Quantcast

[belajar-excel] Re-Bgaimana cara menghitung rata2 conditional_lanjutan (terutama utk bu siti dan Mr. Kid)

[belajar-excel] Re-Bgaimana cara menghitung rata2 conditional_lanjutan (terutama utk bu siti dan Mr. Kid)

Suhendra St
sebelumnya terima kasih jawabanya, terutama utk Bu siti n pak Mr. Kid
tetapi jawaban yang dinginkan belum sesuai...

krn yg dinginkan, yaitu mencari nilai rata2 yg diinginkan (atau berada pd cell tertentu) ketika nilai yg dinginkan berada di antra nilai2 yg ada
seandainya dari nilai yg ditandai, [kosong (blank) ,"-" atau "0"]  maka jumlahnya otomatis dibagi jumlah nilai yg ada sesuai nilai rata2 yg dinginkan (berada pd cell tertentu tsb)

berikut cth masalh nya terlampir

terima kasih

Menghitung rata2 conditional(nilai yg dinginkan bila diantara nilai2 yg tdk dinginkan).xls (70K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Re-Bgaimana cara menghitung rata2 conditional_lanjutan (terutama utk bu siti dan Mr. Kid)

Boleh tanya juga ?
Kenapa Anda memilih yang berwarna kuning saja ?

Kid.

2011/10/17 Suhendra St <[hidden email]>

> [...]

Re: [belajar-excel] Re-Bgaimana cara menghitung rata2 conditional_lanjutan (terutama utk bu siti dan Mr. Kid)

siti Vi
kalau memang anda ingin mengKOLOR-i  beberapa cell dengan aturan yg
kita pun tidak perlu tahu; maka kita dapat merata-rata bilangan yg ada
di cell berKOLOR  (dlm suatu range tertentu)

Sesuai yg saya tangkap
walaupun diberi KOLOR tetapi yg akan di ambil reratanya adalah
** Cell berisi nilai bilangan POSITIP (walaupun diberi warna kalau negatip
dicuekin)
** Cell yg tidak blank
** cell yg tidak berisi data Text
** Cell yg berKOLOR tertentu (sesuai kriteria)

pada umusnya kita perlu kriteria (yaitu sebuah cell dengan warna tertentu)
misalnya

=AvgKolorPositip(A49:A66,O55)

dimana O55 adalah cell yg ediberi warna backgroun kuning seperti kuningnya
cell
yg ada di A49:A66
Warna tidak harus kuning asal konsisten

-ctv-

listing udfnya kira kira spt ini
Function AvgKolorPositip(Rng As Range, KriteriaWarna As Range) As Double
   Dim Kriteria As Long, x As Range, n As Long, j As Double
   Kriteria = KriteriaWarna.Interior.ColorIndex
   For Each x In Rng
   If x.Interior.ColorIndex = Kriteria Then
      If IsNumeric(x.Value) Then
         If x.Value > 0 Then
            n = n + 1
            j = j + x.Value
   Next
   AvgKolorPositip = j / n
End Function

> [...]

> seandainya dari nilai yg ditandai, [kosong (blank) ,"-" atau "0"]  maka
> jumlahnya otomatis dibagi jumlah nilai yg ada sesuai nilai rata2 yg

ctv_Hitung rata2 ColorConditional ( UDF AvgKolorPositip).xls (91K) Download Attachment
~siti

Trs: [belajar-excel] Re-Bgaimana cara menghitung rata2 conditional_lanjutan (terutama utk bu siti dan Mr. Kid)

Suhendra St
terima kasih sebelumnya atas pencerahannya

tapi walahh... Bu siti, bisa pake formula saja tidak...
karena sya beloman begitu mudeng n familiar sama si mas "VBA" nya

B'regards

Judul: Re: [belajar-excel] Re-Bgaimana cara menghitung rata2 conditional_lanjutan (terutama utk bu siti dan Mr. Kid)

> [...]

Trs: [belajar-excel] Re-Bgaimana cara menghitung rata2 conditional_lanjutan (terutama utk bu siti dan Mr. Kid)

pak Kid

karena di antara list nilai2 yg ada misalnya dlm tabel tersebut, nilai "yang berwarna kuning" (posisinya pada cell tertentu tsb, mungkin bisa dibilang tetap utk mempermudahnya x ya jgn yg fleksible) yang ingin saya cari nilai rata2 nya pak kid...

