[belajar-excel] Rule Icon Set [1 Attachment]

[belajar-excel] Rule Icon Set [1 Attachment]

Andy Ardian
Dear Suhu Excel,
Mohon pencerahannya, saya punya data sebagai berikut :

[image: image.png]
Saya ingin :
1. Jika Besar 110% dan Kecil dari 90% Icon nya akan berwarna "*Merah*".
2. Jika Besar dari 90% tapi kecil dari 95%, dan Kecil dari 110% tapi lebih
besar dari 105% Icon nya akan berwarna "*Kuning*"
3. Jika Kecil besar dari 95% dan kecil dari 105% Icon nya berwarna "*Hijau*
".

Atas bantuannya sebelumnya saya ucapkan terima kasih.

Salam Semangat Excel,

Andy Ardian

image.png (20K) Download Attachment
Contoh Icon Set.xlsx (44K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Rule Icon Set

Hai Andi,

Conditional Formatting (CF) icon set maksimal untuk 5 kriteria.
Jika lebih dari 5 kriteria, maka harus menggunakan CF lain atau menggunakan
kolom bantu untuk membentuk grup kriteria agar menjadi maksimal 5 kriteria.

Jadi, yang pokok adalah mengetahui berapa jumlah kriteria yang digunakan.
Caranya, susun tabel kriteria seperti ini : (untuk CF icon set, umumnya
secara descending, untuk CF lainnya cukup asal terurut)
mulai dari (>=)        sebelum (<)              status
110                          999999999                merah
95                              110                          kuning
dst sampai
-999999                      90                          merah

setiap baris dalam tabel adalah baris kriteria.
jadi jumlah kriteria adalah sebanyak jumlah barisnya.

Jika jumlah kriteria maksimal 5, maka bisa menggunakan CF icon set berisi 5
tanda (1 tanda per kriteria)

Jika jumlah kriteria lebih dari 5, tetapi varian status (jumlah unique item
kolom status) adalah maksimal 5, maka bisa menggunakan icon set di kolom
bantu (bukan di kolom nilai).
Caranya, buat kolom bantu disamping kolom nilai, lalu buat formula penentu
nilai status (misal merah bernilai 10, kuning bernilai 20, hijau bernilai
30), lalu disusun oconset di kolom ini (show icon only)

Jika jumlah kriteria lebih dari 5, dan varian status juga lebih dari 5,
maka gunakan CF lain (CF icon set tidak bisa digunakan).

Selamat mencoba