[belajar-excel] Resume Data Training - Follow up Solusi dari Mr. Kid

[belajar-excel] Resume Data Training - Follow up Solusi dari Mr. Kid

Prodev SIMPLE PB
Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Menindaklanjuti solusi yang pernah dibuatkan oleh Mr. Kid atas permasalahan yang pernah saya sampaikan. Setelah diimplementasikan, masih ada hal-hal yang perlu ditanyakan. Masih ada ketidakmudhengan di satu dua hal...
Penjelasan lebih lanjut sebagaimana terdapat dalam file terlampir.
Atas solusi dari Mr. Kid dan para member yang lain, disampaikan matur suwun sanget.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

- prodev simple -

Re-Resume Data Training.xlsx (33K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Resume Data Training - Follow up Solusi dari Mr. Kid

Wa'alaikumussalam Wr. Wb.

sorry baru hari bisa sampai halaman berikutnya di Inbox (ketahuan pakai
LIFO deh).

Tabel transaksi tentang (bertema) data training bisa mengeluarkan output
tentang kegiatan training, seperti tema training apa yang belum pernah
diikuti oleh karyawan yang pernah training minimal 1 kali. Yang tidak ada
datanya di tabel ini adalah peserta yang belum pernah training dan memang
harus demikian.

Data sdm berisi data seluruh karyawan. Dari data sdm ini bisa disusun
datasource seluruh karyawan beserta status terakhir training yang diikuti.
Dari tabel datasource inilah nanti bisa dibuat report tentang karyawan yang
belum pernah training sama sekali.

tabel di sheet database sdm yang ada dalam file terlampir adalah datasource
seluruh karyawan beserta status terakhir training. Jadi bukan database
kepegawaian loh ya.

Jika data seperti ini diolah dengan query (misal memanfaatkan fitur
GetExternalData), maka datasource bisa dihasilkan dengan sebuah query untuk
menjadi seluruh output, mulai dari data pernah training sampai yang belum
pernah training sama sekali.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
Kid.

2013/6/27 Prodev SIMPLE PB <[hidden email]>

> [...]
> Penjelasan lebih lanjut sebagaimana terdapat dalam file terlampir.
> Atas solusi dari Mr. Kid dan para member yang lain, disampaikan matur

re-Re-Resume Data Training.xlsx (30K) Download Attachment

Bls: [belajar-excel] Resume Data Training - Follow up Solusi dari Mr. Kid

Prodev SIMPLE PB
Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Matur Suwun sanget Mr. Kid atas solusinya.
Mencoba-coba ... othak - athik - gathuk ... akhirnya tetep aja 'jedug' ... mentok tembok :)

Mohon pencerahan nih untuk implementasi tahapan selanjutnya pada Pivot Table ini :
Apa yang harus dilakukan, jika :
1. Ada penambahan data nama di sheet Database SDM?
2. Ada penambahan aktivitas training di sheet Training?

Apakah semua itu cukup dengan pencet tombol 'Refresh All'? :)
Apakah nilai angka pada sheet Output untuk Kolom L:M, untuk yang pernah mengikuti semua training nilainya harus diganti dan disesuaikan dengan jumlah tema training yang dilaksanakan? Kemudian pencet tombol sakti 'Refresh All' maka semua data Output ter-baru-kan?

Mohon pencerahannya Mr. Kid.
Karena sepertinya tidak cukup dengan Refresh All ya?

Wassalam.

- prodev simple -

________________________________
 Dari: Mr. Kid <[hidden email]>
Kepada: BeExcel <[hidden email]>
Dikirim: Minggu, 30 Juni 2013 9:19
Judul: Re: [belajar-excel] Resume Data Training - Follow up Solusi dari Mr. Kid

[...]

Jika data seperti ini diolah dengan query (misal memanfaatkan fitur GetExternalData), maka datasource bisa dihasilkan dengan sebuah query untuk menjadi seluruh output, mulai dari data pernah training sampai yang belum pernah training sama sekali.

> [...]

>Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
>

>- prodev simple -

Re: [belajar-excel] Resume Data Training - Follow up Solusi dari Mr. Kid

Jawabnya Ya jika nama range sudah bersifat dinamis atau seluruh tabel data
berbentuk excel table dan seluruh data source pivot table merujuk ke nama
range atau nama excel table tersebut.

Jika ingin menggunakan nama range yang dinamis, bisa dicoba untuk
menerapkan cara yang dicontohkan
disini<http://excel-mr-kid.blogspot.com/2013/05/pivot-table-2-menata-data-source.html>
.
Jika ingin menggunakan fitur Excel table (dimateri kopdar ada step-nya),
maka blok tabelnya -> ribbon Home -> grup Styles -> Format as table ->
pilih salah satu style yang ada. Kemudian ke ribbon Formulas -> Name
manager -> ganti nama tabelnya -> hafalkan nama tabelnya

Setelah itu, ubah data source setiap pivot cache dari pivot table yang ada
di output (hanya ada 2 pivot cache seperti yang dijelaskan dalam sheet
output)
caranya, klik pivot table -> menu PivotTable Tools -> ribbom Options ->
grup Data -> Change Data Source -> masukkan nama range dinamis atau nama
excel tablenya -> OK

Ketika punya data baru, masukkan ke baris kosong pertama dibawah tabel data
terkait, kemudian lakukan refresh all. Dan selalu akan begini terus menerus.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
Kid.

2013/7/1 Prodev SIMPLE PB <[hidden email]>

> [...]
>
> Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
>
> - prodev simple -

Re: [belajar-excel] Resume Data Training - Follow up Solusi dari Mr. Kid

hendrik karnadi
Mungkin mas prodev simple bisa ikut kopdar berikutnya to make every thing becomessimple.

Salam,
HK