(dengan catatan, warna kuning hanya sebagai cth penandaan saja dan tidak terpengaruh dlm perhitungn atau sbg kreteria)

kalau bisa solusinya dengan formula ya pak, bukan dengan VBA spt yg bu siti kasih
maklum ilmu msih terbatas mslh begituan

terima kasih byk sblumnya

> [...]

Re: [belajar-excel] Re-Bgaimana cara menghitung rata2 conditional_lanjutan (terutama utk bu siti dan Mr. Kid)

Kadang... UDF tidak untuk di pelajari, tetapi *untuk dipakai langsung.*
tentu saja setelah di evaluasi hasilnya sesuai dengan kehendak...

Pemakaian UDF itu, seperti kita tiap hari memakai fungsi SUM, INDEX,
VLOOKUP tanpa harus tahu bgmana cara Oom Bill Gentholett membuatnya,
ya 'kan?
Nanti sambil jalan, pelan pelan VBA bisa dipelajari..

Tetapi itu semua *kalau* pak Suhendra memang ingin menggunakan
*WARNA Cell sebagai Kriteria.*

Berhubung di excel belum ada fungsi mendeteksi warna cell maka kita
harus "mbikin UDF sendiri"
(atau dengan memanfaatkan fungsi MakroExcel4, yg juga termasuk makro
hanya lain cara penggunaannya (lebih terbatas)

Seandainya, Seandainya lho ya... * bapak tahu / mau menjelaskan*
*mengapa suatu cell bapak beri warna kuning ?*
(saya fikir peberian warna itu bukan asal beri saja, tentu ada alasannya
bukan)

Nah *alasan/syarat pemberian warna *itu dapat kita bantu menuangkan
dlm bentuk* formula !  *dan dengan demikian: UDF tidak perlu lagi dipakai:
*Hello Formula, Goodbay UDF*

coba perhatikan tadi ada kata kata:
"kalau memang anda ingin mengKOLOR-i beberapa cell *dengan *
*aturan yg kita pun tidak perlu tahu*. (maka)....."

by busway, Kita masih menunggu barangkali ada penjelasan dari Pak Suhendro
alasan / syarat pemberian warna kuning pada cell spt dlm contoh

~siti

> [...]

> tapi walahh... Bu siti, bisa pake formula saja tidak...
> karena sya beloman begitu mudeng n familiar sama si mas "VBA" nya

~siti

Re: [belajar-excel] Re-Bgaimana cara menghitung rata2 conditional_lanjutan (terutama utk bu siti dan Mr. Kid)

Jadi, dengan asumsi posisinya tetap,

Cara1 : buat sebuah kolom penanda. misal nomor grup. Kemudian hitung
berdasar penanda tersebut. Karena data hanya yang positif saja, maka array
formula :
=AVERAGE(IF((P20:P32=1)*(A20:A32>0),A20:A32))
Lihat file terlampir agar lebih jelas.

Cara2 : dengan array formula langsung tanpa kolom bantu.
=AVERAGE(IF(ISNUMBER(MATCH(ROW(A20:A32)-ROW(A19),*{1,3,5,7}*
,0))*(A20:A32>0),A20:A32))
Bagian yang di-bold, bisa dituangkan dalam bentuk tabel nomor-nomor index
baris data yang akan di rerata. Dengan begitu, maka proses rerata masih bisa
bersifat agak dinamis.
;)

Regards.
> [...]

> terpengaruh dlm perhitungn atau sbg kreteria)
>
> kalau bisa solusinya dengan formula ya pak, bukan dengan VBA spt yg bu siti

re-Menghitung rata2 conditional(nilai yg dinginkan bila diantara nilai2 yg tdk dinginkan).xls (71K) Download Attachment

Bls: [belajar-excel] Re-Bgaimana cara menghitung rata2 conditional_lanjutan (terutama utk bu siti dan Mr. Kid)

Suhendra St
baik, terima kasih ya atas pencerahannya pak Kid...coz sesuai maksud yg dituju

itu sangat membantu n menginspirasi...

tengkyu...

Dari: Kid Mr. <[hidden email]>
Dikirim: Senin, 17 Oktober 2011 19:01