[belajar-excel] Revisi (File yang pertama blum ada userform nya), maaf ya..

[belajar-excel] Revisi (File yang pertama blum ada userform nya), maaf ya..

Longinus Along
Dear All Master,
Mohon pencerahan pada kasus seperti dibawah ini, (File terlampir), Teimakasih
No.  Kode Registrasi VIP

 Nama Outlet VIP Member Alamat/City Category
1 R146526 A.S.MOTOR Kota Tanjung Pinang 2W
2 R148067 ABADI MOTOR Kota Tanjung Pinang 2W
3 R148070 ADI MOTOR Kab. Karimun 2W
4 R146527 AKA MOTOR Kota Tanjung Pinang 2W
5 R146259 AMAN BERKAT MOTOR Kota Tanjung Pinang 2W
Pertanyaan :
Apakah bisa menggunakan fungsi Vlookup untuk menampilakn hasil lookup combobox seperti gambar dibawah ini,

USERFORM :

  Nama Outlet VIP Member A.S.MOTOR ====>combobox

   Kode Registrasi VIP  R146526 ====>hasil lookup

  Alamat/City Kota Tanjung Pinang ====>hasil lookup

  Category 2W ====>hasil lookup

Salam,
Along

Daftar Outlet VIP Member.xlsm (44K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Revisi (File yang pertama blum ada userform nya), maaf ya..

Hilman
Dear Pak Along,
jawabnya bisa.

Nama Outlet VIP Member A.S.MOTOR ====>combobox

 Kode Registrasi VIP  R146526 ====>Rumus:=VLOOKUP(C28,B2:E6,2)

Alamat/City Kota Tanjung Pinang ====>Rumus:=VLOOKUP(C28,B2:E6,3)

Category 2W ====>Rumus:=VLOOKUP(C28,B2:E6,4)

Semoga jawabnya sprt yg diharapkan

Regards
Hilman

________________________________

Along

Re: [belajar-excel] Revisi (File yang pertama blum ada userform nya), maaf ya..

aji mumpung
Izin nambahin sedikit...

Karena yang diminta oleh pak Along sudah dijawab oleh Pak Hilman, maka kode
dalam VBE untuk nilai A, B, dan C dapat dibuat sedikit lebih pendek dengan
memanfaatkan EVALUATE

awalnya:
A = Application.WorksheetFunction.VLookup(CBtnamaoutlet.Value,
Sheets("Smaster outlet").Range("master_outlet"), 2, False)
B = Application.WorksheetFunction.VLookup(CBtnamaoutlet.Value,
Sheets("Smaster outlet").Range("master_outlet"), 3, False)
C = Application.WorksheetFunction.VLookup(CBtnamaoutlet.Value,
Sheets("Smaster outlet").Range("master_outlet"), 4, False)

menjadi:
A = Evaluate("=VLookup(c28,b2:b6,2,*False*)
B = Evaluate("=VLookup(c28,b2:b6,3,*False*)
c = Evaluate("=VLookup(c28,b2:b6,4,*False*)

saya menambahkan kriteria False di akhir formula VLookup agar Excel tidak
menganggap kriteria nilai Range_LookUp bernilai True.

Apa sih bedanya antara jika Range_Lookup bernilai True dengan False?
Perbedaan nyata dapat dilihat jika tabel LookUp disusun secara acak-acakan
(tidak disusun secara Ascending), jika Range_LookUp bernilai False maka
Excel hanya akan mengambil nilai berdasarkan primary key yang sama persis,
jika tidak ditemukan akan memunculkan hasil #NA.

Sedangkan jika Range_LookUp bernilai True maka jika Excel tidak menemukan
hasil yang sama persis maka Excel akan mengambil 1 baris terkecil di
atasnya, tentu saja hal ini akan menghasilkan nilai yang salah.

contoh File sederhanya bisa dilihat dalam lampiran email ini.

