[belajar-excel] Tanggal akhir ditiap bulan...

[belajar-excel] Tanggal akhir ditiap bulan...

jamil_kbm
Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Pakar excel terhormat...

Di setiap akhir bulan, kami diminta membuat laporan kepada atasan, dengan data dan tanggal yang tepat.
Beberapa laporan kami buat penanggalan otomatis, namun menjadi masalah jika hari terakhir adalah hari AHad (Minggu)
karena hari tersebut bukan hari dinas dan tidak diperbolehkan mengeluarkan surat pada hari libur...

Adakah formula excel tentang penanggalan,  berubah ke tanggal sebelumnya jika hari terakhir di bulan tersebut merupakan hari Ahad (Minggu)

atas bantuannya disampaikan Terima kasih...

Wassalam

Re: [belajar-excel] Tanggal akhir ditiap bulan...

De Premor
Silahkan dicoba,

:: Bahasa Excel
     =A1-IF(WEEKDAY(A1)=1,1)

:: Bahasa Manusia >> Pada A1 kurangkan jika hari adalah minggu dengan 1

A1 adalah cell yang berisi tanggal
Fungsi Weekday adalah untuk mengecek hari, Hari Minggu diawali dengan
angka 1 jika weekday digunakan tanpa statement lanjutan

Rgds,
[dp]

On 01/07/2013 23:21, Jamil Makhmudin wrote:

> [...]
>
> atas bantuannya disampaikan Terima kasih...
>
> Wassalam

Re: [belajar-excel] Tanggal akhir ditiap bulan...

Nambah lagi pake model rumus lain berikut

     =A1---(WEEKDAY(A1)=1)

:: Rumus: Weekday(A1)=1
Jika A1 adalah hari minggu, maka result nya adalah TRUE, jika tidak maka
FALSE

:: Double Minus "--" didepan rumus Weekday
Minus Pertama adalah untuk mengconvert Nilai TRUE ke bilangan Negatif => -1
Minus Kedua adalah untuk mengembalikan lagi menjadi positif

Dikarenakan Operasi kita adalah operasi pengurangan, maka formula Triple
Minus diatas dapat diubah menjadi 1 buah minus saja, menjadi sbb:

     =A1-(WEEKDAY(A1)=1)

Jadi ada 3 Rumus untuk Jika Minggu maka ambil tanggal sebelumnya, yaitu
     =A1-IF(WEEKDAY(A1)=1,1)         :: 23 Huruf
     =A1---(WEEKDAY(A1)=1)             :: 21 Huruf
     =A1-(WEEKDAY(A1)=1)               :: 19 Huruf

> [...]

> atas bantuannya disampaikan Terima kasih...
>
> Wassalam

Re: [belajar-excel] Tanggal akhir ditiap bulan...

Bisa pakai :
=A1-(Mod(A1,7)=1)

2013/7/2 De Premor <[hidden email]>

> [...]
>
>  atas bantuannya disampaikan Terima kasih...
>
>  Wassalam

Re: [belajar-excel] Tanggal akhir ditiap bulan...

Terima kasih Mr. Kid dan De Premor atas pencerahannya...

oh ya satu yang saya lupa tanya kan, bagaimana rumus akhir bulan jika bulan pebruari di tahun kabisat dan bukan kabisat????

Pada Sen, 1/7/13, Mr. Kid <[hidden email]> menulis:

 Judul: Re: [belajar-excel] Tanggal akhir ditiap bulan...
 Kepada: "BeExcel" <[hidden email]>
 Tanggal: Senin, 1 Juli, 2013, 6:03 PM

       Bisa pakai :
 =A1-(Mod(A1,7)=1)

 2013/7/2 De Premor
 <[hidden email]>

[...]

Kereeeen, nga kepikiran yg satu itu

On 02/07/2013 1:03, Mr. Kid wrote:

> [...]
>

>     Rgds,
>     [dp]

Re: [belajar-excel] Tanggal akhir ditiap bulan...

Apakah maksudnya adalah mencari tanggal akhir bulan ?

