[belajar-excel] Tanya Buat Judul Header Otomatis

[belajar-excel] Tanya Buat Judul Header Otomatis

cahayailmu71
Kepada segenap master dan anggota milis.

Tolong dibantu bagaimana membuat judul header secara otomatis setelah
menekan tobol " BUAT HEADER"
yang ada di sheet NILAI.

Selama ini saya menggunakan cara manual, yaitu:

Untuk mengisi cell A6 dan B6 pada sheet NILAI. Saya melakukan langkah:
Buka sheet INDIKATOR, lalu pilih cell A6:B6, klik Copy. Lalu buka sheet
NILAI, klik cell A6,
kemudian klik menu down arrow Paste, pilih Value.

Untuk mengisi cell C6 pada sheet NILAI, saya tulis secara manual judul
header tersebut (TANGGAL).

Untuk mengisi range D6:S6 pada sheet NILAI. Saya melakukan langkah:
Buka sheet SISWA, pilih range C2:C17 (range/kolom ini bersifat dinamis).
Lalu, klik menu Copy.
Buka sheet NILAI, klik cell D6. Kemudian, klik down arrow Paste - pilih
Value - pilih Transpose - OK.

Hasilnya kerja manual dapat dilihat pada lampiran.

Terima kasih

Tanya Header Copy Paste Transpose.xlsm (27K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Tanya Buat Judul Header Otomatis

Begini :
1. Jalankan Record macro
2. Lakukan langkah manual copy paste yang biasa dilakukan
3. Stop Recording

On Tue, Jul 9, 2019 at 6:13 PM Cari Kebenaran [hidden email]
[belajar-excel] <[hidden email]> wrote:

> [...]
>
> Hasilnya kerja manual dapat dilihat pada lampiran.
>
> Terima kasih

Re: [belajar-excel] Tanya Buat Judul Header Otomatis

Baik Master Kid, terima kasih

On Sat, Jul 13, 2019 at 4:17 AM 'Mr. Kid' [hidden email]
> [...]

> Begini :
> 1. Jalankan Record macro
> 2.. Lakukan langkah manual copy paste yang biasa dilakukan

Re: [belajar-excel] Tanya Buat Judul Header Otomatis [1 Attachment]

Andaikan yang diinginkan adalah membentuk layout tabel untuk input data,
bisa memanfaatkan PowerQuery (simpel, cepat, update dengan isi referensi
dan refresh all).
Hasil layout bisa di-copy paste values skip blanks ke tabel data yang sudah
ada (pernah di-input) di sheet lain.

Contoh dengan PowerQuery terlampir (pastikan fitur PowerQuery telah
ter-install dan aktif).
Ilustrasinya begini :
1. Template awal bisa dibuat kosongan seperti ini, kecuali untuk siswa
setidaknya ada 1 record.

[image: xl043_pq_tpl01_base.gif]

     *** Tabel-tabel referensi disusun seperti gambar sisi atas (3 tabel
dalam contoh kasus ini).
     *** Tabel siswa (gambar atas sisi paling kanan) sudah diisi setidaknya
1 record (dalam contoh, telah diisi 2 records)
     *** Hasil PowerQuery adalah seperti gambar sisi bawah

2. Kemudian, seiring berjalannya waktu, tabel referensi telah terisi
beberapa item, tabel tanggal terisi beberapa records, records dalam tabel
siswa juga bertambah.
    Lalu dilakukan Refresh All pada menu DATA -> Refresh All

[image: xl043_pq_tpl02_add.gif]

On Sun, Jul 14, 2019 at 9:31 AM Cari Kebenaran [hidden email]
[belajar-excel] <[hidden email]> wrote:

> Baik Master Kid, terima kasih

xl043_pq_tpl01_base.gif (61K) Download Attachment
xl043_pq_tpl02_add.gif (127K) Download Attachment
re-Tanya Header Copy Paste Transpose.xlsx (32K) Download Attachment