[belajar-excel] No Urut Surat otomatis

adrian piter
Selamat sore
saya mau menanyakan dan mohon bantuan formula untuk membuat no surat secara otomatis. contoh kasus saya lampirkan.
terima kasih banyak atas bantuannya.

No Surat Otomatis.xlsx (13K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] No Urut Surat otomatis [1 Attachment]

Hai Adrian,

Mungkin seperti file terlampir.

re-No Surat Otomatis.xlsx (12K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] No Urut Surat otomatis

adrian piter
Terima kasih mr Kid..tapi koq no  urut tidak mewakili datanya ya? maksudnya kalau formula yang diberikan Mr Kid mengambil data terakhir dari no surat...sementara saya kepinginnya sih sesuai no urutnya..jadi kalau penggunaan mobilnya "Tidak"maka data tidak tampil.
sekali lagi terimakasih Mr Kid.

On Monday, January 20, 2014 5:56 PM, Mr. Kid <[hidden email]> wrote:

> [...]

>terima kasih banyak atas bantuannya.

Re: [belajar-excel] No Urut Surat otomatis [1 Attachment]

Nomor surat bisa diberi fungsi kondisi. Jika nomor urut inputan
menghasilkan penggunaan mobil 'Ya', maka gunakan formula CountIFs. Jika
tidak, bisa diisi angka 0 atau sesuka Anda.
Formula Nama dan Divisi akan menghasilkan errorvalue jika nomor surat tidak
berupa bilangan asli yang kurang dari atau sama dengan jumlah  record yang
penggunaan mobil-nya 'Ya'. Fungsi IFError bisa digunakan untuk trap
errorvalue-nya.

File terlampir.

re-No Surat Otomatis_r1.xlsx (15K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] No Urut Surat otomatis

adrian piter
Yes...terima kasih Mr Kid atas solusi dan masukannya.

On Tuesday, January 21, 2014 3:40 PM, Mr. Kid <[hidden email]> wrote:

> [...]

>sekali lagi terimakasih Mr Kid.

[belajar-excel] Copy component VBa

Heru Safrudin
Dear Master,

Adakah perintah macro untuk mengcopy komponen vba dari workbook satu ke
workbook yang lain, misal mengcopy Userfom dan Module ke workbook lain,
bagaimana caranya ?

Thanks & regards,

 <ymsgr:sendIM?heru.safrudin>

image001.gif (64K) Download Attachment
image003.gif (1K) Download Attachment

[belajar-excel] Copy component VBa

Heru Safrudin
Dear Master,

Adakah perintah macro untuk mengcopy komponen vba dari workbook satu ke
workbook yang lain, misal mengcopy Userform dan Module ke workbook lain,
bagaimana caranya ?

Thanks & regards,

 <ymsgr:sendIM?heru.safrudin>

image001.gif (64K) Download Attachment
image003.gif (1K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Copy component VBa [2 Attachments]

Hai Heru,

Jika seluruh komponen akan di-copy, lebih mudah dengan save as atau save
copy.
Jika penyalinan dilakukan saat men-design saja (bukan saat di-run), tarik
saja object yang tampak di VBProject Explorer dari satu workbook ke
workbook yang diinginkan (jadi workbook target harus terbuka)
Jika akan dilakukan dengan script karena dilakukan saat workbook sedang
digunakan oleh user (bukan oleh creator), kira-kira begini :
1. syarat :
      A. Aplikasi Excel di set Macro security Enable
      B. Trust center untuk opsi Trust access to VBProject blabla tercentang
      C. telah ditambahkan referensi bernama MS VBA Extensibility di VBE
      D. workbook target harus dalam keadaan terbuka dan tidak terproteksi
      E. workbook asal harus dalam keadaan terbuka dan tidak terproteksi

2. konsep :
       A. object components yang akan disalin di-export dari workbook asal
menjadi file lebih dulu
       B. ekstensi file adalah .cls untuk class module, .frm atau .frx
untuk userform, .bas untuk general module (code module)
       C. di workbook target dilakukan proses import object component

3. bunyi script :
dim sFile as string, wbkTarget as workbook, wbkAsal as workbook, vbpComp as
vbide.vbcomponent

'misal wbkAsal adalah workbook yang akan menyalin
set wbkasal=thisworkbook

'misal wbkTarget adalah workbook bernama myTarget.xlsm
set wbktarget=workbooks("mytarget.xlsm")

'misal object yang akan di-salin dari workbook asal adalah userform bernama
UserForm1
set vbacomp=wbkasal.vbproject.vbcomponents("UserForm1")

'file hasil export diberi nama : (ekstensi .frm karena userform)
sfile=wbkasal.path & "\" & vbacomp.name & ".frm"

'export dari workbook asal ke sebuah file
vbacomp.export sfile

'import dari file hasil export ke workbook target
wbktarget.vbproject.vbcomponents.import sfile

'hapus file hasil export
kill sfile

> [...]

image003.gif (1K) Download Attachment
image001.gif (64K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] No Urut Surat otomatis [1 Attachment]

iyanjuntak77

DH

Mr Kid saya mengikuti saran mr Kid untuk membuat vba makro numbering dengan kode :

Sub numbering()
    Dim rngOut As Range, rngFields As Range

    Set rngOut = Sheet11.Range("A13").Offset(1, 0)
    Set rngFields = Range(rngOut.Offset(0, 1).End(xlDown).Offset(0, -1), rngOut)
    With rngFields
      .Formula = "=Row()-" & rngOut.Row - 1
      .Parent.Calculate
      .Value = .Value
    End With
End Sub

ini berjalan baik jika data di baris kolom A:F lebih dari 1, tapi jika hanya ada 1 data , di kolom A numbering akan trus sd akhir kertas kerja excel tdk sesuai kebutuhan, bagaimana untuk memperbaiki nya? Jadi untuk 1 data tetap bisa normal?

Trimakasih

Re: [belajar-excel] No Urut Surat otomatis [1 Attachment]

Sebaiknya Anda mendaftar menjadi anggota milis Belajar-Excel.

Dengan begitu, semakin banyak BeExceller yang akan mencoba untuk membantu.
Jarang sekali anggota milis Belajar-Excel yang berkeliaran di backup (yang ada di Nabble ini).

Cara join ke milis Belajar-Excel adalah dengan mengirimkan email kosong ke :
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

Kemudian posting seluruh masalah kepada seluruh BeExceller dengan membuat email baru pada akun email pribadi Anda yang ditujukan ke :
belajar-excel@yahoogroups.com