Quantcast

[belajar-excel] Menghapus karakter di belakang Spasi ke 2

[belajar-excel] Menghapus karakter di belakang Spasi ke 2

Ratno Hadi Suswanto

Dear Be-exceler,

Minta pencerahan bagaimana menghilangkan karakter yang ada setelah spasi ke 2 dari kiri (memisahkan kode product dan descriptionnya) seperti contoh terlampir.

Thank's a lot untuk pencerahannya.

Best regards,
RHS

Menghilangkan karakter setelah spasi ke dua.xlsx (15K) Download Attachment

Bls: [belajar-excel] Menghapus karakter di belakang Spasi ke 2

Undang Satrianie
Coba :
=TRIM(LEFT(SUBSTITUTE(A2;" ";REPT(" ";LEN(A2)));2*LEN(A2)))

Angka 2 Adalah Menunjukan Spasi Ke-2

________________________________
Dari: Ratno Hadi Suswanto <[hidden email]>
Kepada: [hidden email]
Dikirim: Rabu, 5 Oktober 2011 17:19
Judul: [belajar-excel] Menghapus karakter di belakang Spasi ke 2

[...]

xxx.Menghilangkan karakter setelah spasi ke dua.xlsx (16K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Menghapus karakter di belakang Spasi ke 2

Ikutan ah
=LEFT(A2,FIND(" ",A2,8)-1)
Asumsi : kode produk selalu memiliki jumlah digit yang tetap.

Kid.

2011/10/5 Ratno Hadi Suswanto <[hidden email]>

> [...]
>
> Best regards,
> RHS

Re: [belajar-excel] Menghapus karakter di belakang Spasi ke 2

siti Vi
Administrator
sudah kehabisan idea formula, akhirnya pakai UDF
sekalian untuk keperluan lain

"Filosofi" nya begini:
Kalau ada Fungsi LEFT(String, N):
  mengambil *Karakter* dari KIRI sebanyak  N Karakter
mengapa tidak ada fungsi   LEFTWORD(String, N) :
  mengambil* Kata kata *dari KIRI sebanak N Kata

Maka sekarang diadakan-lah  fungsi *LeftWord*
sintaksnya
*=LeftWord(Kalimat, N)*
Jika N diisi 3 maka hasilnya adalah* 3 kata* dari kiri
N diisi 5 hasilnya 5 kata pertama dari kallimat, dst

Pada Kasus Bp Ratno HS, formula nya adalah
=LeftWord(A2,2)

'--- listing Procedur Function -----

Function Leftword(S As String, N As Long) As String
   Dim i As Long, ArS
   ArS = Split(" " & Trim(S), " ")
   For i = 1 To N
      Leftword = Leftword & ArS(i) & " "
   Next
   Leftword = Trim(Leftword)
End Function

2011/10/5 Kid Mr. <[hidden email]>

> **
>
> Ikutan ah
> =LEFT(A2,FIND(" ",A2,8)-1)
> Asumsi : kode produk selalu memiliki jumlah digit yang tetap.
> Kid.

c__Mengambil Dua Kata Pertama.xlsm (21K) Download Attachment
~siti

[belajar-excel] Re: Menghapus karakter di belakang Spasi ke 2

summonery
Administrator
coba,
=TRIM(LEFT(SUBSTITUTE(A1," ",REPT(" ",99)),2*99))
formula excel tersebut hanya mengambil 2 kata pertama

--- In [hidden email], "STDEV(i)" <setiyowati.devi@...>

  End Function

[belajar-excel] Re: Menghapus karakter di belakang Spasi ke 2

summonery
Administrator
Ooops, ternyata sudah ada yg menjawab dengan tipe formula yang
sama,berikut ini +1
=LEFT(A2,(FIND("|",SUBSTITUTE(A2," ","|",2)))-1)
formula tersebut mengambil 2 kata pertama

--- In [hidden email], "summonery" <summonery@...> wrote:

> [...]
>   =LeftWord(A2,2)
>

>   '--- listing Procedur Function -----
>
>   Function Leftword(S As String, N As Long) As String

RE: [belajar-excel] Re: Menghapus karakter di belakang Spasi ke 2

Ratno Hadi Suswanto

Ternyata...setelah saya applikasikan semua fungsi dari temen2...begitu dicheck, alamakkkk....ada penulisan product yang diluar jalur sehingga fungsi-fungsi tadi tidak sesuai lagin.....
Saya sudah coba dengan fungsi-fungsi lainnya.

