[belajar-excel] Menghilangkan proteksi pada form control (check box)

[belajar-excel] Menghilangkan proteksi pada form control (check box)

Milis Belajar Excel mailing list
Dear all,
Saat saya memproteksi range pada worksheet, kenapa form control (check box)
yang ada ikut terproteksi ..?

Padahal tujuannya, user hanya boleh mainkan mouse saja dengan meng-klik
check box yg ada di lembar input (tidak boleh ada edit apapun, kecuali klik
pada check box).

Bagaimana solusinya ya..

Terima kasih sebelumnya

Salam
Pandu

Re: [belajar-excel] Menghilangkan proteksi pada form control (check box) [2 Attachments]

Milis Belajar Excel mailing list
Dear Pandu,

Protect Sheet pakai apa?
Jika pakai Format Protect Sheet, dapat dipilih Edit Object (centang)

Jika pakai VBA dapat dipilih Drawing Object pilih true
(Sheet1.Protect "Passworte", True)

Salam
Agus

On 6/20/17 12:48 PM, Pandu Dwipanata [hidden email]
[belajar-excel] wrote:

> [...]
>
> Padahal tujuannya, user hanya boleh mainkan mouse saja dengan
> meng-klik check box yg ada di lembar input (tidak boleh ada edit

protect2.jpg (41K) Download Attachment
protect1.jpg (42K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Menghilangkan proteksi pada form control (check box)

Hai Pandu,

Control di dalam worksheet :
A. Untuk form control maupun activex control yang tidak di-set properti
link cell nya, maka pada dasarnya dalam keadaan worksheet terproteksi tetap
bisa digunakan.
Contoh :
1. buat worksheet baru -> tambahkan activex control checkbox -> jangan
diset apa-apa (cukup turn off design mode) -> protek worksheet dengan
setting apapun
2. centang/un-centang si control

*** Properti Locked berkaitan dengan meng-edit si control, seperti resize,
move, dan sebagainya

B. Untuk form control maupun activex control yang di-set properti link
cells ke cells tertentu di worksheet yang sama, lalu cells yang linked
dengan control tersebut dalam status properti locked adalah tercentang
(klik kanan cells yang di-link -> format cells -> tab Protection -> locked
dalam keadaan tercentang) dan worksheet diprotek, maka control seakan-akan
tidak dapat digunakan (terprotek), padahal penyebabnya adalah si control
tidak bisa mengubah isi linked cells yang terproteksi.
Contoh :
1. buat worksheet baru -> tambahkan activex control checkbox -> klik kanan
si control -> pilih properti -> cari properti bernama LinkedCells : isi
dengan A1 (linked ke cells A1)
2. klik kanan cells A1 -> format cells -> tab Protection -> opsi Locked
dicentang -> tekan OK
3. protek worksheet dengan setting apapun
4. centang/un-centang si control

*** Setelah dicoba dan tampak seakan-akan si control tidak bisa dipakai,
itu disebabkan karena si control tidak bisa mengubah isi cells A1 yang
dalam keadaan terproteksi
*** Coba sekarang lakukan unprotect worksheet -> klik kanan cells A1 ->
format cells -> tab Protection -> opsi Locked : hilangkan centang -> tekan
OK, lalu protek worksheet dan centang/un-centang si control lagi
*** Coba juga untuk langsung mengubah isi cell A1 dengan bunyi TRUE atau
FALSE

-----------------------------
Dari 2 keadaan di atas, berarti sudah bisa diketahui jalan keluarnya...
1. kalau cells yang linked boleh diubah langsung oleh user, maka set
properti Locked si cells A1 (tab Protection di range dalam format cells)
dengan tidak dicentang
2. kalau cells yang linked tidak boleh diubah oleh user, maka buat
worksheet lain dan set properti LinkedCells si control ke sheet lain
tersebut. Hide sheet lain tersebut bila perlu.
*** Tidak perlu VBA kan ya...

Kira-kira begitu...
lha wong gak mudeng pastinya si kasus bagaimana...