Quantcast

[belajar-excel] SYSTEM REMINDER (PENGINGAT)

[belajar-excel] SYSTEM REMINDER (PENGINGAT)

Harry
Dear BeExceller,

Mohon informasi dari teman-teman
Pakar Excel.
Pada program Excel bisa gak kita buat
system Reminder (Pengingat).
Misalnya sebagaimana contoh terlampir
(File Reminder Ultah), pada bulan Desember tanggal 26 Si-Agus akan berulang
tahun.
Jika pada setting computer telah
menunjukkan tanggal 26 Desember 2011 tepat jam 9 pagi, maka muncul User Form dengan Text Berkedip yang menunjukkan / mengingatkan bahwa Si-Agus berulang tahun hari ini…???

Dan satu lagi, jika computer yang
bersangkutan tidak sedang membuka file Reminder Ultah tetapi tetap bisa / dapat
memunculkan User Form tersebut.

Terima kasih atas berkenan jawaban dan
informasinya.

Regards,

Harry

Reminder Ultah.xls (35K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] SYSTEM REMINDER (PENGINGAT)

o' Seno
*=I=  FLENYA*

1. Diperlukan sebuah workbook dengan isi sbb
   (a)  Daftar tgl HUT asli ada di sheet2
   (b) Tabel di SORT dengan formula >> menjadi Tabel Baru (di sheet1)

3
Sortingnya menggunakan kolom Kunci "NilaiKedekatan Tgl HUT vs Tgl Hari
ini",
agar-supaya gak kepanjangan kita sebut *nilai KDKT * (begitu istilah yg
diberikan oleh si embak)
Formula Nilai KDKT kira-kira seperti ini (untuk niai tgl HUT di cell C3)
=TODAY()-(DATE(YEAR(TODAY())+IF(TEXT(TODAY(),"MMDD")>TEXT(C3,"MMDD"),1,0),MONTH(C3),DAY(C3)))

4.
*Pada suatu hari* jika seseorang punya Nilai KDKT = 0 berarti nama dlm
baris tsb sedang be-HUT.
Jika nilainya 1 = akan berulang tahun 1 hari lagi, nilai 5 = HUTnya 5 hari
lagi dst
Tabel Sheet 1 (hasil sorting dengan formula) tiap hari akan berupah
otomatis (karena formula).
yaitu nilai KDKT terkecil akan selalu berada di baris paling atas

Semua Trick spt itu  (poin 1 sd 4) sudah 3 atau 4  kali ditayang ulang di
milis, waktu itu oleh mbake...
Ternyata  pak Harry belum mau melihat-lihat archive (posting2 lama),
misalnya
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/message/8354

File Lampiran <http://www.box.com/shared/y7vmrklyq0>-untuk kasus sebelum
itu masih bisa diintip di sini:  http://www.box.com/shared/y7vmrklyq0

*=II= USSERFORM-NYA*
*
*
Karena yg berulang tahun sudah jelas ada di *baris pertama, *maka memuat
nama ke userform,
saya kira tidak ada kesulitan lagi..
Soal berkedip (hal yg tidak perlu, menurutku) sudah dijelaskan belum lama
ini bersama dengan
soal "teks jalan"

Yang belum dijelaskan adalah bila * Tepat Jam 9*  menyebabkan userform
muncul
Kalau ini, harus ada jaminan bahwa tiap hari sebelum jam 9 sampai jam 9
lewat bebebra detik
komputer harus sudah siap ( windows / operating systemnya) sudah siap pula)
Denga syarat seperti itu juga, jika komputer dibuka jam 09 lewat 2 detik,
userform tidak akan
muncul walaupun ada orang berlulang tahun (karena syaratnya = TEPAT JAM
09:00)
Setelah jam 9, (sudah tidak jam 9 lagi) maka syarat suda gugur !! )

Bgman Cara mencari apakah detik ini sudah = Tepat Jam 09:00:00 ??
Dibuat makro yg setiap detik men-chek nilai JAM  (seperti membuat jam atau
countDown)
biasanya menggunakan  Method Appliatin.OnTime

Hal ini pun sudah ada penjelasannya di milis...
Jika makro mendetekasi jam = 09:00 maka  >>> userform.Show
( IF variableJam = timevalue(09,0,0) then Userform1000.Show )

Bahwa Userform ketika disuruh tampil sudah memuat nama yg berHUT, bisa
diatur
di EVENT INITIALIZED  atau EVENT ACTIVAYED nya, ya kan ?

Kalau perlu;  data yg ditampilkan ke userform bukan hanya 1 nama, tapi
beberapa nama, karena
orang se-kabupaten yg punya HUT yg sama pastilah banyak. (bila yg ber HUT
hanya 1,
konsekwensinya nama di bawahnya adalah "ranking" berikutnya.

*=III= Membuka file Excel secara Otomatis (oleh komputer)*

Hal yang paing penting ialah
*KETIKA KOMPUTER &/ WINDOWS  di start, workbook tsb harus ikut di BUKA*

Hal ini adalah pelajaran "kelas hari kedua" pada  kursusan komputer
tetangga sebelah.
*(dulu saya ikut jadi pengajarnya pada kelas ecek-ecek saja, karena hanya
itu yg kubisa)  *
*Tapi karena murid ceweknya cakep-cakep (unfortunately, kebanyakan rada
oon-oon, *
*mauknya **cuma main  facebook dan game saja.   A**ibatnya **malah
saya disuruh brenti oleh *
*calon istri (...payah deh dia.. gak boleh lihat orang 'senang')*
*alasanku:  "tapi kan mereka oon ...yang...."  = tidak didengarnya pulak" *

Aplikasi / file dapat otomatiskan pembukaannya ketika windows dihidupkan
yaitu melalui
*START >  All Program > Accessories > System Tools > Schedule Task ...*

Nah semua rahasia sudah dibuka, anda tinggal mempraktekkannya...Pelan pelan
saja..
Nanti kalo ada yg mengsle bisa didiskas lagee....

o'Seno
http://www.box.com/s/1c5lpx7mcb8y0t2meaxh

2011/12/25 Harry <[hidden email]>

> [...]
> Reminder Ultah tetapi tetap bisa / dapat memunculkan User Form tersebut.
>
> Terima kasih atas berkenan jawaban dan informasinya.

Bls: [belajar-excel] SYSTEM REMINDER (PENGINGAT)

Harry
Terima kasih atas penjelasan dan contoh studi kasusnya.
Dengan contoh studi kasus tersebut, saya coba membuat User Form yang muncul otomatis jika ada yang berulang tahun tetapi saya mengalami kesulitan dalam membuat User Form dimaksud.
Mohon berkenan informasi dan/atau contoh User Form yang pernah dibuat sebelumnya.

Regards,

Harry

 Dari: o' Seno <[hidden email]>
Kepada: [hidden email]
Dikirim: Senin, 26 Desember 2011 11:11
Judul: Re: [belajar-excel] SYSTEM REMINDER (PENGINGAT)

File Lampiran-untuk kasus sebelum itu masih bisa diintip di sini:  http://www.box.com/shared/y7vmrklyq0