Ada tidak fungsi yang lebih "cerdik" dan "ringakas" untuk menyelesaikannya.

Mbak Siti...UDF lagi aku coba nih....

Thx a lot & Regards,
RHS

To: [hidden email]
From: [hidden email]
Date: Wed, 5 Oct 2011 12:34:48 +0000
Subject: [belajar-excel] Re: Menghapus karakter di belakang Spasi ke 2

Menghilangkan karakter setelah spasi ke dua.xlsx (17K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Re: Menghapus karakter di belakang Spasi ke 2

Coba :
=TRIM(LEFT(A2,FIND(" ",SUBSTITUTE(REPLACE(A2,FIND(" SNOW",A2&" SNOW"),99,"
> [...]

> formula tersebut mengambil 2 kata pertama

RE: [belajar-excel] Re: Menghapus karakter di belakang Spasi ke 2

ghozi alkatiri
idealnya contoh yang dikemukakan harus mewakili permasalahan dengan dengan segala kemungkinan dan perkecualian yang  akan muncul. sehingga para pemberi solusi akan mengantisipasi  hal ini.
pada kasus ini contoh awal yang dilampirkan dengan kenyataan akhir yang dikemukakan sangat berbeda.dan hampir seluruh solusi yang dikemukakan oleh para kontributor memberikan  hasil yang sama, jadi yang salah sebenarnya adalah pertanyaanya bukan solusinya.
untuk mendapatkan solusi yang pas mestinya contoh variasi problem dan solusi yang diinginkan hendaknya mewakili   masalah secara keseluruhan sehingga para pemberi solusi bisa mengantisipasi perkecualian  yang ada.dengan trik trik  yang tepat.

wassalam

Ghozi Alkatiri

Dari: Ratno Hadi Suswanto <[hidden email]>
Judul: RE: [belajar-excel] Re: Menghapus karakter di belakang Spasi ke 2
Kepada: [hidden email]
Tanggal: Rabu, 5 Oktober, 2011, 8:18 PM

To: [hidden email]
From: [hidden email]
Date: Wed, 5 Oct 2011 12:34:48 +0000

> [...]

> Leftword = Trim(Leftword)
> End Function

[belajar-excel] Re: Menghapus karakter di belakang Spasi ke 2

=TRIM(LEFT(SUBSTITUTE(SUBSTITUTE(A2;"-";" ");" ";REPT(" ";99));2*99))

>semoga bermanfaat

--- In [hidden email], Ratno Hadi Suswanto

  RHS

RE: [belajar-excel] Re: Menghapus karakter di belakang Spasi ke 2

Ratno Hadi Suswanto

Dear Mas Ghozi, Mas Kid, Mas Summonery, Mas Undang, Mbak Siti (menurut be-exceler cantik), dan all,

Saya setuju dengan Mas Ghozi.

Buat saya sekarang adalah bagaimana mengingatkan teman2 setim di office supaya melakukan sesuatu harus "comply" dengan role yang ada sehingga tidak muncul problem aneh-aneh (padahal semakin banyak problem...semakin banyak ilmu yang di dapat).

Anyway...saya sangat appreciated dan terima kasih dengan bantuan teman-teman di "lovely" milis ini, karena saya dari "nothing" jadi "something" dalam hal excel dari milis ini....

Adakah ide untuk mengadakan whorkshop ?

Best regards,
RHS.

To: [hidden email]
From: [hidden email]
Date: Wed, 5 Oct 2011 15:06:25 +0000

> [...]

