[belajar-excel] Menulis nilai dengan desimal tertentu dari cell worksheet ke textbox di userform dan mengeluarkan nilainya kembali ke cell tertentu

Tio

[belajar-excel] Menulis nilai dengan desimal tertentu dari cell worksheet ke textbox di userform dan mengeluarkan nilainya kembali ke cell tertentu

Tio
Salam BeExcellerSaya kesulitan sekali untuk soal ini. Sudah coba googling tetap gak ketemu jawabannya.Soal saya adalah:Misal di cell A1 tertulis nilai 130.567,356. Saya ingin menuliskan nilai itu sesuai desimal apa adanya tanpa pembulatan.Di userform, yang diinginkan juga tertulis di textboxnya adalah 140.567,356. Yakni dengan separator (pemisah) ribuan dan ada nilai desimalnya tepat sesuai nilai asalnya.. Kemudian di userform itu dikalikan dengan nilai 3 misalnya. Hasil dari perkalian itu ditampilkan ke cell A2 tepat dengan desimalnya (tanpa ada pembulatan) dan ada pemisah ribuan.Bagaimana cara melakukan itu semua ? Saya frustasi mencari solusinya. Sudah cari ke google, tetap gak ada solusinya.
Terima kasih atas jawabannya. Semoga amal baiknya diterima di sisiNya. Amiin
Tio

Re: [belajar-excel] Menulis nilai dengan desimal tertentu dari cell worksheet ke textbox di userform dan mengeluarkan nilainya kembali ke cell tertentu

Agus-2
Dear Tio,
Kenapa angka di cell dan di user form berbeda? apakah memang harus
ditambah 10.000?
Perlu di ingat bahwa cell excel hanya dapat menampung 15 digit secara
akurat.
Jadi nilai 1.345.345.567.778,888 tidak dapat dihitung excel dalam cell
secara akurat, karena sudah 16 digit.
CEll excel akan membulatkannya menjadi 15 digit (1.345.345.567.778,88).
demikian pula nilai 123.456.789.012.345.678.901 akan diubah menjadi
123.456.789.012.345.000.000

Jika angka yang ditangani tidak sampai 15 digit dapat langsung
dimasukkan userform dan ke cell.
Jika angka yang ditangani lebih dari 15 digit, disimpan dalam cell
bertype text dan dihitung di vba dengan type double.

dicoba menggunakan cekrip:
TextBox1.Text = Format(Range("A1"), "#,###.######")
Range("A2") = TextBox1.Text * 3

Salam
KenangAgus

On 1/30/2019 19:59, Tio Ali [hidden email] [belajar-excel] wrote:

> [...]
> Sudah cari ke google, tetap gak ada solusinya.
>
> Terima kasih atas jawabannya. Semoga amal baiknya diterima di sisiNya.

Re: [belajar-excel] Menulis nilai dengan desimal tertentu dari cell worksheet ke textbox di userform dan mengeluarkan nilainya kembali ke cell tertentu [1 Attachment]

Jika cells sudah di format number sesuai kebutuhan, maka tampilan di cells
bisa diambil dengan properti Text.
Kalkulasinya lebih baik dilakukan antar cells saja, supaya tidak ribet
dalam membuat error trap.

File terlampir    kapan terakhir kali melampirkan file berisi VBA ya ?

vba_basic_userform.xlsm (25K) Download Attachment

RE: [belajar-excel] Menulis nilai dengan desimal tertentu dari cell worksheet ke textbox di userform dan mengeluarkan nilainya kembali ke cell tertentu

Tio Adi Bayu Adjie
Alhamdulillah. Terima kasih atas jawabannya Mr. Kid. Semoga amal baiknya di terima disisiNya. Amiin.
Maaf Mr. Kid, passwordnya di file terlampir apa ya ?
Maaf, tidak kasih file contoh, karena lupa...

Terima kasih.
Tio

Tio