[belajar-excel] Menjalankan aplikasi dari Vba

[belajar-excel] Menjalankan aplikasi dari Vba

Milis Belajar Excel mailing list
Dear Be-Exceller

Bagaimanakah membuka aplikasi Paint.exe dari vba dan sekaligus membuka file
gambar tertentu

Kalau kode yang saya copas dari help dibawah ini hanya menjalankan
aplikasinya

Dim RetVal

RetVal = Shell("C:\Windows\system32\mspaint.exe", 4)

Mohon pembelajarannya

Wassalam

Heru Safrudin

Re: [belajar-excel] Menjalankan aplikasi dari Vba

Milis Belajar Excel mailing list
Wa'alaikumussalam wr wb

Hai Heru,

Syntax :
      Shell "nama_lengkap_program ""nama_lengkap_file"" ", mode_tampilan
dengan :
  adalah opsi tambahan yang disediakan si program yang dipanggil, pilih
salah satu lokasi, opsi selalu awali dan diakhiri dengan spasi
""nama_lengkap_file"" adalah nama file yang dapat dibuka si program yang
dipanggil (selalu dalam tanda petik)
mode_tampilan dapat dipilih dari opsi yang ada, seperti maximum (layar
penuh), normal, minimum (tampak di taskbar saja) dalam kondisi diberi fokus
(tampilan langsung pindah ke program yang dipanggil shell) atau tanpa fokus
(tampilan tetap di program pemanggil shell [dalam hal ini Excel])

Kalau di commandprompt, seperti perintah :
nama_lengkap_program "nama_lengkap_file"

Contoh :
      Shell "C:\Windows\system32\mspaint.exe
""d:\folderku\subfoldernya\Kid.bmp"" ", vbnormalfocus  'vbnormalfocus
bernilai 1
Bahasa manusianya :
"tolong jalanin (shell) program notepad ( C:\Windows\system32\mspaint.exe
), lalu bukain file gambar tertentu ya ( "d:\folderku\subfoldernya\Kid.bmp"
), lalu tampilkan sesuai setting size window defaultnya si program dan
pusatkan perhatian pada program tersebut ( vbnormalfocus )

Kalau dalam commandprompt seperti perintah :
C:\Windows\system32\mspaint.exe "d:\folderku\subfoldernya\Kid.bmp"

Contoh kalau memanfaatkan bagian yang  di ms paint adalah opsi untuk print
'/p'
    Shell "C:\Windows\system32\mspaint.exe /p
""d:\folderku\subfoldernya\Kid.bmp"" "
atau
  Shell "C:\Windows\system32\mspaint.exe
""d:\folderku\subfoldernya\Kid.bmp"" /p "

Wassalamu'alaikum wr wb

[belajar-excel] <[hidden email]>:

> [...]
>

> Wassalam
>
> Heru Safrudin

RE: [belajar-excel] Menjalankan aplikasi dari Vba

Wah mantaab Mr. Kid

Terima kasih

Wassalam

Heru Safrudin

[...]

      Shell "C:\Windows\system32\mspaint.exe ""d:\folderku\subfoldernya\Kid.bmp"" ", vbnormalfocus  'vbnormalfocus bernilai 1

[...]

    Shell "C:\Windows\system32\mspaint.exe /p ""d:\folderku\subfoldernya\Kid.bmp"" "

atau
  Shell "C:\Windows\system32\mspaint.exe ""d:\folderku\subfoldernya\Kid.bmp"" /p "

Wassalamu'alaikum wr wb

[...]

image001.jpg (582 bytes) Download Attachment
image002.jpg (496 bytes) Download Attachment
image003.jpg (458 bytes) Download Attachment