[belajar-excel] Not Enough Memory [1 Attachment]

[belajar-excel] Not Enough Memory [1 Attachment]

السَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Semangat pagi,.

Dear para suhu,

Baru beberapa bulan lalu saya upgrade ke Excel 2013.
Excel saya sering mengeluarkan Not Enough memory, padahal semuanya cukup.

Adakah yang salah dengan saya ?!

وَالسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Warm Regards,

fccgbofjoelgpbnc.png (183K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Not Enough Memory

Milis Belajar Excel mailing list
Wa'alaikumussalam wr wb

Hai Heri,

Sayangnya tidak tampak ada berapa workbook yang dibuka.
Mungkin opsi Ignore blabla use DDE di Excel Options Advanced bagian General
dihilangkan centangnya.

btw,
Ingatlah selalu begini :
1. Satu Excel bisa berisi banyak workbook.
    Satu Excel dibatasi penggunaan RAM nya sebesar 2GB (office 32bit) atau
4GB (office 64bit) walau si kompi sudah dipasang RAM 16GB
    Aplikasi Excel sendiri membutuhkan sekitar 0.5GB untuk bekerja.
    Artinya, hanya tersisa sekitar 1.5GB (office 32bit) atau 3.5GB(office
64bit) untuk digunakan bersama oleh workbooks yang dibuka.

2. Jika 1 Excel dipakai membuka 4 workbook dan si Excel beneran pakai
sampai 0.5GB,
    maka 4 workbook itu memanfaatkan 1.5GB atau 3.5GB (tergantung bit
office) bersama-sama.
    Kalau workbook ke-1 butuh RAM 0.5GB
              workbook ke-2 butuh RAM 0.6GB
              workbook ke-3 butuh RAM 0.7GB
              workbook ke-4 butuh RAM 2GB
    Maka pada office 32bit bisa jadi saat akan membuka workbook ke-3 sudah
out of memory.
    Sedang pada office 64bit kemungkinan saat membuka workbook ke-4 akan
muncul out of memory

3. Kalau kompi punya RAM 16GB dan ingin agar Excel bisa memanfaatkan 12GB
dari RAM yang ada,
    maka perlu menjalankan Excel 6 bijik pada office 32bit dan 3 bijik di
office 64bit, sehingga kalau dilihat di Task Manager akan ada 3 bijik Excel.
    Inilah yang disebut instansi.
    Jadi ada lebih dari 1 instansi aplikasi Excel yang sedang dijalankan
oleh si kompi,
    yang masing-masing instansi punya jatah 2GB RAM (office 32bit) atau 4GB
(office 64bit)

    Nah, pada masing-masing instansi ini, bisa dibuka lebih dari 1 Workbook.
    Misal, Excel instansi ke-1 membuka workbook ke-1 dan ke-2
               Excel instansi ke-2 membuka workbook ke-3
               Excel instansi ke-3 membuka workbook ke-4

    *** Antar instansi Excel tidak dapat berhubungan.
ke-2 tidak akan bekerja

4. Mengatur agar Excel selalu membuat instansi baru jika dijalankan melalui
program files atau
    ada excel files yang di double click di windows explorer membutuhkan
akses ke system registry.
    btw,
    biasanya bisa juga dengan cara begini :
    tekan tombol CTRL di keyboard dan jangan dilepaskan -> di desktop ->
klik Start -> klik icon Excel -> muncul kotak pesan
    -> tombol CTRL sudah boleh dilepas -> pilih YES supaya bekerja dalam
safe mode.

Wa'alaikumussalam wr wb

[belajar-excel] <[hidden email]>:

> [...]
>

> وَالسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
>
> Warm Regards,

fccgbofjoelgpbnc.png (183K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Not Enough Memory [2 Attachments]

Milis Belajar Excel mailing list
Alhamdulillah,

Dear Mr. Kid,

Untuk meringankan Excel Workbook yang saya buka hanya satu saja,
dan saya sudah coba untuk Ignore pada advance Option.

Kemudian muncul masalah baru seperti dibawah.

Fyi, ini selalu kejadian ketika saya buka Attachment langsung dari Email.
Tetapi selalu berhasil ketika Attachment saya save dulu, baru kemudian
dibuka.

Warm Regards,

gpmkfpnbcaifadnd.png (14K) Download Attachment
fccgbofjoelgpbnc.png (183K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Not Enough Memory

Milis Belajar Excel mailing list
Hai Heri,

Options blabla DDE itu TIDAK dicentang supaya saat membuka workbook
mengandalkan file associations. Setelah set excel options, tutup semua
Excel lebih dulu.
Lalu coba buka dari windows explorer. Mungkin perlu juga membuka langsung
dari attachments file ya...
saya biasanya download attachments dulu baru dibuka, supaya bisa meletakkan
filenya di lokasi yang sesuai. rada-rada gak percaya sama si windows bakal
membuang si file attachments yang dibuka kalau dah selesai (di-close).

Jadi biasanya kalau ada file yang dijalankan langsung (misal dari windows
explorer), maka akan dikirim message ke Excel (DDE). Karena sudah TIDAK
dicentang, maka message ini diabaikan, sehingga file akan dibuka biasa saja
mengikuti si file associations.

DDE tidak ada hubungannya dengan Not Enough Memory ya...