Quantcast

[belajar-excel] Menghilangkan Rumus Excel

[belajar-excel] Menghilangkan Rumus Excel

Alu Syafrudin
Dear Be Exceller.

saya ingin bertanya..
bagaimana cara menghilangkan rumus excel tanpa menganggu kinerja rumus itu...

thank's atas bantuannya.
.: Alu :.

============================
MODs NOTE:
Mohon lebih spesifik lagi..
misal dengan ada contoh data

[belajar-excel] Re: Menghilangkan Rumus Excel

rr_wilis
Saya "pikir-pikir"... mungkin maksudnya s.b.b:

Misal di cell C1 ada RUMUS  =A1*B1
Andai cell A1 berisi data Numbers: 25, dan B1 berisi data Numbers: 10
maka RUMUS di C1  menampakkan hasil: 250

Pak Alu inginnya di C1 tetap menampilkan 250 tetapi C1 itu
tidak berupa RUMUS lagi (melainkan berupa tetapan / konstanta)

Caranya:
Pilih Cell C1, di-COPY  (misal dengan Ctrl + C)
Tetap dengan pilihan di C1, klik kanan > PasteSpecial > VALUE

Hasilnya di C1 sekarang berupa hasil rumus yg pernah ada
tetapi sudah bukan berupa RUMUS.
Bedanya: data di C1 tidak lagi tergantung data di A1 dan B1

Begitukan ? halo pak Alu ?

kind regards,
Rara

--- In [hidden email], Alu Syafrudin <alualde@...> wrote:

> Dear Be Exceller.
> saya ingin bertanya..
> bagaimana cara menghilangkan rumus excel tanpa menganggu kinerja rumus itu...
>
> thank's atas bantuannya.
> .: Alu :.
>
> ============================
> MODs NOTE:
> Mohon lebih spesifik lagi..
> misal dengan ada contoh data
> ============================

[belajar-excel] Re: Menghilangkan Rumus Excel

Alu Syafrudin
Dear Wilis...

kalau dengan klik kanan > PasteSpecial > VALUE
itu akan menghilangkan rumus dan tidak akan tergantung data di A1 dan B1

maksud saya,
menghilangkan rumus dan masih tergantung data di A1 dan B1 seolah - olah rumus itu di HIDE...

kira - kira bagaimana ya caranya . . .

thank's atas bantuannya.
.: Alu :.

________________________________
 Dari: rr_wilis <[hidden email]>
Kepada: [hidden email]
Dikirim: Jumat, 16 Maret 2012 15:46
Judul: [belajar-excel] Re: Menghilangkan Rumus Excel

> [...]

> saya ingin bertanya..
> bagaimana cara menghilangkan rumus excel tanpa menganggu kinerja rumus itu...

Re: [belajar-excel] Re: Menghilangkan Rumus Excel

the_x_mikey
Hi pak,

Karena memang pertanyaan nya kurang jelas, sy jawab yg sy tangkap yah.
Untuk menghilangkan rumus di formula bar tanpa menghilangkan kinerjanya adalah :
Klik format cells pada kolom yg mempunyai rumus (ctrl+1), pada tab protection, centang pilihan hidden. Untuk locked / unlockednya tergantung kebutuhan.
Setelah itu pilih menu tools>protection>protect sheet disini anda bisa mengatur apa saja yg diperbolehkan/tidak diperbolehkan untuk diakses tp fokuskan ke 2 menu "select locked /unlocked cells".
Sesuaikan pilihan protection langkah pertama dengan kedua, lalu klik ok, terserah mau dipassword atau tidak.
tada.... Rumus tidak terlihat tp tetap bisa di copy paste (jika pilihan edit objects tidak tercentang)
Sent from my BlackBerry yg belum lunas

> [...]

> saya ingin bertanya..
> bagaimana cara menghilangkan rumus excel tanpa menganggu kinerja rumus itu...

