[belajar-excel] Pindah cell otomatis

Eira_ariE
Yth. Be-exceller

 Mohon bantuannya atas kasus saya ...

 Misalnya :
 di A1:A600 diisi data validation dengan pilihan misalnya 1, 2, 3, 4.
 Bagaimana kode macronya bila di setiap cell yang sudah diisi suatu pilihan maka, otomatis akan berpindah 1 sel di bawahnya ?

 Terima kasih.

 Ari

Re: [belajar-excel] Pindah cell otomatis

Agus-2
Dear Ari.
dicoba cekrip berikut:

Dim r As Single
r = ActiveCell.Row
Range("A" & r + 1).Select
End Sub

salam
NangAgus
On 1/26/2019 17:44, [hidden email] [belajar-excel] wrote:

> [...]
>
> Bagaimana kode macronya bila di setiap cell yang sudah diisi suatu
> pilihan maka, otomatis akan berpindah 1 sel di bawahnya ?

[belajar-excel] Re: Pindah cell otomatis

Eira_ariE
Terima kasih Pak Kenang Agus solved..
 Mohon maaf, bagaimana kalau di setiap cell kolom A cara mengisinya dengan cara memasukkan/mengetik 1 pilihan - pilihannya : 1/2/3/4 (bukan memilih dari data validation) .. jika sudah mengetik pilihan maka otomatis kursor berpindah otomatis ke sel bawahnya ..

 Terima kasih. Ari

Re: [belajar-excel] Re: Pindah cell otomatis

Agus-2
Dear Ari

Tentunya, jika diketik langsung harus ditekan enter untuk memasukkan data.

setahu saya, tidak bisa hanya mengetik angka 1 kemudian otomatis ke
baris berikutnya. (tanpa tekan enter atau keybord lainnya)

Salam

KenangAgus

On 1/27/2019 13:29, [hidden email] [belajar-excel] wrote:

> [...]
> maka otomatis kursor berpindah otomatis ke sel bawahnya ..
>
> Terima kasih. Ari

Re: [belajar-excel] Re: Pindah cell otomatis

hmmm....

coba begini :
1. di vba, buat general module dan isi dengan 2 prosedur berikut beserta
sebaris deklarasi variabelnya
public wbka as workbook, shta as worksheet     'variabel object area kerja
si penulis nilai

public sub myProc( optional lNilai as long=0 )    'proses menulis nilai
     if wbka.name=activeworkbook.name then
          if shta.codename=activesheet.name then
                if activecell.column=1 then
                      if activecell.row>1 and activecell.row<=600 then
                            application.enableeventts=false
                            activecell.value=lnilai
                            application.sendkeys "~"
                            application.enableeventts=true
                      endif
                endif
          endif
     endif
end sub

public sub AturShortcut(optional bState as boolean=false)        'pengubah
shortcut
     if bstate then    'setup tombol dan variabel object area kerja
            'nama object sheet (bukan nama caption sheet [bukan nama sheet
di tab sheet]) -> misal area kerja di sheet bernama AREA_INPUT dengan nama
object sheet adalah Sheet1
            set wbka=thisworkbook:set shta=sheet1
            application.onkey "1","'myproc 1'"
            application.onkey "2","'myproc 2'"
            application.onkey "3","'myproc 3'"
            application.onkey "4","'myproc 4'"
     else
            set wbka=nothing:set shta=nothing
            application.onkey "1"
            application.onkey "2"
            application.onkey "3"
            application.onkey "4"
     endif
end sub

lalu di sheet AREA_INPUT, dibuat prosedur events :
1. Activate dan diisi dengan baris pemanggil AturShortcut dengan nilai
bState adalah true, yaitu : AturShortcut true
2. deActivate dan diisi dengan baris pemanggil AturShortcut dengan nilai
bState adalah false, yaitu : AturShortcut

kemudian di thisworkbook, dibuat events :
[...]
3. beforeclose dan diisi dengan baris pemanggil AturShortcut dengan nilai
bState adalah false, yaitu : AturShortcut