 Thx a lot & Regards,
 RHS

Re: [belajar-excel] Re: Menghapus karakter di belakang Spasi ke 2

*UDF LeftWord Jilid II *

UDF (user definded function / fungsi buatan 'dalam negeri') yg ditulis di
workbook terlampir sudah mengalami sedikit perbaikan

ceritaknya begini:
sebetulnya pak Ratno itu (menurut dugaan asal-asalan-ku) mempunyai records
yg terdiri dari 3 data (tetapi ditulis di 1 cell)
data 1  = product code
data 2  = variant dari product code
data 3 =  vendor /supplier atau apalah namanya

*Dugaan *asal-asalan dari diriku :
pak Ratno HS ingin menampilkan ProductCode dan Varian, tetapi ada
ProductCode yg tidak ada data Variannya
"Cilakak"-nya, unfortunately, penyusunan data, jika ketemu product code yg
tak punya variant diulisnya hanya :  (1)ProductCode dan (2)Supplier nya
saja;  sedangkan "biasanya" posisi (2) ini kan ditempati oleh "variant"

Mungkin.. mungkin lho ya, akan lebih gampang diolah kalau ditulisnya
(1) ProductCode (2)None (3)Supplier

Dengan demikian jika diminta 2 kata pertama hasilnya  mungkin "007007X
None" artinya code 007007x yg tidak ada variannya.
Dengan cara lain, cara khusus (seperti rumus mas Kid) menolak "None" Jadi
bisa dibuat banyak sekali Product yg tanpa variant karena semua product
tanpa Variant; "part (2) nya cukup ditulis:  None

Rumus penolak None nya hanya bertugas menolak 1 (satu) kemungkinan; bukan
menolak SNOW dan mungkin BANYAK LAGI nama depan Supplier lain  (yg product
nya tidak ada variannya)

Cara lain yg lebih lazim
Ketiga data diberi delimiter (tanda pemisah) berupa KOMA:
ProductCode,Variant,Supplier

Jika tidak ada variannya cara menulisnya jangan diulang kesalahan yg sama
ProductCode, Supplier
tetapi
ProductCode,,Suplier
ada koma yg mengapit data kosong

Jika cara ini dipakai, maka pengolahan data lebih lanjut menjadi lebih
gampang...

Sekarang mengenai UDF yg diperbaiki

Dia masih menganut cara menolak SNOW; tetapi karena kita menduga nantinya
akan ada kata lain yg harus ditolak, maka disediakan argument untuk merujuk
*daftar kata* yg akan ditolak.

LeftWrod(TEXTasal, N_Kata_yg_ingin_diambil, DaftarKata_yg_Ditolak)
- Daftar Kata yg ditolak bisa berupa
** Range  *
misal  A3:A14
** Array Konstanta*  (misal  :  {"Daku","Dikau","Dia",SebelDeh"}
atau bisa juga hanya satu kata berupa
** String*
contoh : "Snow"

file terlampir tidak harus benar benar dipakai, tetapi ini diajukan hanya
untuk menjawab
"bahwa keinginan itu bisa dipenuhi"

salam kompakz
~siti
http://tech.groups.yahoo.com/group/xl-Villager/messages

terima kasih dikira cantik... (ich Ge-Er  banget.. nh..)

--- listing prosedur fungsi -----
Function LeftWord(S As String, N As Long, Exclusion) As String
   ' siti / 8 Oct 2011 / BeExcel
   Dim i As Long, e As Integer, ArS, Exc() As String
   Dim ExCount As Integer, ExFound As Boolean

   ArS = Split(" " & Replace(S, "-", " "), " ")

   Select Case IsArray(Exclusion)
      Case True
         If TypeName(Exclusion) = "Range" Then
            ReDim Exc(1 To Exclusion.Cells.Count)
            For i = 1 To Exclusion.Cells.Count
                Exc(i) = Exclusion(i)
            Next
            Exclusion = Exc()
            ExCount = UBound(Exclusion)
         ElseIf TypeName(Exclusion) = "Variant()" Then
            ExCount = UBound(Exclusion)
         End If
      Case False
         Exclusion = Array("", Exclusion)
         ExCount = 1
   End Select

   For i = 1 To N
      For e = 1 To ExCount

         If i = N Then
            If Exclusion(e) = ArS(i) Then
               ExFound = True
               ArS(i) = ""
               Exit For

      Next e
      LeftWord = LeftWord & ArS(i) & " "
      If ExFound Then Exit For
   Next i
   LeftWord = Trim(LeftWord)
End Function

2011/10/6 Ratno Hadi Suswanto <[hidden email]>

> [...]
teman-teman di "lovely" milis ini, karena saya dari "nothing" jadi
"something" dalam hal excel dari milis ini....

c__Mengambil Dua Kata (ada juga yg satu kata) Pertama).xlsm (34K) Download Attachment
~siti