurrentRegion.Offset(6, 0) berarti :
"pada worksheet W cells ke 6 (yaitu F1) tentukan area bersinggungannya
(currentregion) kemudian lompat 6 baris dan 0 kolom (Offset)"

Salam.
Kid.

On Sun, Sep 11, 2011 at 05:31, Dioni <[hidden email]> wrote:

> [...]
>
> contoh ini pas di run macronya smua tercopy dan jika saya tambah 1 baris
> dan saya run ulang baris itu jg ikut tercopy.

[belajar-excel] Re: Menggabungkan sheet

dioni aditama

Selamat Malem Pak o'Seno, saya ingin melampirkan filenya,tp caranya gimana ya?di post messege group gak ada button lampirkan file

Re: [belajar-excel] Menggabungkan sheet

dioni aditama
Ini saya lampirkan filenya,tolong dbantu ya :)

Terima Kasih

Dioni

Book1.xlsm (80K) Download Attachment

[belajar-excel] Mengetahui Nama di sebuah database

bagusejogja
salam kenal buat master master excel semua.... saya mau menanyakan bagaimana mengetahui sesuatu nama di sebuah databased yang tidak/belum tercover sumif. Seperti dibawah ini :
Data :
a=1
b=2
a=2
b=3
jika saya hanya sumif a jadi hasilnya 3. Jika data sedikit seperti diatas saya mengetahui yang belum saya sumif  adalah b, bagaimana untuk mengetahui nama yang belum ter sumif jika data banyak.
terimakasih

catatan Mods:
ysh pak djokdja

Posting pak sejogja ini semula (sebelum kami edit)
berSubject Re: [belajar-excel] Menggabungkan sheet
(dgn cara membalas posting dari Dioni ttg 12 sep 2011.

* Menanyakan Hal Baru hendaknya dengan membuat Email baru
dengan Subject Baru (tidak dengan membalas email Subject
lain yg tidak ada hubungannya, antara lain agar Subject
dan isi/topik yg dibicarakan = nyambung... mbung !

* Tiadanya-Lampiran-Worksheet, juga akan menurunkan
minat-tanggap dari memebers lain, antara lain karena
untuk menjawab saja harus kerja-bakti mengarang data
lebih dulu

tks.-

[belajar-excel] Re: Menggabungkan sheet

belajar-excel-owner
Dear Pak Dioni.

Bagaimana cara mengirim lampiran ke grup / milis [belajar-excel]

Ada beberapa cara mengikuti milis, antara lain melali EMAIL dan langsung
mengunjungi situs Web milis tsb.

Untuk dapat mengirim lampiran ke grup, Anda harus mengirim email dengan
lampiran menggunakan penyedia email Anda (misalnya GMail, YahooMail
dsb.)

Untuk saat ini, ketika posting pesan ke grup melalui web, Anda tidak
dapat mengirim lampiran (meskipun ini adalah fungsi Yahoo! Groups akan
menawarkan di masa depan).

Untuk informasi lebih lanjut tentang cara mengirim lampiran melalui
email, silakan berkonsultasi konten bantuan penyedia email Anda.  Untuk
para pengguna Yahoo Mail dapat membaca box di bawah ini.

Bagaimana cara menambahkan lampiran ke email?

Anda dapat menambahkan lampiran kapan saja saat Anda sedang menulis
email.
Berikut adalah cara untuk melakukannya:

** Klik [Lampirkan] (di sebelah simbol penjepit kertas itu) di atas
jendela Tulis.

** Anda akan mengenali komputer Anda yang biasa file-locating window,
bukan Yahoo! Mail.
** Cari file yang ingin Anda lampirkan.  Klik Open  atau  OK.

** Anda akan melihat nama file muncul di atas jendela Tulis Anda. Jika
Anda ingin menambahkan
      lampiran, ulangi proses ini. Anda dapat terus menambahkan lampiran
sampai Anda mencapai
      batas 25MB email.

