[belajar-excel] Object Library invalid or contains references to object defintions that could not be found

[belajar-excel] Object Library invalid or contains references to object defintions that could not be found

Tio Adi Bayu Adjie
Dear B-Exceller,
Saya sedang buat aplikasi database tapi setelah sekian lama, ketika buka form, ada error yang berbunyi Object Library invalid or contains references to object defintions that could not be found. Padahal saya tidak pakai date picker. Kira-kira apa ya penyebabnya dan bagaimana solusinya ? terima kasih.

___

Re: [belajar-excel] Object Library invalid or contains references to object defintions that could not be found

Coba di cek di komputer yang bermasalah :
1. ke VBE (alt f11)
2. menu Tools -> references -> mucul dialog window
3. cari dalam daftar, semua yang ada tulisan berbunyi MISSING
4. tulis lengkap semua yang berbunyi MISSING tersebut dan posting ke milis

On Fri, Jan 11, 2019 at 6:35 AM Tio Adi Bayu Adjie [hidden email]

> [...]

RE: [belajar-excel] Object Library invalid or contains references to object defintions that could not be found

Tidak ada referensi yang missing. Ini referensi saya.
[cid:image001.png@01D4B036.405A4F90]

Saya coba browsing ke internet dan disuruh delete file yang berextension *.EXD. Dan setelah saya hilangkan di directory c yg extensi exd. , problem solved. Bagaimana menurut Mr. Kid dan teman-teman. Apakah ada pengaruhnya ke aplikasi saya kalau menghilangkan file extension exd ?

Terima kasih atas jawabannya.

image001.png (15K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Object Library invalid or contains references to object defintions that could not be found

Biasanya kalau pindah versi barulah kemungkinan error akibat .exd file ini muncul.
Hanya berlaku untuk workbook berisi activex control.
Baik itu diletakkan di dalam worksheet maupun di dalam userform.
Penyebabnya adalah tidak update-nya library form.
Contoh yang berpotensi munculnya bug .exd files.
File .xls dibuat di xl2003, dipakai di xl2007 ke atas. Begitu pula sebaliknya.
File .xlsm atau .xlsx dibuat di xl versi tertentu, dipakai di xl versi lainnya. Begitu juga sebaliknya.

Belum diketahui kemungkinan muncul bug akibat pasti perpindahan bit office.
Contoh : file dibuat di xl2013 64 bit, dipakai di xl2013 32 bit.

Potensi muncul bug semakin besar ketika berpindah versi beserta bit office.
Contoh : file dibuat di xl2013 64 bit, dipakai di xl2007 (xl2007 hanya ada 32 bit).

Potensi file untuk corrupt akibat bug oleh .exd file cukup kecil.
Justru yang mengganggu adalah munculnya bug.

Ada baiknya berusaha menghindari penggunaan activex control jika versi maupun bit office yang digunakan user masih tidak seragam.

Ketika versi dan bit office user tidak seragam, dianjurkan save as .xlsm.
Ada baiknya memiliki file hasil save as dari versi excel yang dipakai user.
Misal :
file dibuat dengan xl2013 64 bit, maka buka juga di xl2010 dan save as dengan nama lain.
User dengan versi xl2010 ke bawah bisa pakai hasil save as.

Biasanya, kalau office selalu ter-update, potensi munculnya bug ini sangat kecil.

Yang pernah ditemui :
File dibuat dengan xl2007 yang tidak updated, dipakai di xl2013 ke atas.
File dibuat dengan xl2013, dibuka di xl2010 ke bawah yang tidak updated.
File .xls dengan xl2013 ke atas dipakai di xl2010 ke bawah.
File dibuat dengan xl2016 ke atas, dibuka di xl2010.

Ketika tidak ada activex yang dipakai, potensi bug .exd tidak ada.

Sent from my smart enough phone

> [...]
>

> Saya coba browsing ke internet dan disuruh delete file yang berextension *.EXD. Dan setelah saya hilangkan di directory c yg extensi exd. , problem solved. Bagaimana menurut Mr. Kid dan teman-teman. Apakah ada pengaruhnya ke aplikasi saya kalau menghilangkan file extension exd ?

Mr. Kid. Terima kasih atas jawabannya. Semoga Allah SWT membalas kebaikannnya. Amiin.
Pertanyaan lanjutan saya.

1.       Bagaimana update library form

2.       Bagaimana update file extension EXD ?

Apakah ada updatenya secara gratis ? Atau berbayar ?

Terima kasih.

Re: [belajar-excel] Object Library invalid or contains references to object defintions that could not be found

No 1. Update ke microsoft
No 2. .exd file akan dibuat saat workbook dibuka, dan akan dihapus saat
semua workbook ditutup

On Wed, Jan 23, 2019 at 10:27 AM Tio Adi Bayu Adjie [hidden email]