Semoga yang membaca tidak menjadi bosan karena hal yang dijelaskan di atas
adalah hal yang sudah jelas dan tidak perlu dijelaskan lagi hehehe.. ^_^

wassalam,

-Aji Mumpung-

Beda VLookUp dengan True dan False.xls (37K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Revisi (File yang pertama blum ada userform nya), maaf ya..

aji mumpung
maaf, sedikit koreksi karena ditulis tanpa dicoba dulu hehehe ^_^

menjadi:
A = Evaluate("=VLookup(c28,b2:b6,2,False")
B = Evaluate("=VLookup(c28,b2:b6,3,False*"*)
c = Evaluate("=VLookup(c28,b2:b6,4,False")

tambahkan tanda kutip 2 sebelum tanda tutup kurawal

wassalam

-Aji Mumpung-

Pada 15 September 2012 07:51, aji mumpung <[hidden email]> menulis:

> [...]
>
> wassalam,
>
> -Aji Mumpung-

Hai Along,

Cara melookup dengan VLookUp sudah dijelaskan Pak Hilman. Cara
menerapkannya sudah dicontohkan mas Mumpung (boleh ya panggil Mumpung).
Jadi mau ngapain ya... :)

rekan Exceller sekalian, contoh kasus ini kita jadikan bahan belajar
combobox saja ya.

1. ComboBox memiliki banyak properti. Yang sering sering dapakai adalah
properti text, columnwidth, enabled, visible, additem, removeitem, dan
beberapa lainnya.
2. ComboBox juga memiliki properti ListIndex yang berisi nomor indeks item
yang sedang aktif terpilih. Basisnya adalah 0 (jadi *item pertama diberi
indeks 0*) dan kalau tidak ada yang terpilih atau tidak ada dalam daftar
pilihan, maka nilainya adalah -1
3. ComboBox juga bisa memuat banyak kolom untuk ditampilkan dalam pilihan.
Tentu saja hal ini membutuhkan proses pengisian daftar untuk setiap baris
dan kolom dalam combobox. Jumlah kolom yang ditampilkan dalam combobox
dapat diatur pada properti ColumnCount.
4. Daftar dalam combobox mestinya bisa diakses untuk diambil nilainya atau
kegiatan lainnya. Apalagi jika combobox berisi banyak kolom. Hal ini bisa
dilakukan dengan memanfaatkan properti List
5. Daftar combobox juga bisa merujuk kesuatu sebuah area berupa range
ataupun nama range dengan properti RowSource. Tabiat yang perlu diwaspadai
ketika menggunakan rowsource yang bersumber dari range adalah hubungan
langsung antara si combobox dengan si range. Jadi, jika nilai si range
diubah maka akan terpicu event change pada combobox-nya.

Contoh pada file kasus, ada tabel yang recordnya adalah pada area
*B2:E5*(4 baris x 4 kolom) yang diberi nama misalnya
*_arrRecSource_*
Urutan kolomnya : *Nama, VIP, Alamat, Kategori*
Pada properti RowSource bisa diisi  *_arrRecSource_*  . Pengisiannya bisa
menggunakan script ataupun saat design.
Pengisian dengan script :
   *namacombobox*.rowsource="*_arrRecSource_*"

Ketika combobox diisi dengan pilihan data dari record ke-*2* (jadi isian
nilai cell *B3*), maka nilai properti *ListIndex *combobox adalah
*1*(basis 0 kan)
Dengan dasar nilai properti ListIndex itu, maka seluruh data pada record
kedua (B3:E3) sudah bisa diperoleh.
Misal (pada combobox bernama '*namacombobox*' user memilih item ke 2 dari
daftar yang berarti nilai ListIndex bernilai 1 ya)
dim lIdx as long   'indeks baris yang terpilih
dim sNama as string   'penyimpan data nama pilihan user melalui combobox
lidx=namacombobox.listindex
snama = *namacombobox*.*List*(  *lidx  *,   0  )
'bahasanya : pada combobox bernama '*namacombobox*', ambil data dari
listnya (.List) pada item baris ke-nilai lidx di kolom ke-0

Hal ini tentu saja bisa digunakan untuk menyedehanakan proses penggunaan
vLookUp yang dibutuhkan Pak Along.

Supaya lebih nyaman, silakan coba file terlampir.
File terlampir menampilkan form dalam mode modal:=false
agar bisa digunakan untuk melihat script-nya maupun worksheet-nya ketika
melakukan sesuatu terhap form.

2012/9/14 Longinus Along <[hidden email]>

> [...]
> Tanjung Pinang2W Pertanyaan : Apakah bisa menggunakan fungsi Vlookup
> untuk menampilakn hasil lookup combobox seperti gambar dibawah ini,

re-Daftar Outlet VIP Member.xlsm (74K) Download Attachment