Quantcast

[belajar-excel] Mohon bantuan Input CommandButton dari 2 PC ke 1 Bank Data

[belajar-excel] Mohon bantuan Input CommandButton dari 2 PC ke 1 Bank Data

Harry
Dear BeExceller,

Mohon bantuan akan pertanyaan
saya sebagaimana file terlampir.

Terima kasih atas berkenan
jawaban dan bantuannya.

Regards,

Harry

N/B:

Wbk APLIKASI selalu Open sedangkan Wbk DATABASE selalu tertutup (tidak aktif) pada file yang berbada

wbk Aplikasi.Open & wbk Database.Close.rar (69K) Download Attachment

Bls: [belajar-excel] Mohon bantuan Input CommandButton dari 2 PC ke 1 Bank Data

Harry
Dear BeExceller,

Mohon bantuan dan/atau penjelasan akan pertanyaan saya tersebut dibawah ini ()
Bisa atau tidaknya hal tersebut direalisasikan.

Terima kasih.

Regards,

Harry

________________________________
 Dari: Harry <[hidden email]>
Kepada: "[hidden email]" <[hidden email]>
Dikirim: Selasa, 21 Februari 2012 19:52
Judul: [belajar-excel] Mohon bantuan Input CommandButton dari 2 PC ke 1 Bank Data

[...]

Re: [belajar-excel] Mohon bantuan Input CommandButton dari 2 PC ke 1 Bank Data

Coba bapak telusuri kembali seluruh isi thread yang berasal dari bapak
sejak mulai tentang hal ini. Disana ada cara dengan ADO Connections.
Proses buka tutup koneksi juga telah dijabarkan disana. Cara ini umumnya
lebih praktis dan cepat.

Jika menggunakan object workbook, maka file harus dibuka. Sedangkan kendala
yang Bapak sampaikan adalah proses buka dan tutup database berlangsung lama.
Artinya, proses buka tutup akan tidak memungkinkan.

Jika kemudian menjadi memungkinkan, kendala yang muncul berikutnya adalah
penggunaan bersama.
Meski workbook database terbuka terus, tetapi terbuka dimana ?
Object workbook membutuhkan rujukan yang jelas lokasi terbukanya workbook
di komputer lokal (setahu saya). Untuk membuka workbook tertentu, bisa di
komputer manapun dalam jaringan, tetapi si workbook exist dalam proses
windows komputer lokal si user.

File terlampir adalah contoh untuk mengetahui, apakah file datatbase dibuka
dalam keadaan ReadOnly (karena sedang dibuka oleh instansi Excel lain entah
dimana).
Script diletakkan pada form frmregistrasi pada event click commandbutton
cmdAdd
penggalan beberapa baris awal script dalam event tersebut sampai dengan
blok cek status readonly :
Private Sub cmdAdd_Click()
   Dim iRow As Long, Reg As Range, oCtrl As Control

    '----------------------------
    'Kid : 2012-01-29 : modified
    'Kid : 2012-02-23 : tambahkan blok cek workbook terbuka as read only
    '----------------------------
    'deklarasi variabel workbook
    Dim wbkA As Workbook, wbkDB As Workbook

    'init workbooknya
    Set wbkA = ThisWorkbook

    '--- WBK READ ONLY ??? ---' >> START
    Dim lTry As Long, lJeda As Long
    Application.ScreenUpdating = False
    Application.DisplayAlerts = False
CobaBuka:
    For lTry = 1 To 20
        Set wbkDB = Workbooks.Open(wbkA.Path & "\database.xls")
        If wbkDB.ReadOnly Then
            wbkDB.Close False
            If lTry = 20 Then
                If MsgBox("Sudah dicoba membuka " & lTry & _
                        " kali, dan masih digunakan oleh instansi Excel
yang lain" & vbCrLf & _
                        "Coba lagi ?", vbExclamation + vbYesNo, "Akses ke
database") = vbYes Then
                    GoTo CobaBuka
                Else
                    Application.ScreenUpdating = False
                    Exit Sub
        Else
            wbkA.Activate
            Exit For
        End If
        For lJeda = 1 To 100000000
        Next lJeda
    Next lTry
    Application.ScreenUpdating = True
    '--- WBK READ ONLY ??? ---' >> END

Cara mencobanya :
1. Letakkan file terlampir bersama file database.xls
2. buka windows explorer, lalu buka file database dari windows explorer
(double click)
3. buka file aplikasi dari windows explorer
4. klik tombol registrasi
5. klik tombol save

Wassalam.
Kid.

re-APLIKASI.xls (102K) Download Attachment

Bls: [belajar-excel] Mohon bantuan Input CommandButton dari 2 PC ke 1 Bank Data

Harry
Dear Mr. Kid,

Terima kasih atas berkenan penjelasan dan lampirannya. Somoga bermanfaat.

Masih berkenaan dengan lampiran yang saya kirimkantersebut, apakah CommandButton ("STATISTIK") bisa dijelaskan bisa atau tidaknya form tersebut dijalankan...???

