[belajar-excel] Sharing - Copy VisibleCell

12

[belajar-excel] Sharing - Copy VisibleCell

hendrik karnadi
Dear Be-Excellers,

Ini adalah kasus seorang rekan dari negeri seberang yang mungkin juga bermanfaat untuk kita.
Ceritanya beliau melakukan auto filter pada Sheet Data (Datanya maks 10.000 baris tmsk Header) kemudian mau mengcopy hasilnya ke Sheet Hasil (Headernya sama dengan Header pada Sheet Data)

Saya buatkan macro sbb:

Sub Kopi()
    Range("A2:G10000").SpecialCells(xlCellTypeVisible).Select
    Selection.Copy Sheets("Hasil").Range("A2")
End Sub

Posisi penunjuk sel pada waktu menjalankan macro ada pada Sheet Data.

Salam,
HK

Re: [belajar-excel] Sharing - Copy VisibleCell

hasil di cell A2.
Prosedur berikut :
Sub Kopi()
    Range("A2:G10000").SpecialCells(xlCellTypeVisible).Select
    Selection.Copy Sheets("Hasil").Range("A2")
End Sub

bisa menjadi sebaris :
Sub Kopi()
    Range("A2:G10000").SpecialCells(xlCellTypeVisible).Copy
Sheets("Hasil").Range("A2")
End Sub

Hati-hati untuk area hasil filter yang sangat banyak.

2013/7/23 hendrik karnadi <[hidden email]>

> [...]
>
> Salam,
> HK

Re: [belajar-excel] Sharing - Copy VisibleCell

Terima kasih Mr Kid atas tipsnya.

Saya coba yang lebih cepat,
Sub Kopi()
    Cells(1).CurrentRegion.SpecialCells(xlCellTypeVisible).Copy Range("Hasil!A1")

HK

________________________________

> [...]

>End Sub
>

>Posisi penunjuk sel pada waktu menjalankan macro ada pada Sheet Data.

[belajar-excel] Mencari KPK

Heru Safrudin
Dear Master,..

Dari tetanggal sebelah,

untuk mencari nilia KPK gunakan fungsi LCM (least common multiple)

contoh fungsi =LCM(3;7) akan menghasilkan 21

Bagaimana membuat fungsi diatas dengan macro ???

Terima kasih atas bantuannya

 <ymsgr:sendIM?heru.safrudin>

image004.gif (1K) Download Attachment
image002.png (3K) Download Attachment
image001.gif (64K) Download Attachment
image003.gif (1K) Download Attachment

Bls: [belajar-excel] Mencari KPK

Prodev SIMPLE PB
Wah, tambahan ilmu baru nih Pak Heru.
Nah, kalau untuk FPB nya pakai rumus apa ya?
Karena KPK dan FPB ibarat sodara kembar...biasanya sepaket kalau dalam materi pelajaran :)

- prodev simple -

________________________________
 Dari: Heru Safrudin <[hidden email]>
Kepada: [hidden email]
Dikirim: Rabu, 24 Juli 2013 13:49
Judul: [belajar-excel] Mencari KPK

[...]

Re: [belajar-excel] Mencari KPK

Copas ini di module1,

Function LCM(x As Integer, y As Integer) As Integer
    LCM = x * y
End Function

Salam,
HK

________________________________

Re: [belajar-excel] Mencari KPK

Miss Jan Raisin
pak Heru

coba di vba panggil dengan script application.worksheetfunction.LCM

maaf pak Hendrik, fungsinya belum tepat.. KPK 25 dan 100 adalah 100 yang
berasal dari 25 x 4 dan 100 x 1

وَسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

-Miss Jan Raisin-

   - Untuk kepentingan belajar bersama, pertanyaan harap ditujukan *hanya*ke
   [hidden email] bukan dikirim japri ke email pribadi
   member milis;
   - Jika pertanyaan lama direspon, bersabarlah karena ALLAH beserta dengan
   orang-orang yang sabar QS 2:153;
   - Harap dipahami bersama bahwa solusi diberikan oleh Be-Exceller yang
   memiliki waktu untuk on line, mengetahui solusi atas pertanyaan yang
   ditanyakan, mau dan berani untuk membantu, tanpa mengharap imbalan dari
   memiliki kewajiban yang harus dipenuhi di dunia nyata sehingga tidak selalu
   bisa on line setiap saat;
   - Semoga semangat berbagi dan membantu semakin meningkat di kalangan
   Be-Exceller dan menjadi amalan yang baik untuk tabungan di akhirat nanti.
    اَمِين يَا رَبَّ الْعَالَمِيْن

Pada 24 Juli 2013 14.23, hendrik karnadi <[hidden email]> menulis:

> **
>

> Copas ini di module1,
>
> Function LCM(x As Integer, y As Integer) As Integer
>     LCM = x * y
> End Function
>
> Salam,
> HK
>
>   ------------------------------

Oh maaf Pak Heru dan Mis Jan,
Saya lupa kepanjangan dari KPK (bukan Komisi Pemberantasan Korupsi kan?) , saya pikir hanya perkalian biasa.

Salam,
HK

NB: lagi ngantuk

________________________________
[...]

        * Harap dipahami bersama bahwa solusi diberikan oleh Be-Exceller yang memiliki waktu untuk on line, mengetahui solusi atas pertanyaan yang ditanyakan, mau dan berani untuk membantu, tanpa mengharap imbalan dari Thread Starter (TS) atau Post Starter (PS), selain itu Be-Excelller juga memiliki kewajiban yang harus dipenuhi di dunia nyata sehingga tidak selalu bisa on line setiap saat;

> [...]

>Copas ini di module1,
>

>Function LCM(x As Integer, y As Integer) As Integer

Master,….

>Dari
tetanggal sebelah,
>untuk mencari
nilia KPK gunakan fungsi LCM (least common multiple)
> [...]

Zainul Ulum
coba code:
Function KPK(a As Long, b As Long) As Long
    KPK = WorksheetFunction.Lcm(a, b)
End Function

Bls: [belajar-excel] Mencari KPK

Prodev SIMPLE PB
Eh, udah ketemu :)
Istilahnya dengan GCD (Greatest common divisor)
contoh fungsi:
=GCD(3;7) akan menghasilkan 1

- prodev simple -

________________________________
 Dari: Prodev SIMPLE PB <[hidden email]>
Kepada: "[hidden email]" <[hidden email]>
Dikirim: Rabu, 24 Juli 2013 14:14
Judul: Bls: [belajar-excel] Mencari KPK

[...]

kalo tidak menggunakan fungsi bawaan excel, silahkan dicoba code berikut:
'=========================================
Function FPB(a As Long, b As Long) As Long
    Dim r As Long
    r = IIf(a > b, a - b, b - a)
    Do
        Debug.Print a, b, r
        If a > b Then a = r Else b = r
        r = IIf(a > b, a - b, b - a)
    Loop Until r = 0
    FPB = a
End Function

Function KPK(a As Long, b As Long) As Long
    KPK = a * b / FPB(a, b)
End Function
'=========================================

Re: [belajar-excel] Sharing - Copy VisibleCell

hehehe...
sip Pak Hendrik.

Pada baris kode :
     *Range("A2:G10000")*.SpecialCells(xlCellTypeVisible).Copy
Sheets("Hasil").Range("A2")
yang perlu diingat, bagian :
     *Range("A2:G10000")*
tidak bisa serta merta diganti menjadi :
     *Cells(1).CurrentRegion*
sehingga, berbentuk :

> *Cells(1).CurrentRegion*.SpecialCells(xlCellTypeVisible).Copy
> Range("Hasil!A1")

kecuali jika baris 1 (A1:kolomterakhir baris 1) di-hide

Jika memang datanya berupa sebuah area tanpa terpisah kolom kosong atau
baris kosong, kira-kira bisa berbentuk :
     *cells(1).currentregion.offset(1)*
sehingga baris kode lengkapnya akan menjadi :
     *cells(1).currentregion.offset(1)*.SpecialCells(xlCellTypeVisible).Copy
Range("Hasil!A1")

