Quantcast

[belajar-excel] Menghilangkan huruf jika ditulis bersama angka

[belajar-excel] Menghilangkan huruf jika ditulis bersama angka

Yan Novianto
Dear excel-er

Tolong di bantu, jika ada ada
1200gr.  Hasil.  1200
70ml.              70
6pcs.               6
35's.              35

Jadi intinya saya hanya butuh data yang berupa angka saja. Untuk yg huruf hilang,
Saya cb pake rumus ctrl+H, berhubung variant cukup banyak data yg tertulis diata selain diatas kalo harus replace "gr" menjadi "", dst...
Bakalan lama.
Kalo pake rumus, bagaimana ya, supaya yg terambil hanya data angka saja.

Terimakasih buat semua

Salam

Yan Novianto
Phone: 085234345667 ®

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@.../
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: [hidden email]

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  [hidden email]

<*> Your email settings:
    Individual Email | Traditional

<*> To change settings online go to:
    (Yahoo! ID required)

<*> To change settings via email:

    http://docs.yahoo.com/info/terms/

Re: [belajar-excel] Menghilangkan huruf jika ditulis bersama angka

Dear Yan,

Asumsi :
1. jumlah karakter data maksimal *99 *(ubah nilai *99 *sesuai kebutuhan)
2. semua angka ada di depan

Coba array formula : (setelah ketik formula, jangan tekan enter, tetapi
tekan Ctrl Shift Enter)
=1 * Left(  *datanya  *,   Match(   99  ,   1 * Mid(  *datanya  *,  Row(
$1:$*99   *)   ,  1  )    ,    1  )    )
Ganti *datanya *dengan cell si data.

Regards.
Kid.

2012/2/11 <[hidden email]>

> [...]
> Groups Links

Re: [belajar-excel] Menghilangkan huruf jika ditulis bersama angka

iHaps
Bisa juga pakai Fungsi GetNumber

*=GetNumber(A1)*
misal A1 berisi 66pcs.
fungsi tsb menghasilkan bilangan (bukan text) : *66*

ctv_UDF_GetNumber (mengambil rangkaian angka terdepan pada text).xls (48K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Menghilangkan huruf jika ditulis bersama angka

Yan Novianto
Dear Mr.Kid dan Bu Haps

Pak Kid, walaupun panjang tp jalan mantabs.
Untuk bu haps ( di komputer Q, rumus =getnumber(..), tidak jalan jd hasilnya #name?
Apa karena makro_nya belum ada di komputerQ ya??

Untuk pak Kid thanks udah tambah ilmu.
Untuk bu haps, kalo bisa kasih solusi napa kok ngga bisa jalan fungsi =getnumber(..)

Salam

Yan Novianto
Phone: 085234345667 ®

2012/2/11 <[hidden email]>
> Dear excel-er
> Tolong di bantu, jika ada ada
> 1200gr.  Hasil.  1200
> 70ml.              70
> 6pcs.               6
> 35's.              35

Re: [belajar-excel] Menghilangkan huruf jika ditulis bersama angka

Yan Novianto
Maaf bu haps,

Kalo sesuai dengan lampiran yg bu Haps kirim, memang bisa jalan dan muncul fungsi getNumbernya,
Tp jika masalahanya itu di file lain, maka fungsi get number ngga ada lagi :(

Dengan kata laen, bagaimana caranya fungsi getnumber itu bisa berjalan untuk semua file excel yg di buka??

Salam
Yan Novianto
Phone: 085234345667 ®

[belajar-excel] Re: Menghilangkan huruf jika ditulis bersama angka

summonery
coba juga,
=LOOKUP(9^9,--LEFT(A7,{1,2,3,4,5,6,7,8,9}))

--- In [hidden email], yan.novianto@... wrote:

> [...]
> Bakalan lama.
> Kalo pake rumus, bagaimana ya, supaya yg terambil hanya data angka

RE: [belajar-excel] Re: Menghilangkan huruf jika ditulis bersama angka

Yan Novianto
Dear summonery

Rumus oke.sip !
Mesti ada tapinya lagi .karena saya masih baru bener di milis ini.
Tapi nya di sisni saya mau nanya mengenai
=LOOKUP(9^9,--LEFT(A7,{1,2,3,4,5,6,7,8,9}))

Mengenai tanda  "- -" sebalum LEFT itu fungsinya apa? Karena jika tanda itu
saya coba hilangkan maka hasil  #N/A

Dan untuk yang tanda kurung kurawal {1,2,3,4,5,6,7,8,9} apa harus di tulis
semua angka??

Karena rumus tersbut hany bisa menghitung max hingga 8 Digit angka
Mohon petunjuknya

@ om Fano TheMiner,
Saya sudah jalankan sesuai petunjuk dan hasil OK !!! (sebelumnya saya sudah
coba cara seperti itu, tapi mungkin karena sheet(1) nya ngga di hapus ya
jadi ngga jalan J)
Terimakasih buat temen-temen di milis ini yang bener bener sangat membantu
untuk meningkatkan kemampuan excel saya.

