[belajar-excel] Tanya: Cara sort by date list file folder di combobox

[belajar-excel] Tanya: Cara sort by date list file folder di combobox

Milis Belajar Excel mailing list
Dear Para Master Excel

Saya buat combobox yg isinya menampilkan list file dalam suatu folder. Yg
saya tanyakan, bagaimana caranya agar list file itu otomatis sort by date?
tolong kasih contoh codingnya..

Pertanyaan ke 2, saya punya data list kode barang yg banyak sekali dan
didalamnya ada 2 atau lebih kode barang yg sama. Dan saya mau menandai
(misal di-bold) secara otomatis jika ada kode barang yg sama (2 atau
lebih). Nah, contoh codingnya gmn?

Pertanyaan ke 3, apakah program vba excel bisa menyimpan pengaturan
programnya dalam suatu file? Misal seperti program2 exe pada umumnya kan
ada file pengaturan di dalam folder program tsb. Jika bisa tolong berikan
contoh..

Sepertinya saya banyak bertanya.. saya harap semua pertanyaan saya diatas
bisa dijawab.. tp jika gak bisa / mau jawab semua tolong prioritaskan no.1
jika tdk no. 2.
Atas perhatiannya tetima kasih.

Salam,

RR

Re: [belajar-excel] Tanya: Cara sort by date list file folder di combobox

Milis Belajar Excel mailing list
Hai RR,

1. Saya buat combobox yg isinya menampilkan list file dalam suatu folder.
Yg saya tanyakan, bagaimana caranya agar list file itu otomatis sort by
date? tolong kasih contoh codingnya..
> Anda cari script untuk menulis daftar file beserta tanggal file ke sebuah
sheet, dan lakukan sort by date pada range yang ada di sheet lokasi
penulisan tersebut.
> Manfaatkan properti RowSource (jika combobox di userform) atau
listfillrange (jika combobox di dalam worksheet) agar merujuk ke range
lokasi daftar file beserta tanggalnya.
> Bila perlu, tampilkan kolom tanggal dalam combobox
*** Tidak perlu script untuk add item apalagi sort dalam mengatur combobox
nya ***

> [...]
> Anda sudah punya sheet berisi data kode barang yang banyak itu.
> Jika akan ditampilkan dalam bentuk worksheet, maka fitur Conditional
Formatting sudah mencukupi.
> Jika akan ditampilkan dalam sebuah listbox control, maka listbox maupun
combobox tidak bisa diatur formatnya (bold, font khusus di baris tertentu,
dsb).
> Anda bisa mencoba dengan listview atau control yang semacamnya.
Resikonya, tidak semua computer menginstall library yang berisi control
tersebut, sehingga butuh proses install (setidaknya register library file
yang membutuhkan akses admin komputer).

> dengan listbox dimungkinkan jika tanda duplicate-nya berupa teks tertentu
(misal tanda dengan karakter *) yang diletakkan di kolom lain (misal kolom
pertamanya).
> caranya :
   - pada tabel data daftar kode di worksheet, tambahkan 1 kolom di paling
kiri dan isi dengan formula if yang menghasilkan tanda * jika kode tersebut
adalah duplicate dari kode yang sudah ada di baris-baris sebelumnya
(atasnya).
  - manfaatkan properti RowSource (jika listbox dalam userform) atau
listfillrange (jika listbox di dalam worksheet) yang merujuk ke area
records (seluruh kolom mulai dari kolom baru tadi) daftar kode dalam
worksheet.
 - atur agar listbox menampilkan minimal 2 kolom, yaitu kolom ke-1
menampikan kolom baru dalam tabel daftar kode di worksheet, kolom ke-2 dan
seterusnya adalah kolom yang Anda butuhkan selain kode duplicate.
*** Tidak perlu script untuk add item dalam mengatur listbox nya ***

> [...]
suatu file? Misal seperti program2 exe pada umumnya kan ada file pengaturan
di dalam folder program tsb. Jika bisa tolong berikan contoh..
   Kenapa tidak dalam suatu worksheet tertentu saja ?
   Bukankah Anda sudah disediakan fitur untuk membuat begitu banyak
worksheet ?
   Bukankah worksheet bisa diatur untuk sangat tersembunyi ?
> Contoh :
   - Buat sebuah sheet dan berinama settings
   - Cells A1 di sheet setting diberi teks tulisan 'LastOpen' dan di A2
diberi tulisan teks 'LastClose' di A3 diberi tulisan 'Duration'
   - Pada B3 isi dengan formula =if(a2,A2-A1,0)
   - Buat sebuah userform
   - Buat event inititialize dan isi dengan baris kode :
              sheets("settings").range("b1").value=now
              sheets("settings").range("b2").value=0
   - Buat event query close dan isi dengan baris kode :
              sheets("settings").range("b2").value=now
              thisworkbook.save