Quantcast

[belajar-excel] Penjumlahan sederhana yang bikin MUMET

[belajar-excel] Penjumlahan sederhana yang bikin MUMET

irwan2307
saya diminta pimpinan untuk membuat daftar umur piutang untuk customer kami yang jumlahnya ratusan, saya lampirkan file yang bikin saya mumet 7 keliling
para pakar excel tolong bantuannya ya.....

irwan wijaya

Penjumlahan sederhana bikin MUMET.xlsx (28K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Penjumlahan sederhana yang bikin MUMET

Hai Pak Irwan,

Umumnya, ketika diminta sebuah laporan dengan format khusus yang memerlukan
proses kalkulasi tertentu, maka disusunlah bentuk laporan itu sekaligus
dengan proses kalkulasi dalam struktur laporan tersebut.

Ketika struktur laporan berorientasi vertikal, umumnya akan lebih mudah
melakukan berbagai macam proses kalkulasi untuk mendapatkan nilai-nilai
yang diplaporkan.
Ketika struktur laporan berorientasi horisontal (misal berbasis series
waktu), maka potensi untuk kesulitan dalam mendapatkan nilai-nilai yang
dilaporkan (tertentu yang harus membutuhkan proses kalkulasi tertentu).
Untuk hal seperti ini, sebaiknya kembali ke bentuk dasar pengolahan data,
yaitu :
1. Bahan data yang diproses telah berkaidah database (minimal berorientasi
vertikal)
2. Hasil proses kalkulasi juga berkaidah database (minimal berorientasi
vertikal)
3. Gunakan kolom, baris atau bahkan beberapa cell bantu bila diperlukan,
tetapi tetap menjaga hasil proses tetap berkaidah database (minimal
berorientasi vertikal)
4. Menyusun laporan berdasar tabel hasil proses. Struktur laporan sesuai
kebutuhan. Formula pada laporan akan berupa formula pengambil nilai saja,
atau formula kalkulasi sederhana.
5. Coba manfaatkan fitur-fitur Excel seperti pivot table atau get external
data (memanfaatkan query) agar pola pikir penyusunan laporan tidak
terbatasi oleh formula saja, atau oleh VBA saja.

On Wed, Mar 7, 2012 at 20:36, irwan wijaya <[hidden email]> wrote:

> [...]
> keliling
> para pakar excel tolong bantuannya ya.....

re-Penjumlahan sederhana bikin MUMET.xlsx (31K) Download Attachment

Bls: [belajar-excel] Penjumlahan sederhana yang bikin MUMET

irwan2307
noted MR KID, saya sudah mulai paham dalam membuat database buku piutang,
ada beberapa hal yang membuat saya rancu dalam kasus kemarin, bagaimana jika ada piutang yang di"gantung"gara gara satu masalah dan mereka "skip"membayar untuk faktur bulan berikutnya, saya coba dengan vlookup juga belum bisa dan pakai index juga gak mudeng, tolong waktu MR KID untuk menengok permasalahan yang ada, file saya lampirkan yang baru mas,

regards,

irwan wijaya

________________________________
 Dari: Kid Mr. <[hidden email]>
Kepada: [hidden email]
Dikirim: Rabu, 7 Maret 2012 23:52
Judul: Re: [belajar-excel] Penjumlahan sederhana yang bikin MUMET

> [...]

irwan2307
noted MR KID, saya sudah mulai paham dalam membuat database buku piutang,
ada beberapa hal yang membuat saya rancu dalam kasus kemarin, bagaimana jika ada piutang yang di"gantung"gara gara satu masalah dan mereka "skip"membayar untuk faktur bulan berikutnya, saya coba dengan vlookup juga belum bisa dan pakai index juga gak mudeng, tolong pencerahannya.

regard,

Irwan Wijaya

________________________________
 Dari: Kid Mr. <[hidden email]>
Kepada: [hidden email]
> [...]

>para pakar excel tolong bantuannya ya.....

re-Penjumlahan sederhana bikin MUMET.xlsx (30K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Penjumlahan sederhana yang bikin MUMET

Yang nomor 1 :
Formula :
=IF(*SUM(E74:F74)*;IF(*SUM(E75:F75)*;0;*SUM(F$69:F74)-SUM(E$69:E74)*-*
F74+E74*);*F73-E73*)
*SUM(E74:F74)* adalah syarat bahwa ada isinya di baris itu.
Kalau ada isinya :
  cek lagi di baris berikutnya ada isinya atau tidak *SUM(E75:F75)*
      kalau ada isinya, maka isi dengan 0
      kalau tidak ada, isi dengan hitungan : *netnya seluruh transaksi
*- *netnya
baris itu*
Kalau tidak ada isinya :
  isi dengan *net baris sebelumnya*.

Yang nomor 2 :
Dibutuhkan tetenger (penanda) bahwa utang yang ini (bulan 5) memang belum
dibayarkan. Sampeyan punya gak ?

Salam.
Kid.