[belajar-excel] Menghitung jumlah baris dalam variable berisi teks

[belajar-excel] Menghitung jumlah baris dalam variable berisi teks

Milis Belajar Excel mailing list
Dear B-Exceller,

Bagaimanakah kode macro untuk menghitung jumlah baris dalam variable berisi
teks, contoh:

Teks="A" & Chr(10) & "B" & Chr(10) & "C"

Mohon pembelajarannya

Wassalam

Heru Safrudin

Re: [belajar-excel] Menghitung jumlah baris dalam variable berisi teks

Milis Belajar Excel mailing list
Hai Heru,
Sama seperti pakai formula dalam cells,  cuma substitute diganti replace.

Sent from my smart enough phone

> On May 9, 2017, at 11:57, 'Heru Safrudin' [hidden email] [belajar-excel] <[hidden email]> wrote:
>
> Dear B-Exceller,
>

> Bagaimanakah kode macro untuk menghitung jumlah baris dalam variable berisi teks, contoh:
>
> Teks=”A” & Chr(10) & “B” & Chr(10) & “C”
>

> Mohon pembelajarannya
>

> Wassalam
>
> Heru Safrudin

RE: [belajar-excel] Menghitung jumlah baris dalam variable berisi teks

Milis Belajar Excel mailing list
Dear Mr. Kid

Sayang sekali saya belum mudheng memakai substitute

Akhirnya pakai cara lain yaitu:

UBound(Split(TEKS, Chr(10)))

Wassalam

Heru Safrudin

[...]

image001.jpg (582 bytes) Download Attachment
image002.jpg (496 bytes) Download Attachment
image003.jpg (458 bytes) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Menghitung jumlah baris dalam variable berisi teks

Kalau di cells T1 ada isi teks berbunyi "1a2a3", maka jumlah angka di cells
a1 dengan formula                      Len( T1 ) - Len( Substitute( T1 ,
"a" , "" ) ) + 1
Kalau di VBA ada variabel bernama T berisi teks berbunyi "1a2a3", maka
jumlah angka di variabel T adalah Len( T  ) - Len( Replace(     T  , "a" ,
"" ) ) + 1

Kalau di VBA mau pakai Split, maka perlu diingat bahwa VBA menggunakan
array option base 0 by default. Artinya item ke-1 array memiliki index 0.
Contoh : Variabel T berisi teks "1a2a3"
Hasil Split( T , "a" ) adalah array 3 item, yaitu :
item index ke-0 berisi teks '1'
item index ke-1 berisi teks '2'
item index ke-2 berisi teks '3'

UBound adalah mengambil nomor index tertinggi dari suatu array.
UBound( T ) hasilnya 2 karena nilai index array hasil split tertinggi di
index ke-2

Jadi, pada kasus ini, kalau pakai UBound, bunyinya :
UBound( Split( T , "a" ) ) + 1

Nah.. ini dengan asumsi bahwa VBA by default menggunakan option base 0.
Kalau VBA nanti sudah pakai option base 1, dan script di atas sudah dipakai
secara masif diberbagai file, maka ketika ada pengubahan menjadi option
base 1, hasilnya salah semua.
Pada saat option base 1, hasil Split( T , "a" ) adalah :
item index ke-1 berisi teks '1'
item index ke-2 berisi teks '2'
item index ke-3 berisi teks '3'
Sehingga UBound( Split( T , "a" ) ) menghasilkan nilai 3 (nilai index
tertinggi hasil split adalah 3)
Jadi bunyi UBound( Split( T , "a" ) ) + 1 menghasilkan 4. Salah, karena
hasil yang diharapkan adalah 3.

Umumnya, yang aman begini :
UBound( Split( T , "a" ) ) - LBound( Split( T , "a" ) ) + 1

Berhubung ada proses split 2 kali, biasanya terus pakai variabel supaya
menjadi lebih cepat.
dim T as string, sArr() as string
T="1a2a3"
sArr=Split( T , "a" )
debug.print UBound( sArr ) - LBound( sArr ) + 1

Kalau proses di atas dimasukkan dalam sebuah loop, bisa jadi proses split
akan terasa lebih lambat dibanding pakai Len dan Replace

[hidden email] [belajar-excel] <
[hidden email]>:

> Dear Mr. Kid
>
> Sayang sekali saya belum mudheng memakai substitute

> [...]

Ok Mr.

Mantab sekali penjelasannya

Terima kasih buanyaak

Wassalam