Terima kasih & Wassalam,

Harry

________________________________
 Dari: Kid Mr. <[hidden email]>
Kepada: [hidden email]
Dikirim: Kamis, 23 Februari 2012 21:40
Judul: Re: [belajar-excel] Mohon bantuan Input CommandButton dari 2 PC ke 1 Bank Data

> [...]

Wassalam.
Kid.

On Tue, Feb 21, 2012 at 19:52, Harry <[hidden email]> wrote:

jawaban dan bantuannya.

> [...]

Re: [belajar-excel] Mohon bantuan Input CommandButton dari 2 PC ke 1 Bank Data

Bisa Pak.
Urutan prosesnya :
1. Buka file database
2. Copy nilai-nilai terkait yang ada di database ke sebuah sheet di file
aplikasi
3. Tampilkan ke setiap control yang dikehendaki.

Selamat berkreasi.
Kid.

On Fri, Feb 24, 2012 at 21:29, Harry <[hidden email]> wrote:

> [...]
> aktif) pada file yang berbada

Bls: [belajar-excel] Mohon bantuan Input CommandButton dari 2 PC ke 1 Bank Data

Dear Mr. Kid & BeExceller,

Masih berkaitan dengan topik ini dan sebagaimana informasi yang telah Mr. Kid berikan sebelumnya (tersebut dibawah) yang hasilnya sudah sangat sesuai dengan yang saya harapkan.

Lebih lanjut menganai hal tersebut, saya coba mengembangkannya sendiri dengan menambah referensi file lain yang menjadi satu kesatuan dengan rumus tersebut.

Maksudnya; Ada 3 file yang saling berkaitan yaitu wbkA, WbkDB & wbkXY.

Dari rumus yang telah diberikan Mr. Kid sebelumnya:

Dim wbkA As Workbook, wbkDB As Workbook
dll ...............

dari rumus tersebut berarti hanya ada 2 file yaitu wbkA dan wbkDB.
Saya coba menambah file ke-3 dan mengkotak-katik rumusnya sbb:
Dim wbkA As Workbook, wbkDB As Workbook, wbkXY As Workbook
dll ...............
tapi hasilnya tidak sesuai dengan yang saya harapkan bahkan ERROR.

Pertanyaan saya adalah:
Bagaimana cara dan/atau rumusnya jika hanya dengan commandbutton cmdAdd yang ada di wbkA, bisa mengirimkan data (output data) di wbkDBsekaligus di wbkXY...???

Mohon berkenan informasi dan/atau rumusnya dari rekan-rekan BeExceller sekalian.

Regards,

Harry

________________________________
 Dari: Kid Mr. <[hidden email]>
Kepada: [hidden email]
Dikirim: Jumat, 24 Februari 2012 23:24
> [...]

>2. buka windows explorer, lalu buka file database dari windows explorer (double click)
>3. buka file aplikasi dari windows explorer

jawaban dan bantuannya.

Re: [belajar-excel] Mohon bantuan Input CommandButton dari 2 PC ke 1 Bank Data

Cara set sebuah variabel object :

Dim nama_variabel_object as class_dari_objcetnya
Set nama_objectnya = methods_untuk_dapatkan_si_object

Contoh :
dim wbkXY as workbook
set wbkXY = workbooks("apa namanya")

atau pakai buka dulu :
set wbkXY = workbooks.open("full file namenya disini")

dsb.

Kid.

On Sat, Mar 10, 2012 at 20:04, Harry <[hidden email]> wrote:

> [...]
> aktif) pada file yang berbada

Bls: [belajar-excel] Mohon bantuan Input CommandButton dari 2 PC ke 1 Bank Data

Lebih jauh mengenai materi ini,
bisa atau kemungkinan bisa jika file databasenya tidak perlu dibuka. Dengan
kata lain; untuk mendapatkan data dan mengirimkan data dari file database (file
yang berbada= "d:\data\database.xls")
kita tidak perlu membuka dan/atau tidak perlu mengaktifkan file database tersebut.

Sebagaimana rumus dari Mr. kid
sebelumnya sbb:
set
wbkdb=workbooks.open "d:\data\database.xls"
rumus tersebut berarti kita harus
membuka file databasenya walaupun setelah itu bisa otomatis tertutup sendiri
setelah mengambil dan mengirimkan data dari dan ke file database tersebut.

Karena untuk proses buka dan tutup
file database sangat memakan waktu sehingga hasilnya tidak efektif dan sangat
tidak efisien.
Mohon berkenan informasi.

Regards,

Harry

________________________________
 Dari: Kid Mr. <[hidden email]>
Kepada: [hidden email]
> [...]

>2. buka windows explorer, lalu buka file database dari windows explorer (double click)
>3. buka file aplikasi dari windows explorer

jawaban dan bantuannya.

Re: [belajar-excel] Mohon bantuan Input CommandButton dari 2 PC ke 1 Bank Data

Mengambil, menulis, menghapus data di sebuah database (baik berupa
spreadsheet berkaidah database maupun di sebuah database dari aplikasi
mesin database tertentu) dapat dilakukan melalui data connection. Data
connection membutuhkan sebuah data provider. Interaksi dengan aplikasi
interface membutuhkan sebuah object. Jadi, harus ada object yang dapat
memanfaatkan data provider untuk dapat membangun koneksi dan berkomunikasi
dengan database. Misalnya VBA Excel dengan
ADO<http://support.microsoft.com/kb/257819>.

