Quantcast

[belajar-excel] Menghitung penyusutan dalam hitungan persentase

[belajar-excel] Menghitung penyusutan dalam hitungan persentase

Agamka
Kepada Yth teman-teman Exel di Milis ini:

Contoh Soal:
menghitung penyusutan dalam hitungan persentase A2-B2=D2 maka pada cell E2 akan menghitung penyusutan antara A2 dengan B2 jika susutnya adalah D4

Terima Kasih pada teman2 di milis atas bantuannya.. salam

persentase.xlsx (14K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Menghitung penyusutan dalam hitungan persentase

Agamka
Apakah betul rumusnya seperti ini...???
=((A2-B2)/A2) dan saya mengkonversi hasil E2 dalam bentuk nomor dengan memformat nomor sebagai persentase menggunakan tool bar..

tetapi jika saya menggunakan rumus tersebut ada masalah.. jika dalam A2 lebih kecil dari B2 maka harusnya bukan malah menyusut menjadi -% tetapi +%.. bagaimana menggabungkan 2 rumus jika ada penyusutan ia memberikan tanda -% tp jika mengalami peningkatan maka ia menambahkan +%

Read more:  Cara Menghitung Persentase Perubahan dalam Dua Bilangan dalam Excel | eHow.com http://www.ehow.com/how_8337558_calculate-change-two-numbers-excel.html#ixzz215VioCOb

Re: [belajar-excel] Menghitung penyusutan dalam hitungan persentase

Coba :
=( b2 - a2 ) / a2

Kid.

2012/7/19 agam Tole <[hidden email]>

> [...]
> tanda -% tp jika mengalami peningkatan maka ia menambahkan +%
>
> Read more: Cara Menghitung Persentase Perubahan dalam Dua Bilangan dalam

Bagus
Mungkin begini

=IF(A2>B2,-(B2-A2)/B2,(A2-B2)/A2)

Bagus
[...]

terima Kasih Sarannya.. tetapi msih ada masalah jika cell yg akan di persentasekan itu kosong atau berisi 0 maka hasil menjadi #VALUE! atau #DIV/0!.. bagaimana mengatasi peroblem.. mohon bantuannya teman2.. sebelumnya saya ucapkan terima kasih untuk yg sudah membantu

        Menghitung Persentase Perubahan dalam Dua Bilangan dalam Excel |

Re: [belajar-excel] Menghitung penyusutan dalam hitungan persentase

Agamka
berikut saya lampirkan contoh soal yg lagi menjadi masalah di dalam pekerjaan saya.. terima kasih sebelumnya kepada yg ingin membantu dan yg telah membantu.. salam

From: bagus <[hidden email]>

To: [hidden email]

Date: Friday, July 20, 2012, 1:28 AM

Mungkin begini

=IF(A2>B2,-(B2-A2)/B2,(A2-B2)/A2)

Bagus

  agam Tole

#VALUE!.xlsx (17K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Menghitung penyusutan dalam hitungan persentase

hendrik karnadi
Tambahkan fungsi IfError didepan formula yang sdh dibuat.
Formulanya menjadi sbb:
=IFERROR(IF(B19<>C19,-(B19-C19)/C19,(B19-C19)/B19),"")

Lalu copy ke atas dan ke bawah.

Warna merah bisa diganti dengan 0.

Salam,

Hendrik Karnadi

________________________________
> [...]

>terima Kasih Sarannya.. tetapi msih ada masalah jika cell yg akan di persentasekan itu kosong atau berisi 0 maka hasil menjadi #VALUE! atau #DIV/0!.. bagaimana mengatasi peroblem.. mohon bantuannya teman2.. sebelumnya saya ucapkan terima kasih untuk yg sudah membantu

Pak Agam yang penuh semangat,

Sebaiknya Pak Agam membuka Excel Help. Bila belum ter-install, sebaiknya
di-install.
Jalan-jalan juga ke milis (login yahoo id dan masuk ke milis).
Lihat-lihatlah folder files.
Disana banyak file-file penggunaan Excel mulai dari dasarnya.
Rajin searching di internet tentang dasar-dasar penggunaan Excel juga akan
bermanfaat besar.

File terlampir adalah sebuah ilustrasi alur logika penyusunan formula.

re-#VALUE!.xlsx (23K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Menghitung penyusutan dalam hitungan persentase

Agamka
mantaf.. makasih mas.. jalan terakhir td kl ndak bisa mau agam tipu menggunakan conditional formating.. tp berhubung pke formula ini tepat.. saya lebih cendrung menggunakannya.. nambah2 ilmu.. salam.. makasih ya mas hendrik karnadi

From: agam Tole <[hidden email]>
To: [hidden email]
Date: Friday, July 20, 2012, 2:00 PM

From: bagus <[hidden email]>

To: [hidden email]

Date: Friday, July 20, 2012, 1:28 AM

Mungkin begini

=IF(A2>B2,-(B2-A2)/B2,(A2-B2)/A2)

Bagus

  agam Tole

Re: [belajar-excel] Menghitung penyusutan dalam hitungan persentase

Agamka
Terima Kasih lesnya Mr. Kid.. i like milis ini.. baik nanti agam searching ria di grup ini.. senangnya pekerjaanku selesai.. tp masih banyak yg ingin saya perdalam.. karna excel begitu memudahkan pekerjaanku.. dan milis ini benar2 membantuku, terutama teman2 yg seperjuangan, baik para pendiri grup ini maupun yg sama2 ingin belajar.. salam hangat.. mohon maaf lahir matin.. dan selamat menunaikan ibadah puasa bagi yg menjalankannya.. teriring ribuan terima kasih dan ucapan maaf dari saya..

From: agam Tole <[hidden email]>

To: [hidden email]
Date: Friday, July 20, 2012, 2:00 PM

From: bagus <[hidden email]>

To: [hidden email]

Date: Friday, July 20, 2012, 1:28 AM

Mungkin begini

=IF(A2>B2,-(B2-A2)/B2,(A2-B2)/A2)

Bagus

  agam Tole

Re: [belajar-excel] Menghitung penyusutan dalam hitungan persentase

Sama-sama.

Betul sekali saran Mr. Kid, saya juga melakukan hal yang sama (cari sumber dari sana sini).
Sedikit tambahan dari saya, kumpulkan dan coba perdalam contoh-contoh kasus yang ada (terutama dari milis).

Lama-kelamaan kita akan mendapat pola dari masalah-masalah dan jawaban-jawaban yang ada

Pola ini (layaknya) sebuah Directory dan Sub Directory pada komputer dapat kita panggil sewaktu-waktu saat kita membutuhkannya.

Salam,
Hendrik Karnadi