[belajar-excel] Merge Tabel [1 Attachment]

[belajar-excel] Merge Tabel [1 Attachment]

Stephen Saputro
Dear teman2 semuanya,

Mohon kira nya dapat di bantu kasus saya ini. Saya sering mengambil data
dari sebuah sistem. Data tersebut saya namakan tMaster. Data tersebut saya
simpan sebagai database di sebuah excel dengan nama tInput.

[image: image.png]

[image: image.png]

Setiap hari nya, data yang ada di sistem selalu berubah, sehingga data yang
di masukan ke tInput pun berubah. Biasa nya untuk mengetahui data mana saja
yang berubah, saya mencarinya dengan dengan membuat pivot secara manual
dengan tabel gabungan antara tInput dan tMaster secara manual juga. Dari
situ akan keliatan "Difference" nya.

[image: image.png]

[image: image.png]

Dari Difference yang ada, berarti itulah yang saya harus tambahakan ke
tInput agar tetap bisa update.

Pertanyaan saya bagaimana cara nya agar bisa membuat nya lebih ringkas lagi
dan tidak usah membuat manual tabel combine dan manual pivot untuk mencari
differencenya.

Sebelum nya saya sudah coba dengan membuat  merge tabel, Jadi saya hanya
perlu dowload data tMaster dan copy ke sheet tertentu. Tapi hasil dari
merge tidak sesuai yang di harapkan.

Terima kasih

image.png (19K) Download Attachment
image.png (20K) Download Attachment
image.png (25K) Download Attachment
image.png (45K) Download Attachment
Merge Tabel.xlsx (460K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Merge Tabel

Ini maksudnya mengambil nilai terbaru dari inputan yang ada ?
Misal :
Jika di xlDB ada item A nilai 100
lalu dari sistem ada item A nilai 200
maka nanti di xlDB harusnya menjadi item A nilai 200
Betulkah ?

Jika di xlDB ada item B nilai 100
lalu dari sistem tidak ada item B
maka tetap di xlDB ada item B nilai 100
Begitu ?

Jika di xlDB tidak ada item C
lalu dari sistem ada item C nilai 100
maka di xlDB menjadi ada item C nilai 100
Iya gak ?

Jika di xlDB ada item D nilai 100
lalu dari sistem ada item D nilai 100
maka di xlDB, item D tetap nilai 100
Gimana ?

Kalau iya seperti demikian,
Step manualnya begini :
1. Copy data dari sistem ke sheet kosong bernama X misalnya
2. Copy data dari xlDB juga ke sheet bernama X tadi, tapi letakkan di bawah
data dari sistem tadi
3. Lakukan remove duplicates berdasar semua kolom key selain kolom nilai
(misal Doc dan Tgl)
4. Hapus semua records di xlDB
5. Copy hasil di sheet bernama X ke xlDB

On Thu, Jul 11, 2019 at 5:10 PM Stephen Saputro [hidden email]
[belajar-excel] <[hidden email]> wrote:

> [...]
>
> Sebelum nya saya sudah coba dengan membuat  merge tabel, Jadi saya hanya
> perlu dowload data tMaster dan copy ke sheet tertentu. Tapi hasil dari

Tapi, jika yang diinginkan adalah menyimpan records perubahan nilai dari
waktu ke waktu pengambilan data dari sistem, maka sebaiknya ditambahkan
sebuah kolom baru bernama tanggal update.
Proses bisa disusun dengan PowerQuery tanpa PowerPivot.

Contoh terlampir : (pastikan fitur PowerQuery telah ter-install dan aktif)
1. re-Merge Tabel1.xlsx -> mendapatkan data ter-update untuk xlDB (bukan
perubahan nilainya) dengan adanya data baru yang diambil dari sistem.
2. re-Merge Tabel2.xlsx -> mencatat setiap perubahan nilai di setiap
pengambilan data dari sistem, dan disimpan ke xlDB (ditambahkan sebagai
records baru).

Catatan :
query pengambilan data dari sistem bisa dikembangkan untuk langsung
mengambil ke database sistem atau dari file keluaran sistem.
misal, sistem mengeluarkan data dalam bentuk text file, maka query
pengambil data dari sistem bisa diubah untuk mengambil langsung ke text
file tersebut.

