[belajar-excel] Mengisi Shape dengan gambar rata kiri

[belajar-excel] Mengisi Shape dengan gambar rata kiri

Milis Belajar Excel mailing list
Dear B-Exceller,

Bagaimana kode macro vba untuk mengisi sebuah shape (Rectangle) dengan
gambar yg posisinya disebelah kiri seperti contoh dibawah ini:

Adapun format manualnya sebagi berikut :

Mohon pengetahuannya

Terima kasih

Wassalam

Heru Safrudin

Heru Safrudin

image001.png (49K) Download Attachment
image002.png (52K) Download Attachment
image003.gif (64K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Mengisi Shape dengan gambar rata kiri

Milis Belajar Excel mailing list
Hai Heru,

Sayangnya, setahu saya, sampai xl2016 pun properti offset milik stretch
belum dibuka oleh pembuat Office.
Lagi pula, saya pikir terlalu ribet dalam menentukan persentase offsetnya.

Kasus seperti ini umumnya digunakan untuk image yang berukuran sama.
Misalnya, untuk membuat label beserta image QR Code.
Image QR Code yang digunakan untuk suatu produk di sebuah perusahaan akan
memiliki dimensi yang sama. Bisa jadi, antar perusahaan dimensi QR Code nya
berbeda. Pada kasus ini, misalkan image QR Code akan diletakkan di sisi
kiri, dan keterangan diletakkan di sisi kanan.

Kalau dulu, ketika yang digunakan adalah barcode yang diberi id tertentu
dibawah barcode, bisa dengan sebuah shape memanfaatkan properti fill
(userpicture dan textframe fill color white), maka untuk saat ini yang
umumnya menggunakan image QR Code bisa dibuat dengan 3 shape, yaitu :
1. shape container dengan memanfaatkan chart objects (baca : chart kosongan)
2. shape image QR Code dengan memanfaatkan rectangular shape yang dibuat di
dalam shape container (di dalam chart) lalu diisi image QR Code mode stretch
3. shape keterangan berupa shape text box yang juga dibuat di dalam shape
container

Langkah pertama adalah membuat template label :
1. Insert sebuah chart kosong, atur lebar dan tinggi chart, ketebalan
border (bila perlu), dsb. Lalu beri nama, misalnya chtTPL (nama di tulis di
Name Box lalu enter)
    > misal lebar 30 mm x tinggi 100 mm  [unit bisa diubah melalui Excel
Options Advanced bagian Display item Ruler Units]
    > klik kotak name box (pojok kanan atas worksheet, di atas nomor baris
Excel 1), ketik chtTPL lalu tekan Enter
    > atur border, misal shape outline weight dipilih 1pt dengan shape
outline color automatic
    > atur chart fill bila perlu, misalnya dengan no fill.  [pada pembuatan
label nama, bisa jadi chart fill akan berguna jika diisi warna atau texture
tertentu]

2. membuat template image QR Code
    > klik chart kosong hasil proses 1 (misal klik bordernya),
       ribbon Insert -> group illustrations -> klik Shapes -> pilih
rectangular shapes -> gambar kotak di dalam chart kosong
       *** shape rectangular akan menjadi salah satu anak dari chart
    > beri nama pada name box, misal dengan nama shpQR
    > atur tanpa border, lalu pada format shape (klik kanan shape pilih
format chape) diatur agar fill dengan Picture or Texture Fill -> klik File
-> pilih sebuah image
        -> pastikan opsi *Tile picture as texture* *TIDAK DICENTANG*
    > atur dimensi shape shpQR ini, misal lebar 29.6mm x tinggi 29.6mm
(bujur sangkar)
    > atur posisinya agar di sisi kiri chart (geser-geser saja dengan mouse)

3. membuat template shape textbox keterangan (shape loh ya, bukan control)
    > klik chart kosong hasil proses 1 (misal klik bordernya),
       ribbon Insert -> group illustrations -> klik Shapes -> pilih Text
Box -> gambar kotak di dalam chart kosong
       *** shape text box akan menjadi salah satu anak dari chart
    > beri nama pada name box, misal dengan nama shpKET
    > atur tanpa border, font color adalah automatic, fill color diatur no
color atau no fill
    > bila perlu, isi dengan suatu teks tertentu lebih dulu agar mudah
mengatur jenis font, ukuran font, indent level, alignment, dsb.
    > atur dimensinya sesuai kebutuhan, misal tinggi 29.6mm dengan lebar
seperlunya
    > atur posisinya di sisi kanan chart

Sampai disini, templatenya sudah jadi di dalam sheet bernama '*myQRLabel*',
dengan object utama :
1. chart bernama chtTPL
2. shape image bernama shpQR (di dalam chtTPL)
3. shape text bernama shpKET (di dalam chtTPL)

