[belajar-excel] PowerPivot ( From Date & To Date, Katogori umur) [1 Attachment]

[belajar-excel] PowerPivot ( From Date & To Date, Katogori umur) [1 Attachment]

Stephen Saputro
Halo rekan2 Excel semuanya.

Mohon kiranya dapat di bantu untuk kasus saya lagi, Kali ini saya sedang
membuat Report dari Powerpivot. Pertanyaan saya adalah :

1. Bagaimana caranya agar bisa membuat "from date" dan "to date" di report
yang pertama, agar hasil yang muncul adalah sesuai seleksi tanggal yang di
pilih

2.Di Report yang ke-2, saya mencoba untuk membuat kategori umur ( Ageing )
dari Inv yang sudah di billing. Amount yang akan muncul adalah balance dari
Billing dan Paid.

Terima kasih sekali lagi untuk bantuannya.

Salam
SS

Power Pivot3.xlsx (423K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] PowerPivot ( From Date & To Date, Katogori umur)

Buat dulu tabel referensi kelompok tanggal untuk kasus 1, dan kelompok
jumlah hari untuk kasus 2. Ada 2 tabel referensi tambahan. Isi kolom
masing-masing, teks_tampilan, nilai_mulai, nilai_sampai.
Lalu di sumber data, dibuat kolom kalkulasi untuk ambil nilai teks_tampilan
dari masing-masing tabel referensi.

Cara lain adalah dengan melakukan group di pivot table nya. Pilih rentang
group nya sesuai kebutuhan.

On Wed, Jan 9, 2019 at 5:35 PM Stephen Saputro [hidden email]
[belajar-excel] <[hidden email]> wrote:

> [...]
>
> Salam
> SS

Re: [belajar-excel] PowerPivot ( From Date & To Date, Katogori umur)

airawanp
Pak Kid,

Saya sudah coba2 sesuai petunjuak Pak Kid, tapi saya masih belum berhasil.
SAya bingung mau pake formula apa.

Untuk kasus No 1, anggap saja saya mempunya tabel sbb :

[image: image.png]
Formula yang akan di pake nnti apa ya Pak ? jadi pada waktu saya memilih
period Feb 2019, maka data yang akan di ambil adalah semua data dari
tanggal sebelum tanggal 21 Feb 2019 sampai tanggal 21 Feb 2019. Begitu juga
pada saat memilih period Jan 2019, maka data yang akan di ambil adalah
semua data dari tanggal sebelum tgl 25 Jan 2019 sampai tanggal 25 Jan 2019.
Jadi kolom date adalah batas atas dari suatu tanggal yang akan di pilih.

Untuk kasus No 2 juga saya masih bingung cara penyelesaianya.

Terima kasih

On Fri, Jan 18, 2019 at 10:56 PM 'Mr... Kid' [hidden email]

image.png (6K) Download Attachment