[belajar-excel] Tanya mail merge [2 Attachments]

[belajar-excel] Tanya mail merge [2 Attachments]

didit prast
Dear Admin,

Saya sedangmenggunakan mail merge di word :
1. Bagaimana menggunakan excel secara vertikal pada mail merge word, karena di word terbacanya (normalnya secara horinzontal)
2. Apakah Grafik excel bisa dibaca di mail merge?....

File terlampir

Terima kasih

Rebone.xls (28K) Download Attachment
Word Coa.doc (94K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Tanya mail merge

Tentang :
1. Bagaimana menggunakan excel secara vertikal pada mail merge word, karena
di word terbacanya (normalnya secara horinzontal)
> tidak bisa, karena kaidah tabel yang baik adalah header dari kiri ke
kanan, records mulai tepat di bawah header. Word menggunakan kaidah ini
dalam mail merge.
> lebih baik di sheet lain, dibuat tabel yang baik. Excel memiliki fitur
paste special transpose, juga fungsi transpose, atau mau memanfaatkan pivot
table dalam mentranspose, atau fitur power query juga bisa. Yang penting di
sheet lain itu terbentuk tabel yang baik. Bisa link dengan formula ke
sumber data aslinya, bisa juga dengan fitur lainnya tadi.
> sheet yang baru yang berisi tabel yang baik inilah yang menjadi recipient
dalam mail merge.

2. Apakah Grafik excel bisa dibaca di mail merge?
> Tidak bisa.
> Kalau image file bisa dengan kode includepicture.
> Andai chart hanya 1 untuk berbagai data, ada fitur copy paste special
link di word yang bisa digunakan.
> kalau harus dengan mail merge, sila cari word add-in tentang chart mail
merge saja ya...

Kalau hanya pakai Excel (tanpa word), prosesnya dengan membuat *sebuah *sheet
berisi rancangan susunan laporan seperti di file word Anda tersebut.
Data bisa di sheet lain untuk seluruh records, kemudian nilai-nilai dalam
sheet laporan (yang diambil dari sheet data) bisa dengan formula.
Proses print banyak data bisa dengan VBA (banyak contohnya di milis ini).
Kirim email pun bisa dengan VBA (ada banyak juga contohnya di milis ini).