[belajar-excel] Merubah nilai pecahan (inch) ke mm [1 Attachment]

[belajar-excel] Merubah nilai pecahan (inch) ke mm [1 Attachment]

Milis Belajar Excel mailing list
Salam BeExceller,

Mau tanya, bagaimana untuk mengubah angka inch ke mm di Userform ?

Seperti di text box

Tertulis

Nilai Pecahan (inch)

Hasil di Nilai Pecahan (mm)

1/4

6.35

1/2

12.7

3/4

19.05

3/8

9.525

1 1/4

31.75

1 3/4

44.45

Saya pakai Val function, gak berhasil ya ?

File terlampir.

Terima kasih.

Salam.

Convert text to number.xlsm (26K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Merubah nilai pecahan (inch) ke mm

Milis Belajar Excel mailing list
Hai Tio,

Jika inputan dalam inch adalah suatu nilai yang standard, seperti dimensi
penampang pipa yang memiliki standar ukuran diameter, maka ada baiknya
menggunakan combobox yang merujuk ke daftar standar ukuran yang disediakan
dalam satu sheet.

btw,
Jika inputan dalam inch adalah bebas yang sesuai ketentuan, seperti hanya
boleh angka, karakter / dan karakter spasi, maka bisa dengan baris kode
berikut :
    Dim sText As String, sTemp As String, lClean As Long
    sText = satuaninch.Text

    'ada isinya
    If Len(Trim(sText)) = 0 Then
        satuanmm.Text = vbNullString
        Exit Sub
    End If

    'validasi input berupa angka, karakter spasi, atau karakter /
    sTemp = Replace(Replace(Replace(sText, " ", vbNullString), "/",
vbNullString), """", vbNullString)
    If Not IsNumeric(sTemp) Then
        satuanmm.Text = vbNullString
        Exit Sub
    End If

    'membersihkan spasi ganda, / ganda, dan spasi sebelum atau sesudah /
    For lClean = 1 To 20
        sText = Replace(Replace(Replace(Replace(sText, "  ", " "), " /",
"/"), "/ ", "/"), "//", "/")
    Next lClean
    'mengubah spasi menjadi + dan mengimbuhi = didepan teks
    sText = "=" & Replace(sText, " ", "+")

    'hitung mm dengan dikali 25.4 mm menggunakan evaluate
    satuanmm.Text = Evaluate(sText)

[belajar-excel] <[hidden email]>:

> [...]
>
> Terima kasih.
>
> Salam.

Re: [belajar-excel] Merubah nilai pecahan (inch) ke mm

Eh baris evaluate nya belum dikali 25.4
Ditambahin sendiri ya.

Sent from my smart enough phone