Langkah kedua adalah membuat prosedur untuk mengubah image dalam shpQR dan
mengubah bunyi teks di shpKET.
Misal, prosedur tersebut bernama ChangeQRLabel
1. ke VBE (ALT F11) -> insert sebuah Module (general module) -> buat blok
prosedur bernama ChangeQRLabel
public sub ChangeQRLabel()
'baris-baris kode akan ditulis disini
end sub

2. di dalam prosedur tersebut, isi baris kode blok shape chart
with sheets("myQRLabel").shapes("chtTPL")
'baris kode mengolah isi chart diletakkan disini
end with

3. di dalam blok shape chart, isi dengan baris kode mengganti image QR Code
milik shpQR dari suatu file yang ada di drive D
    *** Misal akan diganti dengan file QR Code bernama imgQR001.gif yang
ada di drive D root directory
.chart.shapes("shpQR").fill.userpicture "D:\imgQR001.gif"

4. di dalam blok shape chart, isi dengan baris kode mengganti bunyi teks
milik shpKET dengan suat teks tertentu
    *** Misal teks 2 baris, dengan baris ke-1 berbunyi 'Mr. Kid' dan baris
ke-2 berbunyi 'Ganteng'       wkwkwkwk
.chart.shapes("shpKET").textframe.characters.text="Mr. Kid" & vbcrlf &
"Ganteng"

Catatan :
0. sesuaikan nama worksheet dengan keadaan setempat
1. nama lengkap file image bisa mengambil dari suatu nilai di cells atau
dengan cara yang lainnya. Sesuaikan dengan kebutuhan.
2. bunyi teks bisa mengambil dari suatu nilai di cells atau dengan cara
lainnya. Sesuaikan dengan kebutuhan.
3. contoh kode di atas adalah mengubah isi template. Jika ingin yang diubah
adalah hasil copy-an template (agar template tetap), maka lakukan hal
berikut :
        Baris berbunyi :
with sheets("myQRLabel").shapes("chtTPL")
        diubah menjadi baris-baris kode berikut :
dim shpCHT as shape
set shpCHT=sheets("myQRLabel").shapes("chtTPL").duplicate
with shpCHT
.name="shpLabel001"  'misal yang baru diberi nama shpLabel001
'misal diletakkan di posisi 100,200
.top=100
.left=200

Silakan dikembangkan sesuai kebutuhan.

[hidden email] [belajar-excel] <
[hidden email]>:

> [...]
>

> Wassalam
>
> Heru Safrudin

RE: [belajar-excel] Mengisi Shape dengan gambar rata kiri

Bisa Mr,…

Tapi sayang nggak bisa dikasih connector ya

Wassalam

Heru Safrudin

> [...]

1. nama lengkap file image bisa mengambil dari suatu nilai di cells atau dengan cara yang lainnya. Sesuaikan dengan kebutuhan.

2. bunyi teks bisa mengambil dari suatu nilai di cells atau dengan cara lainnya. Sesuaikan dengan kebutuhan.

[...]

image001.jpg (582 bytes) Download Attachment
image002.jpg (496 bytes) Download Attachment
image003.jpg (458 bytes) Download Attachment

RE: [belajar-excel] Mengisi Shape dengan gambar rata kiri

Alhamdulillah bisa jadi solusi alternative, tapi teks pada shape Text Box dalam kontener kok nggak bisa wrap text ya ? Jika teks kepanjangan jadi nabrak batas

Mohon petunjukknya

Wassalam

Heru Safrudin

> [...]

image003.jpg (458 bytes) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Mengisi Shape dengan gambar rata kiri

Setahu saya sih bisa, seperti ini : (kotak luar adalah chart, kotak dalam
(warna kuning adalah shape text box dalam chart).

[image: Inline image 1]

[hidden email] [belajar-excel] <

image.png (5K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Mengisi Shape dengan gambar rata kiri

Hai Heru,

Kan contohnya untuk label QR Code atau label nama yang mau di-print pake
gambar warna warni.

Kalau mau pakai connector, si template di-copy jadi shapes biasa dulu.,
misal di salin ke cells kosong di K5
Baris ini :
set shpCHT=sheets("myQRLabel").shapes("chtTPL").duplicate
Jadi begini :
sheets("myQRLabel").shapes("chtTPL").copy
set shpCHT=sheets("myQRLabel").shapes( sheets("myQRLabel").shapes.count )

Jadi, sekarang variabel shpCHT berisi salinan template yang betul-betul
berupa picture.
Artinya, isi gambar dan text didalamnya gak bisa diubah lagi.
Kalau mau ubah gambar atau text-nya, harus hapus shape salinan yang lama,
lalu mengubah isi di dalam template, lalu salin lagi.