On Sat, Jul 13, 2019 at 6:13 AM 'Mr. Kid' [hidden email]

re-Merge Tabel1.xlsx (37K) Download Attachment
re-Merge Tabel2.xlsx (40K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Merge Tabel

Stephen Saputro
Terima kasih banyak Pak Kid untuk bantuannya.

Saya akan coba pelajari dulu pak, dan mungkin akan balik dengan pertanyaan
lagi, semoga tidak bosan2 untuk membantu,hehehehe

On Sun, Jul 14, 2019 at 1:49 PM 'Mr. Kid' [hidden email]
> [...]

> misal, sistem mengeluarkan data dalam bentuk text file, maka query
> pengambil data dari sistem bisa diubah untuk mengambil langsung ke text

Pak Kid,

Saya sudah mencoba membuat simulasi nya, hanya saja untuk tblHASIL nya
angka nya justru menambah, bukan selisih nya yang di munculin. sbg contoh
misalkan untuk Doc No 123456 dengan angka 1, dan di tabel satu nya lagi
dengan Doc No yang sama dengan angka 2, hasil nya menjadi 3, bukan 1
sebagai selisih nya.

Untuk Grouped Rows nya sudah saya buat seperti di contoh.

Terima kasih

On Tue, Jul 16, 2019 at 8:00 AM Stephen Saputro <[hidden email]>
wrote:

> [...]
>
> Saya akan coba pelajari dulu pak, dan mungkin akan balik dengan pertanyaan
> lagi, semoga tidak bosan2 untuk membantu,hehehehe

hmmm...

Anda pakai file yang mana ? file 1 atau file 2 ?
1. re-Merge Tabel1.xlsx -> mendapatkan data ter-update untuk xlDB (bukan
perubahan nilainya) dengan adanya data baru yang diambil dari sistem.
    > data baru masuk, lalu refresh

[image: Capture11.JPG]

     > hapus isi tabel xlDB

[image: Capture12.JPG]

     > copy dari tblHASIL ke xlDB

[image: Capture13.JPG]

> [...]
records baru).
    > data baru masuk, lalu refresh all -> tblHasil akan menghasilkan
records berisi nilai perubahannya.

[image: Capture21.JPG]

     > records dari tblHASIL di-copy ke xlDB, lalu refresh all lagi ->
records di tblHASIL akan kosong karena sudah tidak ada selisih

[image: Capture22.JPG]

Lalu, yang disebut :

> [...]
> 1, dan di tabel satu nya lagi dengan Doc No yang sama dengan angka 2, hasil
> nya menjadi 3, bukan 1 sebagai selisih nya."

itu yang mana ya ?

On Tue, Jul 16, 2019 at 4:13 PM Stephen Saputro [hidden email]
> [...]

> sebagai selisih nya.
>
> Untuk Grouped Rows nya sudah saya buat seperti di contoh.

Capture11.JPG (101K) Download Attachment
Capture12.JPG (101K) Download Attachment
Capture13.JPG (100K) Download Attachment
Capture21.JPG (150K) Download Attachment
Capture22.JPG (148K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Merge Tabel

Stephen Saputro
Pak Kid,

Saya pake yang file 2 yang mencatat setiap perubahan nilai.

Jadi saya coba buat sendiri lagi di power queary seperti contoh file 2,
hanya saja waktu membuat Grouped Rows, angka nya jadi bertambah seharus nya
kan selisih angka nya saja yang muncul seperti di contoh file 2

On Tue, Jul 16, 2019 at 4:29 PM 'Mr. Kid' [hidden email]
> [...]

Capture13.JPG (100K) Download Attachment
Capture21.JPG (150K) Download Attachment
Capture22.JPG (148K) Download Attachment

oh gitu...
berarti ada yang kurang teliti dalam meniru prosesnya.
dicoba lagi untuk lebih teliti ya...

met mencoba...

On Tue, Jul 16, 2019 at 5:04 PM Stephen Saputro [hidden email]
> [...]

Capture13.JPG (100K) Download Attachment
Capture21.JPG (150K) Download Attachment
Capture22.JPG (148K) Download Attachment

Hehehe, baik pak saya coba lagi

On Tue, Jul 16, 2019 at 5:06 PM 'Mr. Kid' [hidden email]
> [...]

Capture13.JPG (100K) Download Attachment
Capture21.JPG (150K) Download Attachment
Capture22.JPG (148K) Download Attachment

Terima kasih untuk bantuannya, masalah saya sudah solved