[belajar-excel] Menghitung Tanggal Kadaluarsa [1 Attachment]

[belajar-excel] Menghitung Tanggal Kadaluarsa [1 Attachment]

Milis Belajar Excel mailing list
Selamat siang semuanya,

Saya mempunyai masalah dengan cara menghitung sisa waktu kadaluarsa sebuah
barang, saya sudah mencoba sampai mentok namun hasilnya belum sesuai dengan
apa yang saya inginkan, oleh karena itu melalui forum ini saya mohon
bantuan dari para master untuk mencarikan solusinya.. (file terlampir).

Atas bantuannya, sebelumnya saya ucapkan terima kasih banyak.

Salam,

Oman Rohman

Data Barang.xlsx (16K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Menghitung Tanggal Kadaluarsa

Milis Belajar Excel mailing list
Hai Oman,

* kalau regional setting komputer Anda bukan English, buat dulu menjadi
English baru coba formulas yang ada setelah baris ini

A. Untuk mendapatkan jumlah hari antara 2 data tanggal bertipe datetime
(pelajari tentang datatype dalam sebuah cells disini
<http://excel-mr-kid.blogspot.co.id/2015/03/datatype-dalam-sebuah-cells.html>)
:
Cells F8 diisi formula =E8-Today()

Sebaiknya fungsi today() diletakkan pada sebuah cells khusus, karena fungsi
Today() bersifat volatile. Semakin banyak cells yang menggunakan fungsi
bersifat volatile, maka akan semakin sering dikalkulasi oleh Excel.
Misal cells A1 yang diisi dengan formula =Today()
Kemudian F8 diisi formula =E8-$A$1

Cells G8 bisa diisi dengan formula =F8 lalu klik kanan cells F8 pilih
format cells, pilih tab Number, pilih opsi Custom, lalu di textbox (sisi
kanan) tulis bunyi :
"KONDISI BAGUS";[red]"KADALUARSA";[red]"KADALUARSA"
lalu tekan OK

Teks formatnya juga bisa dengan bunyi :
[>0]"KONDISI BAGUS";[red]"KADALUARSA"

Jadi untuk maksimal 3 kriteria berdasar nilai bertipe numerik bisa tanpa
conditional formatting.

B. Untuk mendapatkan hasil selisih antar 2 data tanggal bertipe datetime
dalam satuan yang rinci (seperti tahun bulan hari) :
Coba fungsi Datedif dengan syntax :
=Datedif( tgl_awal , tgl_akhir , teks_rentang )
Lebih detilnya lihat disini
<https://groups.yahoo.com/neo/groups/belajar-excel/conversations/messages/31398>
.

Kira-kira bunyi formula di cells F8 seperti ini :
1. Hasil bertipe text dan ditulis lengkap walaupun bernilai 0
=if( $a$1>e8,"- ","") & Datedif( min($A$1,e8) , max($A$1,e8) , "y" ) & "
TAHUN " & Datedif( min($A$1,e8) , max($A$1,e8) , "ym" ) & " BULAN " &
Datedif( min($A$1,e8) , max($A$1,e8) , "md" ) & " HARI"

2. Hasil bertipe numerik dan ditulis lengkap walaupun bernilai 0
=sign( e8-$A$1 ) * *(* Datedif( min($A$1,e8) , max($A$1,e8) , "y" ) * 10^4
+ Datedif( min($A$1,e8) , max($A$1,e8) , "ym" ) * 100 + Datedif(
min($A$1,e8) , max($A$1,e8) , "md" ) *)*
lalu format number dengan custom berbunyi :
_ 00" TAHUN "00" BULAN "00" HARI"

3. Hasil bertipe text dan ditulis yang ada saja (yang 0 tidak perlu ditulis
kecuali satuan hari)
=if( $a$1>e8,"- ","") & Text( Datedif( min($A$1,e8) , max($A$1,e8) , "y" )
, "0"" TAHUN """ ) & Text( Datedif( min($A$1,e8) , max($A$1,e8) , "ym" ) ,
"0"" BULAN """ ) & Datedif( min($A$1,e8) , max($A$1,e8) , "md" ) & " HARI"

Selamat mencoba.

[belajar-excel] <[hidden email]>:

> [...]
> bantuan dari para master untuk mencarikan solusinya.. (file terlampir).
>
> Atas bantuannya, sebelumnya saya ucapkan terima kasih banyak.

[belajar-excel] Re: Menghitung Tanggal Kadaluarsa [1 Attachment]

Selamat siang,

Saya ucapkan terima kasih banyak kepada Mr. Kid yang telah memberikan
membantu saya memberikan solusi dengan sangat rinci sekali, saya sudah coba
praktekkan dan hasilnya Alhamdulillah sudah sesuai dengan apa yang saya
harafkan, namun saya mohon maaf sekali untuk formula pengganti format
conditional tidak dapat saya terapkan karena saya kurang begitu paham
tentang formula Custom Number yang ada pada Format Cells tersebut, saya
menginginkan format cells berubah warna dan tulisan menjadi tebal, tetapi
setelah saya coba-coba, cuma sampai warnanya saja yang berubah, textnya
tidak dapat menjadi tebal, entah memang tidak bisa ataukah saya yang tidak
tau formulanya.

Contoh formula dari Mr. kid yang sudah saya terapkan, saya lampirkan, agar
dapat dijadikan bahan pembelajaran bagi yang belum mengetahuinya, atau
tidak menutup kemungkinan juga ada teman-teman yang mau menambahkannya.

Atas bantuannya sekali lagi saya ucapkan terima kasih banyak.

Wassalam,

Oman Rohman

Pada 14 Juli 2017 10.53, Oman Rohman <[hidden email]> menulis:

> [...]
> bantuan dari para master untuk mencarikan solusinya.. (file terlampir).
>
> Atas bantuannya, sebelumnya saya ucapkan terima kasih banyak.

Data Barang.xlsx (17K) Download Attachment