ADO adalah object untuk berhubungan dengan data provider. Object ini akan
memudahkan aplikasi interface untuk berkomunikasi aktif dengan database.
Data provider bisa dipilih sesuai database yang digunakan. Misal, untuk MS
Access atau *Spreadsheet Excel yang berkaidah database* bisa menggunakan
data provider MS Jet OLEDB (versi 2003 kebawah) atau MS ACE OLEDB (versi
2007 keatas).

Jadi, gambaran umumnya :

Database : (bisa berupa)
1. sebuah folder berisi text file (txt) yang isinya berkaidah database
2. database dari aplikasi database sederhana (seperti ms Access)
3. spreadsheet berkaidah database
4. database dari aplikasi DBMS yang besar seperti MS SQL Server, ORACLE,
MySQL, dsb

Data Provider :
Dipilih berdasar database yang digunakan. Banyak webpage yang membahas
tentang hal ini

Data Object :
Untuk aplikasi Excel VBA, bisa menggunakan ADO daripada DAO.

Bahasa komunikasi dengan database :
Structured Query Language (SQL). SQL dengan varian yang lebih native dengan
database akan lebih baik.

Syarat utama sebuah spreadsheet untuk bisa menggunakan hal seperti ini :
-> Membangun konsep pengolahan data berkaidah database
-> Menyusun data-data dasar (data source) berkaidah database

Jadi, akan perlu sedikit pengubahan cara berpikir dari aplikasi yang sudah
Bapak buat agar bisa menerapkan hal di atas.

On Tue, Mar 13, 2012 at 21:06, Harry <[hidden email]> wrote:

> [...]
> aktif) pada file yang berbada

Bls: [belajar-excel] Mohon bantuan Input CommandButton dari 2 PC ke 1 Bank Data

Berkaitan dengan penjelasan Mr. Kid ini, pernahkah dibahas dimilis tentang hal tersebut.
kalau pernah dibahas, mohon info judulnya.

Regards,

Harry

________________________________
 Dari: Kid Mr. <[hidden email]>
Kepada: [hidden email]
Dikirim: Selasa, 13 Maret 2012 22:25
> [...]

>2. Copy nilai-nilai terkait yang ada di database ke sebuah sheet di file aplikasi
>3. Tampilkan ke setiap control yang dikehendaki.

jawaban dan bantuannya.

Re: [belajar-excel] Mohon bantuan Input CommandButton dari 2 PC ke 1 Bank Data

o' Seno
coba jalan-jalan ke sini pak Harry...

di situ sepertinya ada 2 file ("SQL dan Excel"   dan  "How To Get External
Data"
yg bisa diunduh langsung.

Mengenai ADO, sebaiknya baca di tutorial2 yg ada di internet
Tampilkan Kotak Search  Oom Google, ketikkan, misalnya:  "ADO VBA tutorials"
anda sudah masuk ke sorganya ADO (kalau mau baca2)
salah satunya yg muncul link = penjelasan dari Microsoft sendiri

http://support.microsoft.com/kb/257819

Di buku-buku VB6, juga dijelaskan  "what is"  dan  "how to" - nya ADO

Demikian juga dengan "bahasa" SQL ( = banyak tutorialnya di internet)

Tanpa mengecilkan arti milis, belajar dari milis itu hanya cocok untuk
hal-hal *sepotong masalah yg sudah SANGAT SPECIFIK*

Manakala kita ingin mengetahui *"sesuatu" dari A sampai Z nya*, siapakah yg
mau menulis BUKU untuk dijadikan posting (berupa email) ke milis?
misalnya pun mau juga, apakah punya waktunya?

Kitalah yg harus mencari BUKUnya sendiri baik "buku kertas" maupun
"electonicBook"

*
*
*Tabel berkaidah database*
Paling sederhana kita belajar Access, di bagian permulaan kita akan langsung
di SURUH / DIPAKSA membuat tabel yg tidak sembarangan seperti menulis data
di excel
(yg *kita kira* database, tetapi sebenarnya sering bukan database, walapun
sering kita lihat
Tab nya diberi nama 'Database'  ).

On top of thats... (karena semua itu akan diaplikasikan bekerja sama dengan
Excel)
Excel kita sendiri juga harus diperkuat dulu
Janganlah sampai : *mengenai formula* kita masih "putus-nyambung", tetapi
sudah ingin
VBA, SQL, ADO dsb, tidak ada larangan, tetapi akhirnya waktu terbuang
(untuk membaca)
mengenai hal  yg DASARnya belum kita kuasai benar

Jangan khawatir; itulah pengalaman yg saya rasakan sendiri, sampai sekarang.
( Berarti pak Harry punya teman senasib, yaitu saya...)
yg aku salut adalah semangat pak Harry yg demikian menggelegak... seperti
kawah 'Condrodimuko"

salam kompaks dlm BeExcel
tetap semangat !!

*o'Seno*