Re: [belajar-excel] Re: Menghilangkan huruf jika ditulis bersama angka

iHaps
Dear Pak Anton,
*excilent, pak ! *  penemuan formula yg efektif sekali !     awesome
formula !

Kasus seperti ini bisa berkembang  dari DATA ANGKA yg sudah NGUMPULdi
sebelak KIRI
bisa berkembang menjadi  DATA ANGKA yg sudah NGUMPULdi sebelah KANAN
bisa berkembang menjadi  DATA ANGKA yg sudah NGUMPULdi TENGAH
bahkan bisa : data angka tersebar  misalnya data:  *D**23H876T2B09HIU**  *ingin
hasil 23876209

[image: I want Numeric Part Only.PNG]

Tanpa menyebut kelemahan²-nya, 1 UDF dapat menyelesaikan Keempat keperluan
itu sekaligus.
Tetapi kita tetap menyarankan, jika masih ada jalan FORMULA (berdasarkan
Fungsi2 bawaan Excel) kita
menghindari UDF. UDF lebih baik dibuat jika memang pedang formula sudah
terasa terlalu tumpul atau
masalahnya sudah sulit/kompleks, atau bahkan tidka bisa...

Untuk ketiga Keperluan diatas kita berhasil mengumpulkan formula-formula sbb

*Mengambil Rangkaian Angka (yg telah "ngumpul) di KIRI*

1. (mas Kid) / array formula
=1*LEFT(B3,MATCH(99,1*MID(B3,ROW($1:$99),1),1))

2. (pak Anton)
*=LOOKUP(9^9,--LEFT($B3,{1,2,3,4,5,6,7,8,9,10}))*

3. (pak Anton, Modified)
*=LOOKUP(9^9^9,LEFT($B3,COLUMN($1:$9))+0)*

4. ( iHaps, inspired by Kid's Formula  ) / array formula
*=LEFT(B3,COUNT(0+MID(B3,ROW($1:$99),1)))+0*

5. ( indri, UDF )
=NumericOnly(B3)

*Mengambil Rangkaian Angka di KANAN*

1. (versi pak Anton untuk "KANAN")
*=LOOKUP(9^9^9,RIGHT($B6,COLUMN($1:$9))-0)*

2. (iHaps, inspiredby Kid's Formula) / array formula
*=--RIGHT(B6,COUNT(MID(B6,ROW($1:$96),1)/1))*

3. (indri, UDF )
=NumericOnly(B6)

*Mengambil Rangkaian Angka di TENGAH*

1. iHaps, Masih Terinspirasi Formula dari Pak Anton:
=LOOKUP(9^9^9,LEFT(MID(B4,MIN(IF(ISNUMBER(0+(MID(B4,ROW($1:$98),1))),
 ROW($1:$98))),99),COLUMN($1:$9))+0)

2. iHaps, hanya soal: Urutan ke berapa POSISI AngkaPertama, dan berapa buah
Cacah Angka-nya.
=--MID(B4,MATCH(TRUE,ISNUMBER(--MID(B4,ROW($1:$98),1)),0),
 COUNT(--MID(B4,ROW($1:$98),1)))

3. indri, tetap dengan UDFnya
*=NumericOnly(B4)*

Ditunggu idea lains, nantinya kompilasi rumus ini akan di-awetkan dengan
UpLoad  ke
OnLlineFolder 'nya'  mbak-é
dan/atau  diusulkan ikut mengisi Area FILES di YahooGroups BeExcel...

I want Numeric Part Only.PNG (80K) Download Attachment
Ambil NumericOnly (Formula - iHaps).xlsb (50K) Download Attachment

[belajar-excel] Re: Menghilangkan huruf jika ditulis bersama angka

summonery
Mengenai tanda "--" sebelum LEFT adalah untuk mengkonversi data type
"TEXT" menjadi data type "NUMBER", mengingat 9^9 (lookup_value) bertipe
"NUMBER"
Suster Haps punya penjelasan yang mantabs (silakan menuju link yg
diberikan oleh Mods)
9^9 = 387.420.489ini adalah batas maksimal yang ditentukan dalam formula
tersebut, anda dapat menggantinya dengan perkiraan hasil tertinggi.jadi
jika angka melebihi batas tersebut maka hasil akan salah, yaitu cuma 8
digit angka yang merupakan nilai <=  387.420.489
mengenai {1,2,3,4,5,6,7,8,9} tergantung dari batasan digit dari data
anda, misal angka tidak pernah melebihi 3 digit, maka cukuplah dengan
{1,2,3} dan lookup_value  cukup dengan 999 yang merupakan batas
tertinggi dari angka tiga digit.
Baca juga excel help untuk fungsi LOOKUP, luangkan waktu 15 menit untuk
membaca dan mempelajarinya, pelajari dengan cermat dan jangan lewatkan
satu kalimatpun, praktekkan pada worksheet, dan anda akan ingat
selamanya :D

--- In [hidden email], "Yan Novianto" <yan.novianto@...>