Pertanyaannya, kenapa kok template yang pakai chart, chart-nya gak diubah
saja jadi shape rectangle yang no fill pakai border, lalu di group
Kan sudah tampak ok tanpa container chart.
*** Karena akan kesulitan memilih shape yang berisi gambar dari sekian
banyak hasil copy template.
*** Maksudnya, kalau pakai cara pakai shape lalu di-group, ketika di-copy
jadi item lain (untuk menjaga si template), maka akan kesulitan juga dalam
memilih shape berisi gambar di hasil copy-an tadi.

------
Kembali ke kasus
------
Kalau sudah jadi shape picture (sudah bukan chart lagi), maka connector
bisa dipasang.

co.id [belajar-excel] <[hidden email]>:

> Bisa Mr,…
>
> Tapi sayang nggak bisa dikasih connector ya
>

> Wassalam
>
> Heru Safrudin

eh lupa belum paste ke range K5
Baris ini :
set shpCHT=sheets("myQRLabel").shapes("chtTPL").duplicate
Jadi begini :
sheets("myQRLabel").shapes("chtTPL").copy
sheets("myQRLabel").range("k5").pastespecial xlpastevalues
> [...]

> Kembali ke kasus
> ------
> Kalau sudah jadi shape picture (sudah bukan chart lagi), maka connector

** Oh ya ya Mr. , sampe gak kepikiran group shape. Gara gara mikirin solusi shape dengan fill gambar yang bisa rata kiri

Terima kasih Mr.

Wassalam

Heru Safrudin

> [...]

image003.jpg (458 bytes) Download Attachment

RE: [belajar-excel] Mengisi Shape dengan gambar rata kiri

Yth. Mr. Kid,

Lalu bagaimana cara mengubah properti masing-masing shape dalam grup ?

Sehingga bisa menjadi seperti berikut ini ini:

Ini hasil manualnya

Wassalam

Heru Safrudin

> [...]

Adapun format manualnya sebagi berikut :

image001.png (317K) Download Attachment
image002.png (8K) Download Attachment
image003.jpg (582 bytes) Download Attachment
image004.jpg (496 bytes) Download Attachment
image005.jpg (458 bytes) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Mengisi Shape dengan gambar rata kiri

Kalimat lengkapnya begini bukan ?

[...]

Akhirnya, pengubahan isi tetap dilakukan pada template. Kemudian grup
template tadi di-duplicate atau di copy paste values.
Kalau di-duplicate :
1. sheet akan berisi banyak object shape dengan nama shape image dan shape
textbox yang sama. Mungkin shape bordernya juga.
2. terlalu banyak shape, suatu saat akan terasa berat saat loading (buka
file) dan save
3. terlalu banyak shape dengan nama yang sama, maka akan sulit (bukannya
tidak bisa) untuk menemukan shape yang dibutuhkan.

Kalau di-copy paste value :
1. shapes template akan di-paste menjadi sebuah shape picture.
2. jumlah shapes dalam sheet akan lebih sedikit dibanding dengan duplicate.
3. hasil paste sebagai picture membuat elemen image dan text tidak bisa
diubah lagi.
4. Pengubahan image dan text pada hasil paste dilakukan dengan membuat baru
melalui template, lalu menghapus yang lama.

[belajar-excel] <[hidden email]>:

> [...]
>

> ** Oh ya ya Mr. , sampe gak kepikiran group shape. Gara gara mikirin
> solusi shape dengan fill gambar yang bisa rata kiri

Biasanya begini :

with sheets("nama sheetnya").shapes("nama shape groupnya")
      with .groupitems("nama shape item dalam group")
                 'proses mengubah propertinya si item grup disini
      end with
      with .groupsitems("nama shape item lainnya dalam group")
                 'proses mengubah propertinya si item grup disini
      end with
end with

Kalau setiap group shape memiliki jumlah item shape yang sama dengan nama
shape yang tetap dan unique per group, maka akan cukup mudah diolah
walaupun jumlah shape akan terlalu cepat menjadi sangat banyak.

[hidden email] [belajar-excel] <
[hidden email]>:

> [...]
>

> Lalu bagaimana cara mengubah properti masing-masing shape dalam grup ?
>
> Sehingga bisa menjadi seperti berikut ini ini:

Alhamdulillah….

Terima kasih banyak Mr. Kid

Akhirnya dari data yg terkumpul  bisa saya buat silsilah keluarga yg mulai tampak hasilnya sebagai berikut:

Sayang sekali saya masih kesulitan menerapkan konektor antar shape

Sekali lagi saya ucapkan banyak terima kasih atas bimbingan Mr. Kid

Wassalam

Heru Safrudin

> [...]

Adapun format manualnya sebagi berikut :

image001.png (175K) Download Attachment