Coba menggunakan =DATE(YEAR(A1),MONTH(A1)+1,0)
Dimana A1 adalah data dengan format Tanggal => Misal: 23 Februari 2013

Fungsi DATE
DATE(Tahun,Bulan,Tanggal)
Jika Fungsi ini diisi sbb: DATE(2013,4,19) maka akan menghasilkan data
tanggal => 19 April 2013
Jika Fungsi ini diisi sbb: DATE(2013,4,1) maka akan menghasilkan data
tanggal => 1 April 2013
Jika Fungsi ini diisi sbb: DATE(2013,1,0) maka akan menghasilkan data
tanggal => 31 Desember 2012
Jika Fungsi ini diisi sbb: DATE(2013,1,-1) maka akan menghasilkan data
tanggal => 30 Desember 2012

Rgds,
[dp]

On 02/07/2013 7:46, Jamil Makhmudin wrote:

> [...]
> penanggalan,
>  berubah ke
> tanggal sebelumnya jika hari terakhir di

[belajar-excel] Macro : Advanced Filter

Heru Safrudin
Dear Master,

Saya biasa menggunakan macro Advanced Filter untuk masalah filtering data,

Salah satu syarat yang harus dipenuhi dalam advanced filter adalah harus ada
criteria,

Sedangkan criteria harus diletakkan di dalam cell tertentu

Pertanyaan saya apakah bisa criteria diganti variable memory ?

Sehingga lembar kerja bersih, hanya muncul hasil filer aja.

Semoga para master bisa memberi pencerahan

Terima kasih

 <ymsgr:sendIM?heru.safrudin>

image001.gif (64K) Download Attachment
image002.png (3K) Download Attachment
image003.gif (1K) Download Attachment

Bls: [belajar-excel] Tanggal akhir ditiap bulan...

ghozi alkatiri
untuk mengetahui tanggal terakhir dari bulan pebruari pada tahun teretentu adalah
=EOMONTH(DATE(2013;2;1);0)
angka tahun tercetak merah bisa diganti sesuai tahun yang diinginkan.
dan akan menyesuaikan sendiri kabisat atau bukan silahkan dicoba !!

wassalam

Ghozi Alkatiri

________________________________

RE: [belajar-excel] Macro : Advanced Filter

Zainul Ulum
Sekedar sharing saja,
saya juga sedang mencari metode yang sama tetapi belum ketemu caranya.
saat ini, untuk mengakalinya adalah:
1. setelah proses filter, range criteria saya hapus melalui macro juga.
atau
2. hasil filter ditempatkan di sheet yang lain

semoga membantu

thanks
-zainul-

Fw: Bls: [belajar-excel] Tanggal akhir ditiap bulan...

Sekedar nambahin hal kecil namun perlu perhatian,
- tanda ; (titik koma) tergantung regional settingnya, untuk English US ganti dengan tanda , (koma)
- Hasilnya berupa angka, jadi perlu diformat date.

Salam,
HK

Re: [belajar-excel] Tanggal akhir ditiap bulan...

jamil_kbm
Terima kasih semuanya yang telah membantu. Dari berbagai masukkan dari Mr. Kid. Bpk Hendrik Karnadi, De Premor saya kombinasikan..... Alhamdulillah sudah sesuai dengan yang saya harapkan.

fungsi ini untuk daftar hadir pegawai yang dicetak di awal tahun pelajaran (Juni) yang pelaporannya pada setiap akhir bulan.

dokumen yang  saya buat terlampir..... (ada kritik saya terima)

Terima kasih ilmunya....

Jazzakallah

Pada Sel, 2/7/13, De Premor <[hidden email]> menulis:

 Judul: Re: [belajar-excel] Tanggal akhir ditiap bulan...
 Kepada: [hidden email]
 Tanggal: Selasa, 2 Juli, 2013, 4:33 AM

Daftar Hadir Karyawan & guru.xlsx (180K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Tanggal akhir ditiap bulan...

Kira-kira, bagaimana cara merekap per triwulan atau per semester-nya ?

