Quantcast

[belajar-excel] Mengganti Huruf Kecil Menjadi Huruf Besar

[belajar-excel] Mengganti Huruf Kecil Menjadi Huruf Besar

A. Ardian
Dear Master B-Exceller,

Sebelumnya terima kasih atas semua share tentang formula dan macro (vba)
yang telah diposting di milis ini (terutama buat Mbak Siti, Mr. Kid, Mr.
Hilman dan master excel yang lainnya), terus terang saya menjadi
terbantu dengan adanya milis ini.

Begini, saya ingin mengganti setiap huruf sesudah spasi dengan huruf
besar, kalau datanya punya dua kata saya sudah berhasil merumuskan
dengan memakai formula :
=UPPER(LEFT(A1,1))&MID(A1,2,FIND(" ",A1)-1)&UPPER(MID(A1,FIND("
",A1)+1,1))&MID(A1,FIND(" ",A1)+2,10)

Akan tetapi, masalahnya jikalau datanya lebih dari dua kata rumus diatas
tidak berhasil sesuai dengan harapan saya.

Contoh :

Data : *g*ilang *r*asyid *p*angestu

Diganti menjadi : *G*ilang *R*asyid *P*angestu

Mohon pencerahan dan solusi untuk formulanya dari para master agar
masalah diatas bisa solved.

Salam,

A. Ardian

Re: [belajar-excel] Mengganti Huruf Kecil Menjadi Huruf Besar

Excel memiliki bult-in function bernama Proper.

Coba :
=Proper( teksnya )

Kid.

2011/5/10 A. Ardian <[hidden email]>

> [...]
>

> Salam,
>

> A. Ardian

Re: [belajar-excel] Mengganti Huruf Kecil Menjadi Huruf Besar

Niki Dwinarni
itu hasilnya kan di cell di mana rumus itu di buat...kalo biar langsung berubah d cell teksnya gmn caranya

Dari: [hidden email] <[hidden email]>
Judul: Re: [belajar-excel] Mengganti Huruf Kecil Menjadi Huruf Besar
Kepada: [hidden email]
Tanggal: Selasa, 10 Mei, 2011, 10:27 AM

Mr. Kid,
Terima kasih atas.petunjuknya.

Re: [belajar-excel] Mengganti Huruf Kecil Menjadi Huruf Besar

Pastikan VBA boleh bekerja.

gunakan tag <proper> untuk membuat data di cell itu sendiri di-proper-kan.

Kid.

2011/5/10 Niki Dwinarni <[hidden email]>

> [...]
>
> Diganti menjadi : *G*ilang *R*asyid *P*angestu
>

> Mohon pencerahan dan solusi untuk formulanya dari para master agar masalah

re-katanya_proper_di_cell_itu_sendiri.xlsm (21K) Download Attachment
re-katanya_proper_di_cell_itu_sendiri.xls (52K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Mengganti Huruf Kecil Menjadi Huruf Besar

siti Vi
jika cell berisi data ( baik berupa konstanta maupun formula)
lalu di cell itu juga diberi formula baru (dengan maksud untuk
memaniipulasikan isi cell itu)
maka sebelum formula bekerja dan sebelum maksud tercapai; data lama sudah HILANG
tertimpa formula yg anda tuliskan.. !!

Jadi maksud mbak niki ini sulit dilaksanakan,
(kecuali dengn cara 2 tahap,  atau dengan bantuan makro)
makro kita bicarakan nanti (gak penting & gak lucu) karena dengan
makro semuanya bisa
(makro itu seperti kita kerja manual, tetapi  aksi kerja nya itu di code kan)

mungkin maksud mbak niki seperti halnya memformat cell yg berisi bilangan
maka di cell itu juga bilangan bisa berubah "penampakannya", misal
format date kan bisa
bermacam macam tampilannya

Sayang sekali TEXT bukan BILANGAN yg dapat dimanipulasikan penampakannya
seperti BILANGAN melalui Number Formatting !!

Penyelesaian dengan formula dua kali kerja

1. tuliskan formula di cell lain
2, copy lah cell / range hasil formula
3. hasil copyannya di PASTE_SPECIAL > VALUE  ke data asal.
4. hapus data yg berupa formula
5 selesai

Tetapi kita tetap menunggu barangkali ada yg punya cara:
tanpa makro, tanpa dua tahap; entah dengan apa;  bisa mengubah text
dlm suatu cell
langsung di cellnya itu.

> [...]

> From: "Mr. Kid" <[hidden email]>
> Date: Tue, 10 May 2011 17:21:07 +0700
>
> Excel memiliki bult-in function bernama Proper.
~siti

RE: [belajar-excel] Mengganti Huruf Kecil Menjadi Huruf Besar

Nicodemus Rusdiyanto
Kenapa ngga pakai rumus yang sudah ada aja ?..

=PROPER(CELL)

Itu Akan Ostosmastis Jadi Seperti Ini, Berapapun Karakternya.

Rgds, Nico