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@.../
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: [hidden email]

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  [hidden email]

<*> Your email settings:
    Individual Email | Traditional

<*> To change settings online go to:
    (Yahoo! ID required)

<*> To change settings via email:

    http://docs.yahoo.com/info/terms/

RE: [belajar-excel] Re: Menghilangkan Rumus Excel

jkssxls Sudarsono

Maksudnya Formula Bar di hidden ? Di Excel 2007/2010 : View , Formula Bardi Excel 2003         : View , Formula Bar  hilangkan tanda centang.
 To: [hidden email]

        Dari: rr_wilis <[hidden email]>
 Kepada: [hidden email]
> [...]

> misal dengan ada contoh data

> ============================

[belajar-excel] Re: Menghilangkan Rumus Excel

Nah.... sekarang ada tambahan info nya

menghilangkan rumus tetapi rumusnya masih operasional ??
jadi artinya RUMUS itu tetap ada, hanya tidak terlihat
Bagitukah yg papak Maksud ?

Bila benar seperti itu maksudnya:

Cell (range berisi rumus)  harus di FORMAT > Cells > Protection
> berikan Contrengan pada CheckBox "HIDE" !

Kemudian sheet-nya di proteksi

Range dan worksheet yg diperlakukan seperti itu hanya kelihatan
penampakanhasilnya, RUMUSNYA sendiri jika dilihat di FormulaBar
tidak kelihatan

> [...]

> maksud saya,
> menghilangkan rumus dan masih tergantung data di A1 dan B1 seolah - olah rumus itu di HIDE...

Re: [belajar-excel] Menghilangkan Rumus Excel

Debby
Coba makro Mbak Siti.

Sub HilangkanFormula()
    Application.ScreenUpdating = False
    Worksheets.Select
    Cells.Select
    Selection.Copy
    Selection.PasteSpecial Paste:=xlPasteValues
    ActiveSheet.Select
    Application.CutCopyMode = False
End Sub

-Mansor

On Fri, Mar 16, 2012 at 4:24 PM, Alu Syafrudin <[hidden email]>wrote:

> **
>

> Dear Be Exceller.
>
> saya ingin bertanya..
> bagaimana cara menghilangkan rumus excel tanpa menganggu kinerja rumus
> itu...
>
> thank's atas bantuannya.
> .: Alu :.
>
> ============================
> MODs NOTE:
> Mohon lebih spesifik lagi..
> misal dengan ada contoh data
> ============================

Re: [belajar-excel] Menghilangkan Rumus Excel

kangjohan
makro mbakyu ct dah sy coba, nah hasilnya rumus ilang tak tak
berfungsi. maksud permohonan minta makro untuk menyembunyikan rumus.

2012/3/18, Mansor <[hidden email]>:

> [...]
> End Sub
>

> -Mansor

Re: [belajar-excel] Menghilangkan Rumus Excel

nehnick
 Jika yang sobat inginkan hanya satu sel atau beberapa saja cukup dengan Tekan F2+F9 lalu Enter
tapi jika sobat ingin menghapus banyak rumus bahkan ribuan rumus di tiap sel mungkin dengan cara tersebut membutuhkan waktu yang lama satu-satu cukup melelahkan dan memang melelahkan. nah loh ini yang jadi masalah seperti yang saya alami kemarin-kemarin. tapi jangan khawatir coba sobat ikuti cara dibawah ini :

1. Sleksi kolom atau baris yang ada rumusnya,
2. Setelah terseleksi klik kanan set
3. klik vie code
4. Setelah muncul halaman Microsoft Visual Basic copi kode dibawah ini :

    Sub Remove_Formulas()
    '
    Application.ScreenUpdating = False
    Application.Calculation = xlCalculationManual
    Application.EnableEvents = False
    '
    If Selection.Address = ActiveSheet.Cells.Address Then ActiveSheet.UsedRange.Select
    Selection.Formula = Selection.Value
    '
    Application.EnableEvents = True
    Application.Calculation = xlCalculationAutomatic
    Application.ScreenUpdating = True
    End Sub

5. klik Run- Run Sub/ UserForm atau F5 tunggu sampai selesai.
6. Stelah selesai klik lambang MS-Excell di pojok kiri atas dan lihat hasilnya

Sekarang rumus nya sudah hilang tanpa menghilangkan nilai atau hasil yang ada di dalamnya.
Selamat mencoba dan semoga berhasil.