[belajar-excel] MenuMaker_UFrmAPI, (dengan teksberjalan)

[belajar-excel] MenuMaker_UFrmAPI, (dengan teksberjalan)

Longinus Along
Dear All Master,

Mohon pencerahannya,,,,untuk file yang terlamnpir pada email ini, terdapat 2 buah file yaitu 1.MenuMaker_UFrmAPI, (tanpa teksberjalan)
2.MenuMaker_UFrmAPI, (dengan teksberjalan)
 kedua menu tersebut sama-sama saya sisipkan submenu File===>Exit===>Ke Windows
 di sub menu KE WINDOWS ada macro :
Sub Exit_()
Unload frmTask
Dim w As Workbook
   For Each w In Application.Workbooks
       w.Save
   Next w
Application.Quit
End Sub

masalahnya adalah pada userform MenuMaker_UFrmAPI, (dengan teksberjalan), ketika saya klik sub menu KE WINDOWS tidak bisa keluar dari excel (Crash/hang). klu tanpa teks berjalan tidak ada masalah. saya sudah coba dengan berbagai cara tetap tidak bisa. Mohon bantuan dari master, terimakasih.

salam,
Longinus

Manu Maker Api.rar (259K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] MenuMaker_UFrmAPI, (dengan teksberjalan)

sofyanefendi
Administrator
Dear Pak Along,

Saya belum tahu sebabnya kenapa, tapi bisa dicoba tambahkan ALT+F4 sebelum Application.Quit, detailnya:

Sub Exit_()
Unload frmTask
Dim w As Workbook
   For Each w In Application.Workbooks
       w.Save
   Next w
SendKeys "%{F4}", True
Application.Quit
End Sub

Wassalaamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,
Sofyan Efendi
http://imopi.wordpress.com | http://trendmuslim.com

Re: [belajar-excel] MenuMaker_UFrmAPI, (dengan teksberjalan)

Hilman
Pake trik dikit mau gak???
Kalo mau coba trik berikut ini...
Ketika exit window di klik, routine Exit_ di ekesekusi. Namun di dalam routine nya tidak ada perintah application.quit, tetapi ditunda dikit dengan application.ontime

semoga berkenan....

Sub Exit_()
Unload frmTask
Dim w As Workbook
   For Each w In Application.Workbooks
       w.Save
   Next w

ThisWorkbook.Application.Visible = False
Application.OnTime Now + TimeValue("00:00:1"), "Exit_2"
End Sub

Sub Exit_2()
Application.Quit

Longinus

Re: [belajar-excel] MenuMaker_UFrmAPI, (dengan teksberjalan)

Hilman
Mohon maaf Pak Sofyan,
Setelah coba solusi dgn tambahkan ALT+F4, memang windows excel nya sepertinya sudah tidak ada, tapi setelah di cek di task manager, masih aktif dibelakang layar.

________________________________
> [...]

>salam,
>Longinus

Re: [belajar-excel] MenuMaker_UFrmAPI, (dengan teksberjalan)

O iya Pak Hilman, terima kasih atas koreksinya, saya sudah coba yg saran dari Pak Hilman, menggunakan ontime, jalan 100% di PC saya.

[...]

Jika application ontime membuat masalah ketika aplikasi sudah semakin
dilengkapi, coba dengan doevents dalam do loop.
Sub Exit_()
   Dim w As Workbook
   dim dtBatas as date

   Unload frmTask
   For Each w In Application.Workbooks
       w.Save
   Next w

   ThisWorkbook.Application.Visible = False

   dtbatas=now+timevalue("00:00:01")
   do
      doevents
   loop until now>dtbatas