** Jika Anda memutuskan untuk tidak menyertakan lampiran, klik Hapus di
samping nama dari
      file yang dilampirkan.

Anda dapat mengirim banyak jenis file sebagai lampiran, termasuk dokumen
pengolah kata atau dokumen spreadsheet, file audio, file gambar (bmp,
jpg, gif., Dll), halaman web yang disimpan sebagai file HTML, dan banyak
lagi. Ukuran email maksimum total adalah 25MB.
(untuk milis [belajar-excel ada aturan bahwa lampiran harus  <= 300KB

Bagaimana cara mendowload Lampiran yg ada pada  Posting di Group?

Lampiran Posting di tiap Group (pada Yahoo! Groups /milis)  dapat
berbeda antara milis satu dengan milis lain sesuai setting yg ditentukan
oleh tiap moderatorsnya
http://help.yahoo.com/l/us/yahoo/groups/original/releases/releases-78140\
3.html

Untuk milis [belajar-excel] settingnya adalah:
Lampiran didistribusikan langsung kepada members, tapi tidak
disimpan/tersedia di web milis.

* Anda yg  membership-settingnya = [Individual Mail] / mengikuti milis
melalui email  dapat membuka / men-download Lampiran di  Penyedia Email
anda.

* Anda yg membership-settingnya = [No Mail / Web Only] dan juga [Daily
Digest] masiah dapat mendownloaad Lampiran di salah satu tempat ini
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@.../
<http://www.mail-archive.com/belajar-excel@.../>
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
<http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/>

Di Web milis [belajar-excel],  Anda (apapun setting membership Anda)
tidak dapat  mendownload Lampiran, karena memang sudah si set seperti
itu.
Di Web milis [belajar-excel] Anda hanya dapat membaca message tiap
posting secara lengkap lengkap (dari milis didirikan sampai keadaan
terakhir)

* Anda dapat juga mengikuti kegiatan milis [belajar-excel] (baca
posting, kirim posting, kirim attachment, download attachment)  melalui
Nabble Com
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
<http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/>

jakarta , 11 Sept 2011 /  *ctv
milis belajar-excel { as known as BeExcel }
moderators

--- In [hidden email], "Dioni" <dioniaditama@...> wrote:
> Selamat Malem Pak o'Seno, saya ingin melampirkan filenya,
> tp caranya gimana ya?di post messege group gak ada button lampirkan
file

Re: [belajar-excel] Mengetahui Nama di sebuah database

siti Vi
1.
harus diketahui dulu Daftar Uniq dari nama ya ada
(list of Uniqe Values);  dapat dicari dengan
++ Advancead Filter   (Excel 2003, 2007, 2010)
++ Remove Duplicate   (Excel 2007, 2010)
++ Formula LOUV       (Excel 2003, 2007, 2010)

2
setelah Daftar Uniq ada  ( dimisalkan UniqValues ada di F6:F10)
membuat *daftar nama yg BUKAN kriteria *sangat mudah,
misal dengan array formula

=IF(F6:F10<>F6,F6:F10,"")

3. (kesimpulan sementara)
pemikiran problem secara bertahap, sering mempermudah masalah.

note:  * LOUV = list of unique values

2011/9/12 bagusejogja <[hidden email]>

> [...]
> minat-tanggap dari memebers lain, antara lain karena
> untuk menjawab saja harus kerja-bakti mengarang data

ctv_Daftar nama yg BUKAN Kriteria.xls (22K) Download Attachment
~siti

Re: [belajar-excel] Menggabungkan sheet

Hai Dioni,

Coba file terlampir.
Sebaiknya datatype tanggal adalah datetime.
Tidak ada baris kosong antar record di sheet combine agar mudah digunakan
untuk menyusun report yang bermacam-macam.

Regards.
Kid.

2011/9/12 dioni aditama <[hidden email]>

> **
>

> Ini saya lampirkan filenya,tolong dbantu ya :)
>
> Terima Kasih
>
> Dioni

re-Book1_gabung_data_multi_sheet.xlsm (94K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Mengetahui Nama di sebuah database

Coba bermain-main dengan Pivot Table. Jika belum kenal, coba salim dan
kenalan dengannya. Siapa tahu Pivot Table bisa menjadi salah satu teman baik
anda dalam membuat report.

Regards.
Kid.

> [...]