2013/7/24 hendrik karnadi <[hidden email]>

> Cells(1).CurrentRegion.SpecialCells(xlCellTypeVisible).Copy
> Range("Hasil!A1")

RE: [belajar-excel] Mencari KPK

Heru Safrudin
untuk FPB gunakan fungsi  GCD (greatest common divisor)
contoh  fungsi  =GCD(7;21) akan menghasilkan  akan menghasilkan 7

RE: [belajar-excel] Mencari KPK

Ahmad Adriansyah
Bukannya udah bawaan excel2007 ada formula tersebut ya?
LCM = KPK
GCD = FPB
mBtul Ndak?

Rgds,
AA

Terima kasih atas bantuannya

Re: [belajar-excel] Sharing - Copy VisibleCell

Maaf saya lupa info,
karena judul di hasil copynya sama dengan judul di database data maka saya pakai Cells(1), jadi copynya ikut judulnya sekalian.
Bukan begitu Mr Kid?

Salam,
HK

________________________________

RE: [belajar-excel] Mencari KPK

Heru Safrudin
Ngga bisa Miss Jan,

Nih error nya

 <ymsgr:sendIM?heru.safrudin>

 <http://www.carajawab.com/?id=heru.safrudin>

  _____

coba di vba panggil dengan script application.worksheetfunction.LCM

maaf pak Hendrik, fungsinya belum tepat.. KPK 25 dan 100 adalah 100 yang berasal dari 25 x 4 dan 100 x 1

泓󸡇󣵠ڳ᳭ߵ㺠泑󍺣󉵠ǡ᥶ 泈󑳟󇊵嵼/span>

-Miss Jan Raisin-

* Untuk kepentingan belajar bersama, pertanyaan harap ditujukan hanya ke  <mailto:[hidden email]> [hidden email] dikirim japri ke email pribadi member milis;
[...]
* Semoga semangat berbagi dan membantu semakin meningkat di kalangan Be-Exceller dan menjadi amalan yang baik untuk tabungan di akhirat nanti.dz㶭䠭󇠑󈳸 ǡڳǡ󣶭伯font>

[...]

image003.png (3K) Download Attachment
image002.gif (64K) Download Attachment
image001.jpg (33K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Mencari KPK

Miss Jan Raisin
Pak Heru..

di kompie Jan semuanya berjalan baik-baik saja

coba jalankan script ini
Sub tes()
    Dim x As Double

    x = Application.WorksheetFunction.Lcm(2, 4, 5)
    Range("a1").Value = x
End Sub

kalo masih tidak bisa juga, tolong dishare kesini workbook yang error
dengan scriptnya..
mungkin metodenya tidak dimiliki oleh sang object.. jadi pengen tau jenis
objectnya apa ya?

Salam,

Pada 24 Juli 2013 15.38, Heru Safrudin <[hidden email]> menulis:

> **

> [...]

Miss Jan

Script error terlampir

Thanks

[...]

image005.gif (1K) Download Attachment
image006.jpg (33K) Download Attachment
image007.gif (1K) Download Attachment
KPK error.xls (78K) Download Attachment

RE: [belajar-excel] Mencari KPK

Heru Safrudin
Sorry ini excel 2003, kayaknya belum ada

 <http://www.carajawab.com/?id=heru.safrudin>

  _____

Re: [belajar-excel] Mencari KPK

Hai Heru,

di xl2003 :
Coba aktifkan analysis tool pak addin (ATP). Ada 2 jenis, atp untuk dalam
workbook window saja dan atp untuk bisa digunakan dalam vba.
Jika hanya akan digunakan dalam workbook window saja, aktifkan analysis
tool pak (tanpa - vba).
Jika akan digunakan di dalam VBA, ikuti langkah berikut :
1. dalam workbook window, aktifkan analysis tool pak - vba
2. ke VBE (ALT F11) -> menu Tools -> references -> centang file ATPVBAEN.xls

Untuk xl2007 keatas, kedua jenis atp sudah secara default dalam keadaan
aktif saat aplikasi Excel dibuka.

12