Quantcast

[belajar-excel] Menghapus Data Yang Sama Di Sheet Yang Berbeda

[belajar-excel] Menghapus Data Yang Sama Di Sheet Yang Berbeda

indria pie
Mohon bantuan para suhu excel yang terhormat,

saya mau menghapus data di sheet 1 tapi apabila baris tersebut dihapus otomatis data yang sama di sheet lain akan otomatis terhapus, mohon pencerahannya??klo bisa pake formula aja ya.....
pake macro juga boleh (tapi mohon diajarkan step by stepnya)
saya sertakan file contoh kasus saya,

terima kasih - matur nuwun n salam be exceler

-snupy-

biodata-ke milis.xlsx (90K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Menghapus Data Yang Sama Di Sheet Yang Berbeda

mas Snupy,

Untung *sheet lain* (sheet hasil, yaitu sheet2) berisi formula semua.
Jadi sheet2 adalah sebuah summary output yang dipilih oleh user saja. Dan
milihnya melalui input angka ke kolom B di sheet data (sheet1).

Pada sheet2, kolom B. Record hasil mulai di baris 4 Excel, maka pada cell
B4 diisi formula :
=*SMALL(Sheet1!$B$7:$B$15,ROW()-ROW($B$3))*
bahasa manusianya :
"Pada data di sheet1 kolom B [Sheet1!$B$7:$B$15], tolong diurutkan secara
ascending dan ambil mulai dari yang terendah [Small] ke-nomor baris hasil
[ROW()-ROW($B$3)]"
Syaratnya, data yang diproses (kolom B di sheet1) harus bertipe numerik.

Formula Small di atas, bisa menghasilkan error kalau ternyata  nomor baris
hasil lebih dari jumlah data yang bisa diproses oleh si small.
Untuk mengurangi resiko buruk rupanya tampilan nilai error, bisa digunakan
salah satu dari beberapa cara berikut :
1. Pada xl2007 ke atas, pakai fungsi error trap andalan bernama IFError.
=IFError( *SMALL(Sheet1!$B$7:$B$15,ROW()-ROW($B$3))*  , 0 )

2. Pada seluruh versi Excel, bisa manfaatkan IF untuk cek jumlah data di
sheet1 kolom B yang numerik (*Count*), dibandingkan dengan nilai nomor
baris hasil [ROW()-ROW($B$3)].
Jika nomor baris hasil *lebih dari *hasil *Count*, maka si Small pasti akan
menghasilkan error.
=IF(  ROW()-ROW($B$3) * >*  *COUNT( Sheet1!$B$7:$B$15 )*  ,  0  ,  *SMALL(
Sheet1!$B$7:$B$15 , *ROW()-ROW($B$3)  *)*  )

Cara error trap yang bisa digunakan masih ada banyak lagi, dan silakan
dikembangkan.

2012/9/14 indria pie <[hidden email]>

> [...]
> pake macro juga boleh (tapi mohon diajarkan step by stepnya)
> saya sertakan file contoh kasus saya,
>
> terima kasih - matur nuwun n salam be exceler

re-biodata-ke milis.xlsx (89K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Menghapus Data Yang Sama Di Sheet Yang Berbeda

Hilman
Semoga membantu....
Pake Macro ya...

caranya... pilih baris yang akan dihapus (delete) bisa. Pointernya bisa menunjuk ke kolom apa saja, yang penting barisnya harus sesuai.
Tekan Ctrl+Shift H.

Untuk penjelasan step by step nya, bisa langsung dilihat di VB editor.
Saya sudah berusaha menjelaskan semampu saya, mudah-mudahan bisa dimengerti.

Regards
Hilman

________________________________

hapus record otomatis.xlsm (101K) Download Attachment

Bls: [belajar-excel] Menghapus Data Yang Sama Di Sheet Yang Berbeda

indria pie
terima kasih Mr Kid dan Bp. Hilman
=> untuk bp. hilman sudah berhasil tapi setelah saya aplikasikan ternyata di sheet2 di kolom 'total' angka yang dibawahnya menjadi error karena formulanya jadi REF#+1, klo dibuat seperti memakai formula yg dari Mr. Kid gimana ya pak?di revisi dibagian mananya di VB Editor.
*maaf nanya lagi

salam
-snupy-

 Dari: Hilman <[hidden email]>
Kepada: "[hidden email]" <[hidden email]>
Dikirim: Jumat, 14 September 2012 17:25
Judul: Re: [belajar-excel] Menghapus Data Yang Sama Di Sheet Yang Berbeda

[...]

Coba ganti formula pembuat nomornya (sheet hasil yang ada formulanya) di
kolom A :
=if(c4="",max(a$3:a3)+1,"")