> minat-tanggap dari memebers lain, antara lain karena
> untuk menjawab saja harus kerja-bakti mengarang data

[belajar-excel] Tolong dibantu buat chart

Ahmad Ghozali, SH
Dear para pakar excel
Saya sedang membuat laporan hasil assesment dari beberapa orang (terlampir),
Hasil akhir yang ingin diketahui dibuat dalam bentuk grafik garis
sehingga dapat dengan mudah diketahui nilai masing-masing orang,
sekalipun hanya dalam satu tabel.
Kesulitan yang saya hadapi adalah mendefinikan sumbu X dan sumbu Y untuk
masing-masing orang.
Mohon bantuannya untuk langkah-langkah pembuatan  chartnya atau syukur
langsung dibuatin chartnya.
terima kasih bin matur nuwun

Ghozali

talent map.xlsx (17K) Download Attachment

RE: [belajar-excel] Tolong dibantu buat chart

jkssxls Sudarsono

Saya coba petunjuk buat Chart berupa PDF, tapi sebelumnya saya ingin mengetahui versi Ms Excel yang Bpaka gunakan 2003 atau 2007?  Kalau ada di situs nanti saya berikan link alamatnya
 To: [hidden email]

Re: [belajar-excel] Tolong dibantu buat chart

Ahmad Ghozali, SH
Oh ya lupa, saya menggunakan excel versi 2007 Pak
tks

salam

link ttg Charthttp://computer1001.blogspot.com/2008/09/cara-membuat-chart-grafik-yang-elegan.htmlhttp://belajar-komputer-mu.com/cara-membuat-grafik-pada-microsoft-excel/berbahasa Indonesia
 To: [hidden email]
From: [hidden email]
Date: Mon, 12 Sep 2011 03:59:13 +0000
Subject: RE: [belajar-excel] Tolong dibantu buat chart

To: [hidden email]

[belajar-excel] Re: Menggabungkan sheet

dioni aditama
Wah bisa pak,ada convert ke tanggalnya pula
Terima kasih pak Kid.
Saya pelajari dan cermati dulu pak,biar bisa :).
Oh iya pak,itu cara manggil fungsinya biar bisa ditekan button combinenya gmn pak,kok gak ada difungsi gabung tabelnya?

MODS NOTE:
DIONI BELUM MEMBACA PERATURAN MILIS
karena postingnya masih BottomPosting
Dimohon pakai jurus Top-Posting
(yg ingin dikatakan di tulis di ATAS email/posting
yg diQuote

--- In [hidden email], "Mr. Kid" <mr.nmkid@...> wrote:
> [...]
> Tidak ada baris kosong antar record di sheet combine agar mudah digunakan
> untuk menyusun report yang bermacam-macam.

Re: [belajar-excel] Re: Menggabungkan sheet

Runtime yang digunakan berupa prosedur Sub yang tidak emmberi nilai balik
tertentu.
Sebuah runtime berupa prosedur Function memberi nilai balik (hasil proses)
tertentu.

Fungsi yang digunakan sebagai formula sebuah cell adalah jenis prosedur
Function.
Penggunaan Function sebagai fungsi untuk cell dibatasi oleh excel, seperti
tidak diperkenankan mengubah nilai di cell lain.

Karena bentuk prosedur adalah Sub, maka dibutuhkan object yang bisa memiliki
event untuk menjalankan suatu prosedur.
Dipilih bentuk sebagai prosedur Sub karena proses melakukan pengubahan pada
cell lain selain cell aktif.

Cara membuat sebuah tombol bisa menjalankan prosedur :
1. Untuk tipe shape (text box, rectangle, dsb) atau form control (button,
dsb)

2. Untuk tipe ActiveX (CommandButton, ComboBox activex, ListBox activex,
textbox activex, dsb)

Regards.
Kid.

P.S. Jangan lupa untuk top posting, buat judul baru (kasus baru) sebagai
email baru dan bukan hasil reply kasus lain, file attachment <250KB, Judul
kasus menyiratkan kasus yang akan diungkapkan, beri penjelasan di body email
tentang kasus yang diungkapkan.

2011/9/12 Dioni <[hidden email]>

> [...]
> yg diQuote

Re: [belajar-excel] Tolong dibantu buat chart

Terima kasih Pak
Link artikelnya sangat bermanfaat
salam
Ghozali