[belajar-excel] TANYA AKUMULASI DAN NILAI RATA - RATA

[belajar-excel] TANYA AKUMULASI DAN NILAI RATA - RATA

stefen
Selamat sore .
Hallo para master yang excel-ent saya mau minta tolong  nih
Bagaimana merata-ratakan suatu hasil dan mengakumulasikan
sesuai groupnya masing masing
Utnuk baiknya lihat attachment ya.
Mohon bantuannya.

catatan mods:
daripada jadi masalah;
email pak stefen ini telah diedit total :
semula = semua huruf CAPITAL, saya ganti jadi "style sentence"

soal and tanya master.xls (27K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] TANYA AKUMULASI DAN NILAI RATA - RATA

Untuk jumlah total berdasar 1 kriteria, bisa gunakan SumIF
=SUMIF($D$8:$O$8,*TRIM*(V$8),$D9:$O9)

Penggunaan fungsi Trim disebabkan oleh perbedaan tulisan antara header data
dengan header summary. Jika kedua header telah disamakan penulisannya, maka
fungsi Trim bisa dihilangkan.

Untuk multi kriteria, bisa gunakan SumProduct atau array formula Sum.
susunannya :
=SumProduct( (kriteria_data1=kriteria_value1) * .... *
(kriteria_dataN=kriteria_valueN) *   *range_data_yang_di_total_ken* )

Ganti SumProduct dengan Sum membutuhkan penekanan Ctrl Shift Enter secara
bersamaan sebagai pengganti penekanan Enter pada umumnya penulisan formula.
Penekanan tiga tombol itu akan membuat formula yang ditulis sebagai array
formula (muncul kurung kurawal mengapit formula).

*Kalkulasi rerata,*
Pada xl2007 ke atas, ada fungsi AverageIF untuk 1 kriteria dan AverageIFs
untuk multi kriteria.
Pada xl2003 ke bawah, bisa menggunakan array formula Average( IF( ) ) atau
komputasi umum menghotung rerata, yaitu Total / Jumlah_Cacah

Total bosa didapat dengan SumIF atau SumProduct seperti di atas
Untuk jumlah cacah, bisa menggunakan :
CountIF pada 1 kriteria
SumProduct atau array formula Sum pada multi kriteria dengan isi fungsi
SumProduct atau array formula Sum adalah kriteria saja tanpa *
range_data_yang_di_total_ken*

Susunan bisa :
=SumProduct( (kriteria_data1=kriteria_value1) * .... *
(kriteria_dataN=kriteria_valueN) )

Penggunaan * untuk kondisi AND (DAN) -> kriteria yang terhubung harus
terpenuhi
Penggunaan + (mengganti *) untuk kondisi OR (ATAU) -> setidaknya salah satu
kriteria terhubung harus terpenuhi

Regard,
Kid.

re-soal and tanya master.xls (29K) Download Attachment

RE: [belajar-excel] TANYA AKUMULASI DAN NILAI RATA - RATA

stefen
Selamat pagi.

Terima kasih atas pencerahannya Mr.Kidz
Semoga para Master Excell-ent semakin mandapatkan berkah dan pahala.
closed

  _____