[belajar-excel] Rumus Insert Line [1 Attachment]

[belajar-excel] Rumus Insert Line [1 Attachment]

Fatania Latifa
Dear para master excel,

Mau tanya file berikut, bagaimana caranya mencari data tertentu, apabila
salah satu kriterianya merupakan penjulahan nominal dari data tabel yang
dituju?
Kemudian bagaimana cara otomatisnya agar data tujuannya dicopas dua-duanya,
tanpa perlu manual insert row?
Terima kasih.

insert line.xlsx (13K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Rumus Insert Line

Data tabelnya di pivot table kan saja.
Bila perlu, di data tabel ditambahkan 1 kolom berisi grup account nya. Jadi
account 1 dan 2 masuk grup X, account 3 masuk grup y, dst. Supaya di pivot
bisa difilter.

On Fri, Oct 12, 2018 at 4:06 PM Fatania Latifa [hidden email]
[belajar-excel] <[hidden email]> wrote:

> [...]
> dituju?
> Kemudian bagaimana cara otomatisnya agar data tujuannya dicopas
> dua-duanya, tanpa perlu manual insert row?

Dear Mr Kid,

Ga paham, hehehe

On Fri, Oct 12, 2018 at 4:10 PM 'Mr. Kid' [hidden email]
> [...]

> Bila perlu, di data tabel ditambahkan 1 kolom berisi grup account nya.
> Jadi account 1 dan 2 masuk grup X, account 3 masuk grup y, dst. Supaya di

Re: [belajar-excel] Rumus Insert Line [1 Attachment]

Sama,
saya juga...

Begini,
Biasanya setiap transaksi sudah jelas GL mana yang dituju.
> Andai datanya sudah jelas seperti ini, pasti gak jadi pertanyaan di milis
kan ?

Ada juga beberapa jenis transaksi sudah ditetapkan GL mana saja yang akan
dikenai transaksi tersebut. Rekan yang paham akuntansi bisa lebih
menjelaskan tentang hal ini.
Artinya, bisa diketahui peta data setiap jenis transaksi yang terjadi akan
menuju GL mana. Jadi tidak berdasar NoDoc saja, tapi berdasar NoDoc dan
daftar jenis transaksi apa saja, supaya bisa me-lookup GL yang sesuai dari
setiap jenis transaksi.
> Biasanya, yang begini ini, selalu ditolak dengan alasan 'datanya buanyak
sekali kalau dibuka sampai jenis transaksinya'
> padahal, jaman now, data 10juta record itu dikit buat Excel, apalagi buat
database engine (umumnya data transaksi disimpan dalam database engine kan)..

Kalau datanya hanya berdasasr NoDoc saja, maka untuk mencari nilai yang
cocok dari tabel NoDoc, dengan data detil GL, tidak akan bisa dipastikan
Match.
Beberapa records mungkin bisa match, karena 1 lawan 1 (1 NoDoc hanya
tercatat menuju 1 GL saja)
Beberapa records bisa diusahakan match jika benar-benar balance antara data
Doc dan GL, tapi prosesnya bisa panjang dan butuh alat bantu. Seperti
solver atau malah udf tertentu.
Beberapa records mungkin ada yang tidak bisa match, entah kenapa...

Pada kasus ini, ada contoh seperti ini :

No doc  Nominal
No doc  Nominal  GL

1900000723   19,492,785
1900000723     8,240,000 4112151110

1900000723     4,120,000 4231152610

1900000723   15,372,785 4112151113

> Kalau inginnya begini, berarti sudah diketahui (entah dari tabel apa
diluar sana)

bahwa isi [No Doc] sudah pasti memiliki daftar [GL] tertentu

No doc  Nominal  GL  Nominal

1900000723   19,492,785 4112151110     8,240,000

4231152610     4,120,000

> Kalau inginnya begini, maka cerita bagian terakhir di atas tadi yang
terjadi

yaitu mencari kombinasi bilangan yang sesuai. Ini mode pahit ON :(

urusannya juga tidak kalah saing ruwetnya dengan cara manual

No doc  Nominal  GL  Nominal

1900000723   19,492,785 4231152610     4,120,000

4112151113   15,372,785

File terlampir contoh template kerja untuk mencari kombinasi...
Desainnya masih untuk cara manual.
Kalau punya cara atau alat atau apa saja yang bisa dimanfaatkan,
manfaatkanlah untuk mengisi kolom [1toMany] yang ada dalam template.

File terlampir juga menjelaskan maksud dari :

> Data tabelnya di pivot table kan saja.
>
> Data Doc yang dibutuhkan hanya 1 kolom (Nominal)
> Pekerjaan berat sepenuhnya ada di data GL
> Mengeluarkan hasil akhir [disebut di topik sebagai : insert line] itu
barang paling sepele (*no offense, tapi memang kenyataannya demikian*).
> Kalau pekerjaan berat di GL untuk menentukan baris mana saja yang akan
dibawa ke hasil akhir itu sudah bisa selesai, hasil akhir hanya filter saja
   dan PivotTable jagoan neon untuk hal ini...
*** So, untuk sampai pada 'data tabelnya di pivot table kan saja', maka
nilai dari data Doc harus masuk ke data GL

Lalu ada kalimat ini kan :

> [...]
> pivot bisa difilter.
>
> Ini adalah kolom tambahan di data GL yang sudah dimasuki oleh nilai dari
Doc tadi.
> Kolom ini yang jadi penentu, record GL yang mana yang akan dipakai.
> Pada file terlampir, kolom ini bernama [status] yang merupakan kesimpulan
akhir dari berbagai proses penentuan record yang akan dipakai.
> Pada file terlampir, ada 2 cara penentuan record yang akan dipakai, yaitu
cara [1to1] pakai formula, dan [1toMany] secara manual.
> [...]
manfaatkanlah untuk mengisi kolom [1toMany] yang ada dalam template.*
> Bila perlu, buat beberapa kolom proses penentuan record dengan berbagai
cara yang bisa Anda bayangkan, dan kolom [1toMany] ada di proses paling
akhir.
> Proses sebelum [1toMany] adalah untuk mengurangi kerja manual atau kerja
yang paling bikin ribet.
> dan akhirnya, Anda tidak perlu berulang kali memfilter pivot table.
Karena filter pivot table bisa disusun berdasar kolom [status] yang tetap
anggota item-itemnya,
   seperti 1 artinya dipakai untuk hasil akhir [insert line nyebutnya kan],
dan yang 0 dibuang kelaut

naah...
sampai disini...
tetap saja gak paham, ya kan...
dan masih sama saja, saya juga gak paham...

Anda gak paham tentang saya ngomongin apa,
Saya gak paham, kok ya ada data yang kaya begitu...
hehehe...

Turut berduka jika memang kasus utamanya adalah mencari kombinasi record
yang sesuai...
wkwkwkwk...

piiiss...

On Fri, Oct 12, 2018 at 4:53 PM Fatania Latifa [hidden email]
[belajar-excel] <[hidden email]> wrote:

> Dear Mr Kid,
>
> Ga paham, hehehe

re-insert line.xlsx (29K) Download Attachment