[belajar-excel] Merge tabel dan Data Model

[belajar-excel] Merge tabel dan Data Model

Stephen Saputro
Permisi semuanya,

Maaf saya mau tanya lagi. Jadi saya punya sebuah tabel yang saya simpan di
data model. Dan di data model tersebut sudah saya buat banyak formula, dan
juga sudah banyak report yang di hasil kan dari formula tersebut.

Rencana nya akan ada penambahan satu tabel lagi yang akan di merge dengan
tabel yang saya sebut kan di atas, Tapi hasil merge nya itu masuk di dalam
data model yang ada seperti yang saya sebutkan di atas juga. apakah bisa
seperti itu ?
maksud nya adalah supaya saya tidak perlu mengulang lagi semua formula dan
report yang sudah saya buat sebelum nya di data model yang baru

Re: [belajar-excel] Merge tabel dan Data Model

Bisa dan juga tidak bisa. Tergantung karakteristik data dan proses bisnis
yang dibutuhkan untuk mencapai target output.

btw,
gambar ini supaya relatif lebih bisa seragam pengertian dari suatu istilah.

[image: xl044_pq_merge_append.gif]

Merge alias Combine alias Join memiliki 3 konsep pokok yang dapat menjadi
berbagai varian hasil.

xl044_pq_merge_append.gif (29K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Merge tabel dan Data Model

Stephen Saputro
Terima kasih banyak Pak Kid untuk penjelasannya. Kalau mau di lihat, sperti
nya kasus saya ini cocok nya append. Mohon bantuan dan petunjuk nya ya Pak,
soalnya waktu saya membuat append dan di simpan di data model, maka yang
tersimpan di data model adalah data yang baru, artinya saya harus membuat
seluruh perhitungan di data model dari awal lagi. Apakah bisa Pak, tetap
data model yang lama yang di pertahankan dengan ada nya ketambahan tabel
yang baru.

Jadi cerita nya seperti ini :

Dari tabel di bawah ini :
[image: image.png]

Saya coba buat kalkulasi dsb di dalam data model :

[image: image.png]

Dan dari data model ini, saya membuat report nya :

[image: image.png]

Kemudian, akan ada penambahan tabel baru (tblBARU) seperti di bawah ini :
[image: image.png]

Dengan ada nya penambahan tabel baru (tblBARU), maka report yang di
harapkan adalah seperti ini :

[image: image.png]

Salam
SS

On Mon, Jul 22, 2019 at 9:15 PM 'Mr. Kid' [hidden email]
> [...]

> Regards,
> Kid

xl044_pq_merge_append.gif (29K) Download Attachment
image.png (28K) Download Attachment
image.png (37K) Download Attachment
image.png (29K) Download Attachment
image.png (8K) Download Attachment
image.png (33K) Download Attachment
Merge or Append.xlsx (517K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Merge tabel dan Data Model [1 Attachment]

hmmm....

Pada pengolahan data analytic, perlu dipahami lebih dulu seperti apa itu
dimensi, seperti apa itu tabel utama, measure itu apa, dan sebagainya.
Data analytic berusaha menghindari calculated fields. Jadi selalu berusaha
memaksimalkan Measures.

File terlampir semoga bisa memberi gambaran awal tentang hal diatas.

On Wed, Jul 24, 2019 at 6:39 PM Stephen Saputro [hidden email]

re-Merge or Append.xlsx (959K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Merge tabel dan Data Model

Stephen Saputro
Pak Kid,

Terima kasih banyak untuk bantuannya. ternyata bisa dengan membuat
relationship..heheheh

Untuk measure nya, saya akan coba belajar lagi dalam hal penulisan nya.

On Wed, Jul 24, 2019 at 9:20 PM 'Mr. Kid' [hidden email]