[belajar-excel] Merubah Format Tanggal [1 Attachment]

[belajar-excel] Merubah Format Tanggal [1 Attachment]

Heru Adi
Assalamu'alaikum.
Dear mr. kid dan teman2 milis excel.
saya mau bertanya bagaimana cara merubah format tanggal yang di import dari sistem menjadi format tanggal aktif di excel dengan menggunakan formula excel...
sebelumnya saya ucapkan terimakasih banyak atas bantuannya...
note : file terlampir

Best Regards,

Heru Adi

tanggal.xlsx (15K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Merubah Format Tanggal

Wa'alaikumussalam wr wb

hmmm...
sayangnya tidak dijabarkan lebih detil tentang proses import-nya.

Andai sumber data dari sebuah file berupa text file, saat import data, akan
muncul penentuan datatype setiap kolom hasil import. Pada kolom tanggal
tersebut, bisa dipilih tipe Date dengan format DMY.
Andai sumber data dari sebuah database, proses import bisa menggunakan
query, dan dalam query tersebut bisa diproses langsung agar berformat date
atau jika bertipe text, buat agar bersusunan YYYY-MM-DD, maka Excel akan
menerima data hasil import tersebut dengan baik.
Andai sumber data di copy lalu paste ke Excel, ada baiknya menggunakan
fitur Text To Column dan di set tipe pada kolom tanggal sebagai Date dengan
format DMY.
Andai memungkinkan menggunakan fitur seperti PowerQuery, proses penyusunan
kolom tanggal menjadi bertipe date dilakukan di dalam proses etl PowerQuery
tersebut.
Andai sukanya langsung menggunakan Excel Data Model (pakai fitur
PowerPivot), proses penyusunan date dilakukan di data model-nya.

Sampai disini, pasti bertanya-tanya, kenapa ditanyakan formula konversi
date kok malah dijawab panjang lebar yang tidak ada hubungannya dengan
pertanyaan.

Begini...
Prinsip dasar menggunakan Excel :
"Jika Excel memungkinkan untuk mendapatkan data clean (data yang siap
pakai), maka tempuhlah usaha mendapatkan data clean tersebut".

Pada pertanyaan Anda, ada kalimat hasil import. Berarti data dari lokasi
diluar Excel (apapun bentuknya). Untuk bisa masuk ke Excel, ada banyak
cara. Disetiap cara masuk ke Excel tersebut ada suatu rangkaian proses.
Dalam rangkaian proses itu sebaiknya ada usaha mendapatkan data yang siap
pakai (data clean). Jadi mengkonversi data tanggal tersebut, sebaiknya
dilakukan sebelum masuk ke Excel, yaitu di dalam proses import itu sendiri
kalau tidak memungkinkan untuk di proses di mesin sumber data.

Proses konversi dilakukan di dalam Excel dengan formula tentu akan menambah
beban kerja Excel.
Bukankah lebih bermanfaat jika pembebanan kerja kepada Excel untuk
komputasi lain yang lebih pokok ?
Bagaimana ? Setuju ? (tidak perlu setuju kok, gak setuju juga tak mengapa).

> Kalau pakai formula, ada 3 proses dalam formula, yaitu :
1. ambil setiap part
    > ini sudah berisi 3 sub proses sendiri, karena mengambil part tahun,
part bulan, part tanggal [buat saja dalam 3 kolom terpisah dulu, pakai
fungsi Left, Mid, Right lalu dikali 1 setiap partnya]
2. untuk part tahun, jika berupa 2 digit tahun, maka perlu proses
penyusunan nilai tahun 4 digit
    > artinya akan ada proses pemeriksaan, nilai part tahun akan diberi
awalan 19 supaya jadi 1998 misalnya atau diberi awaln 20 seperti 2018
misalnya.
        * di kolom lainnya lagi dulu, pakai IF, jika hasil kolom part tahun
< 31, maka 2000. Selainnya 1900. Lalu ditambah dengan part tahun
3. susun setiap part dalam fungsi penyusun data bertipe date, seperti
fungsi Date [date( part tahun 4 digit, part bulan, part nilai hari )
    atau jika sebagai text, maka susun setiap part dalam format YYYY-MM-DD
lalu dikali dengan 1, seperti = 1* (part tahun 4 digit & "-" & part bulan &
"-" & part nilai hari )
Bagaimana ? bisa terbayang berapa beban kerja yang diberikan kepada Excel
hanya untuk konversi date ? Padahal ada potensi untuk mengalihkan beban ini
ke dalam proses import.

> Kalau import tetap dalam keadaan seperti itu (tidak ada usaha konversi
saat proses import supaya Excel dapat data yang sudah bagus [data clean])
Fitur text to column bisa dimanfaatkan (daripada pakai formula). Lakukan
Text To Column pada kolom tanggal, dengan delimited berupa tab, lalu
tentukan tipenya adalah Date dengan format DMY.
Atur lokasi hasil (bisa di kolom asal, bisa dikolom lain [kalau pakai
formula pasti harus di kolom lain bukan ?]) lalu OK and done.

> Kalau import seperti itu, bisa juga pakai power query,
tapi hasilnya adalah tabel di tempat lain, bisa di worksheet lain atau di
data model sekalian.
cukup lakukan refresh all (ada di ribbon data) jika ada pengubahan nilai di
sumber data

Kira-kira begitulah...

On Sat, Dec 8, 2018 at 11:51 PM Heru Adi [hidden email] [belajar-excel] <
[hidden email]> wrote:

> [...]
> formula excel...
>
> sebelumnya saya ucapkan terimakasih banyak atas bantuannya...

RE: [belajar-excel] Merubah Format Tanggal [1 Attachment]

M.Ade Alfarid
Monggo dicek dulu,

Format yg diimport kan dd.mm.yy (10.02.18).

Hasil import ke excel adalah bertipe text bukan number (sedangkan
date/tanggal di excel adalah bertipe number).

Yg jadi problem adalah untuk 18 itu tahun berapa? 0018 atau 0118 atau 1118
atau 1718 atau 1818 atau 1918 atau 2018?

Bagaimana excel tau(mengenali) seandainya yg dimaksud adalah tahun 1618
atau 2018? Mungkin punya syaratnya?

Atau ketika diimport coba pastikan diimport dengan bertipe date/tanggal.

ade

[...]

image001.jpg (578 bytes) Download Attachment
image002.jpg (492 bytes) Download Attachment
image003.jpg (454 bytes) Download Attachment
re-tanggal.xlsx (40K) Download Attachment