2013/7/2 Jamil Makhmudin <[hidden email]>

> [...]
> Kepada: [hidden email]
> Tanggal: Selasa, 2 Juli, 2013, 4:33 AM

Re: [belajar-excel] Tanggal akhir ditiap bulan...

ada saran Mr Kid????
Pada Sel, 2/7/13, Mr. Kid <[hidden email]> menulis:

 Judul: Re: [belajar-excel] Tanggal akhir ditiap bulan...
 Kepada: "BeExcel" <[hidden email]>
 Tanggal: Selasa, 2 Juli, 2013, 8:21 AM

 menulis:

 Judul: Re: [belajar-excel] Tanggal akhir ditiap bulan...

  Kepada: [hidden email]

  Tanggal: Selasa, 2 Juli, 2013, 4:33 AM

Re: [belajar-excel] Macro : Advanced Filter

1. Pertanyaan saya apakah bisa criteria diganti variable memory ?
criteriarange berupa range berisi kriteria, meskipun tipe input
parameternya menggunakan tipe data variant yang bisa menerima array.

2. Sehingga lembar kerja bersih, hanya muncul hasil filer aja.
bisa membuat sheet output hanya menampilkan hasil filternya
      *** bisa dengan opsi xlfiltercopy juga loh
hapus tabel kriterianya juga bisa membuat sheet output hanya menampilkan
hasil filternya saja.

2013/7/2 Heru Safrudin <[hidden email]>

> [...]
> ****
>
> Salah satu syarat yang harus dipenuhi dalam advanced filter adalah harus

Fw: [belajar-excel] Macro : Advanced Filter

hendrik karnadi
Kalau mau bersih juga (kriteria diinput kata kuncinya) bisa pake contoh macro Auto Filter --> macro hasil modifikasi dari buku database (lupa judul dan pengarangnya).

Database Penjualan Peralatan Kantor
Salesman Tanggal Nama barang Jumlah Harga Total
Firman 03/01/2010 Pita Mesin Tik 1 8,000 8,000
Dinu 04/01/2010 Pita Mesin Tik Elektrik 2 25,000 50,000
Citra 07/01/2010 Pita Mesin Tik 5 8,000 40,000
Citra 08/01/2010 Pita Mesin Absensi 5 75,000 375,000
Citra 10/01/2010 Pita Mesin Tik Elektrik 5 25,000 125,000
Wulan 10/01/2010 Pita Printer 2 27,500 55,000
Wulan 12/01/2010 Pita Mesin Tik 3 8,000 24,000
Firman 15/01/2010 Pita Mesin Tik Elektrik 5 25,000 125,000
Agus 16/01/2010 Pita Mesin Tik 5 8,000 40,000
Dinu 17/01/2010 Pita Mesin Tik Elektrik 4 25,000 100,000
Agus 18/01/2010 Pita Printer 3 27,500 82,500
Agus 21/01/2010 Pita Printer 2 27,500 55,000
Dinu 22/01/2010 Pita Mesin Tik Elektrik 5 25,000 125,000
Wulan 23/01/2010 Pita Printer 2 27,500 55,000
Firman 24/01/2010 Pita Printer 3 27,500 82,500

Macronya
Private Sub Worksheet_BeforeDoubleClick(ByVal Target As Range, Cancel As Boolean)
    Dim Krit As String
    Krit = InputBox("Masukkan Kata Kunci untuk Filter", "Filter berdasarkan Kata Kunci Nama Barang")
    If ActiveSheet.FilterMode Then
       ActiveSheet.ShowAllData
    End If
    Range("Tabel").AutoFilter field:=3, Criteria1:="*" & Krit & "*"
    Cancel = True
End Sub

Kata kuncinya "Pita"

File tidak diattach karena over size

Salam,
HK

> [...]

>Semoga para master bisa memberi pencerahan

>Terima kasih

Re: [belajar-excel] Tanggal akhir ditiap bulan...

Kalau bentuk input dan cara menyimpan datanya menjadi seperti file
terlampir mau gak ?
(baru input dan bentuk tabel penyimpan data nya loh ya)

> [...]

> Pada Sel, 2/7/13, De Premor <[hidden email]>
> menulis:
>

> Judul: Re: [belajar-excel] Tanggal akhir ditiap bulan...

re-daftar hadir karyawan & guru.xlsx (17K) Download Attachment